Diperbaharui pada Selasa, 25 September 2018 | 12:50

Review Vivo V11 Pro, Si Cantik dengan Fingerprint di Layar

Review Vivo V11 Pro
Kehadiran Vivo V11 Pro di pasar Indonesia mendapat sambutan yang sangat positif. Teknologi anyar fingerprint di dalam layar bernama Screen Touch ID berhasil memikat perhatian konsumen. Tidak hanya itu, hp Vivo terbaru di 2018 ini juga tampil apik dengan desain menarik yang mengusung notch tetesan air.

Vivo V11 Pro juga membawa beragam fitur menarik lainnya, termasuk kekuatan di sektor kamera. Kali ini Vivo menawarkan konfigurasi dual kamera belakang 12MP + 5MP dengan teknologi AI plus fitur pendukung. Lebih dahsyat adalah keberadaan kamera depan yang memiliki kapasitas resolusi mencapai 25MP dan aperture f/2.0.

Untuk mengetahui kemampuannya secara detail, berikut hasil review Vivo V11 Pro yang telah kami gunakan selama beberapa hari.    

Desain

Review Vivo V11 Pro
Jika Anda orang yang mengutamakan penampilan, Vivo V11 Pro merupakan pilihan yang tepat. Tampak depan Vivo V11 Pro menampilkan layar lebar yang dibungkus bezel tipis dengan notch kecil di bagian atas. Sehingga menawarkan tampilan layar penuh yang enak di pandang. Di tambah notch menyerupai tetesan air berukuran kecil di atas layarnya sebagai pemanis.

Vivo sendiri mengemas V11 Pro dengan lengkungan bodi 3D yang mengikuti kontur telapak tangan, sehingga sangat nyaman saat di genggam. Yang membuat  Vivo V11 Pro menjadi menarik adalah penggunaan gradasi dua warna di bagian cover belakang. Dimana Vivo menghadirkan dua pilihan warna stylish yaitu Nebula Purple dan Starry Black. Perangkat yang kami uji adalah warna Nebula Purple.

Nebula Purple sendiri terinspirasi dari bintang-bintang pada galaksi berwarna biru yang unik dan dipadukan dengan warna ungu yang terlihat menyatu. Jadi sayang rasanya jika harus menutup tampilan belakang Vivo V11 Pro dengan casing. Untungnya, Vivo menyediakan paket case transparan di dalam paket penjualannya. Sehingga perangkat akan terhindar dari resiko terkena goresan dan kecantikan perangkat masih tetap terlihat.

Review Vivo V11 Pro
Di luar itu, posisi tombol dan port tidak banyak berubah. Untuk tombol power dan volume ada di sisi kanan, port kartu SIM di sisi kiri serta jack audio, speaker dan port charging di bagian bawah. Sayangnya Vivo V11 Pro masih menggunakan port micro USB dan belum berjenis USB Type C.   

Selain itu, Vivo V11 Pro memiliki asisten visual bernama Jovi, yang memiliki kepanjangan “Enjoy’s Vivo AI”. Jovi sudah di dukung teknologi AI yang dikembangkan sendiri oleh Vivo. Jovi akan memudahkan aktivitas sehari-hari dengan cara mengenali dan bertindak sesuai dengan skenario atau kebiasaan pengguna, termasuk dalam memeriksa cuaca dan memberikan informasi waktu secara nyata. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti Jovi Smart Center, Google Lens, dan Google Assistant. 

Google Assistant membantu pengguna dengan situasi sehari-hari seperti peta navigasi, belanja online, pengaturan perjalanan, musik, video, dan bahkan media sosial. Sementara itu, Google Lens yang didukung oleh algoritma mendalam dalam pembelajaran, memungkinkan pengguna untuk mencari informasi lebih detail tehadap objek yang mereka lihat di dalam gambar.

Layar

Review Vivo V11 Pro
Vivo menghadirkan V11 Pro dengan layar penuh dan notch minimalis. Layarnya memiliki bentas seluas 6,41 inch dengan resolusi FullHD 1080 x 2340 pixel. Vivo juga mennyebut layar berjenis Super AMOLED ini dengan sebutan Ultra All Screen. Karena ukuran bezel yang ultra tipis menawarkan aspek rasio 19,5: 9 serta rasio screen to body mencapai 91,27%. Sangat puas untuk menikmati konten multimedia, seperti menonton film hingga bermain game dengan tampilan luas.

Anda juga masih dapat melakukan pengaturan aplikasi apa saja yang akan ditampilkan dengan layar penuh. Hanya saja belum ada format video yang support aspek rasio 19,5:9, jadi video tidak tampil penuh dalam layar. Jikapun bisa diperbesar (zoom) namun gambar akan terlihat maksimal (terpotong di bagian atas). Meski demikian, gambar yang dihasilkan layar Vivo V11 Pro sangat maksimal, terlihat terang dan jernih.

Di bagian layarnya Anda akan melihat notch berukuran kecil yang dikenal juga dengan notch tetesan air (waterdrop). Konsep notch yang sama ditemukan pada OPPO F9, dimana notch ini hanya diisi sebuah kamera depan.

Screen Touch ID

vivo v11 pro
Vivo V11 Pro adalah model pertama dalam seri Vivo V series yang menggunakan teknologi Screen Touch ID. Teknologi ini memindahkan sensor sidik jari ke dalam layar (bukan di bawah layar maupun belakang perangkat). Proses registrasi tidak jauh berbeda dengan fingerprint standar.

