Diperbaharui pada Senin, 21 Mei 2018 | 15:09

Review ASUS Zenfone Max Pro M1: Baterai Besar, Gaming Lancar

zenfone max pro m1
Dalam beberapa pekan belakangan ini, ASUS Zenfone Max Pro M1 tengah menjadi pembicaraan hangat. Mulai dari harganya yang murah hingga keberadaannya yang dianggap 'goib' karena susah ditemukan.

Hp ASUS terbaru dengan jargon ‘Limitless Gaming’ ini memang dibanderol dengan harga yang lebih murah (dengan spesifikasi yang sama) dari pesaingnya seperti Xiaomi Redmi Note 5 (untuk versi RAM 3GB dan ROM 32GB). Wajar bila hp ini menjadi buruan konsumen di Indonesia, terutama yang menginginkan hp murah dengan spesifikasi tinggi

Namun, terlepas dari hal tersebut kemampun Zenfone Max Pro M1 ini memang layak menjadi salah satu hp yang patut diburu. Lihat saja kombinasi fitur layar full view, penggunaan dual kamera, menanam prosesor Snapdragon 636, RAM besar (3GB/4GB/6GB), dan OS Android Oreo yang hanya dipasarkan Rp2,199,000.

Itu belum termasuk keberadaan baterai 5,000mAh yang membuat kamu tidak perlu was-was kehabisan baterai dengan cepat. Tentu menjadi kabar gembira bagi penggemar game online seperti PUBG, Mobile Legend atau AOV.

Nah, untuk membuktikan kemampuan spesifikasi tersebut, berikut hasil ulasan kami selama menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1 :

Desain

zenfone max pro m1
Penampilan Asus Zenfone Max Pro M1 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hp dengan layar full view lainnya. Bagian depan di dominasi layar berukuran 5,99 inch dengan aspek rasio 18:9 plus bezel samping yang tipis. Perangkat ini memiliki bodi yang solid dengan frame yang terbuat dari alumunium.

Bodinya memang tidak terlalu tipis, begitu pula bobotnya yang agak sedikit berat dibanding hp sejenis dikelasnya, seperti Xiaomi Redmi Note 5 misalnya. Tapi ini cukup bisa dimaklumi, karena pengaruh penggunaan baterai yang cukup besar yaitu 5000mAh. Tapi secara keseluruhan bodinya cukup kokoh saat berada di tangan dan sangat fit saat di genggam.

Untuk penempatan tombol sendiri tidak ada yang berubah, kamu bisa mengakses tombol power dan volume di sisi kanan, slot sim card di kiri, port charger, jack audio 3,55mm dan speaker di bagian bawah.

Masuk ke bagian belakang, kamu akan menemukan keberadaan dual kamera yang dilengkapi LED flash serta sebuah sensor fingerprint. Sensor fingerprint ini cukup responsif, dapat mengenali sidik jari dengan cepat, termasuk saat seting pertama kali.

Cover belakang Zenfone Max Pro M1 ini berbahan metal yang menambah kekokohan perangkat. Hanya saja, permukannya cukup licin dan mudah meninggalkan jejak jari. Saran kami baiknya gunakan soft case transparan yang sudah disediakan dalam paket.

Layar

Zenfone max pro m1
ASUS Zenfone Max Pro M1 hadir dengan fitur kekinian, salah satunya ada pada penggunaan layar full view. Layarnya memiliki bentang 5.99 inch dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1080p) dan memiliki aspek rasio 18:9. Sebuah spesifikasi layar yang standar dan banyak digunakan hp sejenis dikelasnya.

Layar ini diklaim memiliki tingkat kecerahan layar hingga 450 nit, dan memiliki rasio kontras 1500: 1. Tapi dalam pandangan kami, layarnya tidak memiliki background yang benar-benar putih, cenderung lebih ke putih gading. Namun kualitasnya kami akui sangat baik karena masih bisa menampilkan gambar dengan jernih dan cukup tajam.

Begitu pula saat digunakan diluar ruangan, layarnya masih menampilkan konten dengan baik, meski ada sedikit penurunan pada detail tampilan. Untuk fitur lain pada layar, kamu bisa mendapatkan fasilitas Night Light mode untuk kenyamanan saat digunakan pada cahaya redup atau malam hari.

Dual Kamera

zenfone max pro m1
Fitur kekinian yang juga sudah disematkan pada Zenfone Max Pro M1 adalah penggunaan dual kamera di bagian belakang. ASUS menggunakan konfigurasi sensor 13MP + 5MP dengan dukungan aperture f/2.2 dan ukuran sensor 1.12 micro pixel (13MP) serta aperture f/2.4, ukuran sensor 1.12 micro pixel (5MP).