Cukup pindai salah satu jari Anda di layar dengan mengangkat dan menempelkannya berulang kali hingga selesai. Tapi proses pemindaian tidak bisa dilakukan di semua layar, ada lokasi khusus penempatan sensornya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ketika Anda memegang perangkat akan muncul ikon berupa sidik jari di layarnya sebagai lokasi fingerprint. Menariknya saat jari menyentuh layar untuk membuka kunci layar akan muncul efek menarik. Anda bisa memilih satu dari tiga efek keren yang disediakan. 

Kamera

vivo v11 pro kamera
Lanjut ke sektor kamera. Vivo V11 Pro dibekali dual kamera belakang dengan konfigurasi lensa 12MP + 5MP. Untuk kamera sensor 12MP memiliki aperture f/1.8 dengan teknologi Dual Pixel Sensor serta Dual-Pixel Autofocus yang dapat mengunci fokus hanya dalam 0,03 detik.

Kamera Vivo V11 Pro memang sangat cepat dalam melakukan penguncian fokus. Berpindah fokus antar objek berlangsung cukup cepat, sehingga Anda tidak akan kehilangan momen ketika ada objek yang menarik. Hasil foto kameranya pun sangat baik, terlihat tajam dan detail.

Mencoba foto bokeh dari dual kameranya cukup memuaskan, efek kabur (blur) di latar belakangnya terlihat rapi. Tapi untuk menghasilkan foto bokeh yang rapi, pastikan jarak antara kamera hp dan objek tidak lebih dari 2 meter. Berikut hasil foto bokeh di Vivo V11 Pro :

hasil foto bokeh di Vivo V11 Pro
Kameranya juga cukup baik untuk memotret di kondisi low light, dimana penguncian fokus masih cepat meski minim cahaya. Termasuk ketika kami coba memotret di malam hari dengan kondisi berada di atas motor yang berjalan dengan kecepatan rendah. Foto low light yang dihasilkan terlihat jelas dengan warna yang cukup baik. Hasil foto low light Vivo V11 Pro :

hasil foto low light di Vivo V11 Pro
Jika Anda suka share foto makanan di Instagram atau Facebook, kamera Vivo V11 Pro bisa diandalkan. Dengan mengambil angle yang tepat, foto makanan akan terlihat lebih menarik dengan warna yang bisa menggoda selera. Lihat hasil foto Vivo V11 Pro :

hasil foto bokeh di Vivo V11 Pro

Bagaimana dengan foto selfie? Tidak perlu khawatir, Vivo V11 Pro bisa menjadi kamera pribadi Anda. Kamera depan Vivo V11 Pro menggunakan lensa beresolusi 25MP dengan aperture f/2.0.

Kamera selfie ini pun dibekali fitur backlight HDR yang menawarkan hasil optimal untuk selfie dengan kondisi backlight. Dimana hasil foto selfie Vivo V11 Pro masih terlihat jelas. Berikut hasil foto selfie Vivo V11 Pro :

foto selfie

Performa

Masuk ke performa. Vivo V11 Pro memang tidak menggunakan prosesor paling tinggi saat ini. Tapi hp Vivo terbaru di 2018 ini ditenagai prosesor Snapdragon 660AIE, yang sudah mendukung teknologi AI. Meski demikian, prosesor ini juga masih sangat bisa diandalkan untuk beragam aktivitas. Apalagi sudah di sokong memori RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB dan 128GB (unit yang kami uji RAM 6GB dan ROM 64GB).

Konfigurasi hardware ini masih cukup oke kok untuk memainkan game online yang populer di 2018 ini. PUBG Mobile dapat dimainkan dengan lancar, meski setingan default di posisi medium. Namun masih bisa dilakukan pada setingan HD dan frame rate high, begitu pula game online seperti AOV, Mobile Legend, dan lainnya. Jadi Anda yang penggemar game tidak perlu khawatir, karena masih bisa menyalurkan hobi Anda di Vivo V11 Pro.

Bicara skor benchmark, berikut hasilnya :

  • Antutu : Skor 129026
  • Geekbench : Skor 1439 (single core) dan 5487 (multi core)
  • 3DMark Sling Shot Extreme : Skor 1227 (OpenGL ES 3.1) dan 968 (Vulkan)

Baterai

Review Vivo V11 Pro
Sumber daya Vivo V11 Pro berasal dari baterai Li-Po berkapasitas 3400mAh. Untuk penggunaan normal seperti chatting (WA, Line), browsing aktif, sosmed aktif, baterai ini bisa bertahan dari pagi malam (tanpa bermain game). Mencoba streaming film HD dengan wifi berdurasi 1 jam, baterainya berkurang sebesar 12 persen. Sedangkan bermain game PUBG dengan layar penuh dalam waktu satu jam baterainya menurun 20 persen.

Jika baterai habis jangan kecewa, karena Vivo V11 Pro dibekali fitur pengisian cepat atau fast charging. Vivo menggunakan teknologi dual engine fast charging. Dalam waktu 30 menit, baterainya  dapat teriisi 24 persen. Sedangkan untuk pengisian dari posisi 10 persen hingga 100 persen, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 50 menit.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.41 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 660
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 512
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 25 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dengan harga Rp 4.999.000, Vivo V11 Pro memang menawarkan banyak hal menarik. Inovasi fingerprint di layar pertama yang hadir di Indonesia menjadi pembeda di segmen hp menengah. Setidaknya Anda bisa menikmati teknologi terbaru yang mulai banyak dilirik para vendor. Dan yang pasti, desainnya sangat menggoda dengan notch tetesan air dan unsur pewarnaan yang cantik dan tidak mencolok. 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.