Gabungan dual kamera belakang ini bisa menghasilkan foto yang sangat baik. Di cahaya melimpah penguncian focus cukup cepat dengan hasil fotonya terlihat terang dan sangat detail. Warna yang dihasilkan juga cukup kaya dan tidak jauh berbeda dengan aslinya. Lalu di kondisi low light penguncian focus memang sedikit lama dengan hasil foto yang masih terlihat noise dan sedikit buram.

Meski demikian, kamera ini mampu menghasilkan foto bokeh yang baik dengan background buram yang merata. Sementara untuk kamera depannya sudah dibekali sensor 8MP dengan aperture f/2.0 untuk menghasilkan foto selfie yang  sesuai keinginan. Hasilnya sangat detail dan kualitas warna yang memadai.  Berikut hasil foto ASUS Zenfone Max Pro M1:

hasil foto max pro m1
hasil foto max pro m1
hasil foto max pro m1
Performa

Seperti yang sudah diketahui, Asus Zenfone Max Pro M1 ditenagai prosesor Snapdragon 636, sama seperti Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah rilis di Indonesia. Prosesor ini cukup menarik, karena sudah diproses dengan manufaktur 14nm dan menawarkan performa lebih dari dari generasi sebelumnya, Snapdragon 625.

Di Zenfone Max Pro M1, ASUS menyandingkannya dengan memori RAM 3GB dan 4GB. Bahkan kabarnya mereka akan menyiapkan Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 6GB Juni 2018 mendatang. Meski demikian, perangkat yang kami uji memiliki konfigurasi RAM 3GB dan ROM 32GB.

Dengan spesifikasi prosesor Snapdragon 636 dan  RAM 3GB, performanya cukup tangguh. Membuka banyak aplikasi berjalan lancar, termasuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Untuk performa ketika memainkan game, kamu bisa melihat di artikel Tes 8 Game di ASUS Zenfone Max Pro M1.

Berdasarkan dari hasil benchmark mendapatkan skor yang memuaskan. Dari skor Antutu menembus di atas seratus ribu poin, tepatnya 114.931, lalu Geekbench skornya 1339 (single core) dan 4889 (multi core), sedangkan untuk 3DMark Slingshot Extreme skornya 931. 

max pro m1
Ketika menginstal game online yang ini banyak bermunculan, ruang penyimpanan internal 32GB masih sanggup menampung banyak game. Apalagi hp ini memiliki tagline limitless gaming, tentunya sangat optimal  untuk memainkan game-game online maupun offline yang populer.

Untuk sistem saja sudah termakan hingga 7,6GB, lalu menginstal beberapa game yang memiliki ukuran besar (rata-rata berukuran hingga 1GB). Yang paling besar adalah Asphalt 8 (2,21GB) dan Gangstar 4 (1,9GB). Tapi tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menggunakan microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 2TB. Dan microSD ini bisa kamu manfaatkan sebagai penyimpanan file-file multimedia seperti lagu, foto hingga video.

Baterai 5,000mAh

Zenfone Max Pro M1
Inilah yang menjadi daya tarik dari Zenfone Max Pro M1. Bagi sebagian besar pengguna, keberadaan baterai yang sanggup memberi daya selama seharian sangatlah penting. Terutama untuk kamu yang menggunakan hp secara aktif, termasuk menikmati konten video streaming hingga memainkan game. Dengan kapasitas baterai mencapai 5,000mAH, Zenfone Max Pro M1 bisa menjadi solusi yang tepat.

Menonton streaming di Youtube dengan kondisi contrast 100%, video HD berdurasi satu jam baterainya berkurang 14 persen. Sedangkan pada setingan constrast 50% baterainya berkurang 8 persen untuk memutar video HD selama satu jam.

Untuk gaming hasilnya bervariasi, tergantung dari grafis yang digunakan game tersebut. Namun dari hasil uji, rata-rata menghabiskan baterai 10% - 15% dalam waktu sejam.

Bagaimana untuk pengisian kembali baterainya? Dalam kondisi 0%, baterai Zenfone Max Pro M1 terisi hingga 100% dalam waktu kurang dari 3 jam. Itupun sudah menggunakan charger 2A/10W untuk pengisian cepat.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.99 inch
OS Version 8.1
Detail Prosesor Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 509
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dari hasil penggunaan, kami merasa cukup puas atas kinerja yang ditawarkan ASUS Zenfone Max Pro M1. Layar fullview yang nyaman untuk menikmati video, prosesor Snapdragon 636 yang sanggup menjalankan semua game, hingga baterai 5,000mAh yang setia menemani semua aktivitas dalam waktu yang lama. Apalagi harganya yang terjangkau membuat perangkat ini layak menjadi yang teratas dalam daftar hp yang bisa kamu beli.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.