Diperbaharui pada Senin, 25 April 2022 | 12:55

Review Samsung Galaxy M23 5G: Fitur Meningkat, Sudah 5G dan Layar 120Hz

Review Samsung Galaxy M23 5G
Selain Galaxy A series, Samsung juga memiliki lini hp Galaxy M series. Secara kuantitas, hp Samsung seri M memang tidak sebanyak seri A. Namun kualitas yang ditawarkan sama baiknya. 

Dan belum lama ini, Samsung meluncurkan Galaxy M23 5G. Hp Samsung terbaru dari lini Galaxy M series ini menawarkan banyak peningkatan bila dibandingkan dari seri sebelumnya (Samsung Galaxy M22).

Peningkatan tersebut mencakup sudah mendukung jaringan 5G, layar dengan refresh rate 120Hz, menggunakan prosesor Snapdragon 750G hingga fitur RAM Plus.

Dengan peningkatan spesfikasi yang cukup signifikan tersebut, Samsung membanderol Galaxy M23 5G dengan harga Rp 3.499.000. Apakah harga ini sudah sesuai dengan performanya?

Beruntungnya Pricebook berkesempatan untuk melakukan review Samsung Galaxy M23 5G untuk melihat sejauhmana perubahan yang ditawarkan.

Review Samsung Galaxy M23 5G

Berikut hasil pengalaman saya selama menguji kemampuan Samsung Galaxy M23 selama beberapa hari :  

Desain

Review Samsung Galaxy M23 5G
Desain Samsung Galaxy M23 5G cukup kekinian, terutama di bagian kompartemen kameranya. DImana bagian kamera ini seolah dibuat menyatu dengan cover belakang.

Konsep ini juga ditemui di beberapa hp Samsung terbaru, seperti Galaxy A23, Galaxy A33 5G hingga Galaxy A53 5G. Kali ini Samsung menawarkan varian warna Deep Green, Orange Copper serta Light Blue (unit Galaxy M23 5G yang pricebook uji Orange Copper).

Saat digerak-gerakkan, cover belakang ini akan memberi efek cahaya yang menarik. Makin terlihat apik karena permukaannya tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan power yang juga menjadi tempat sensor fingerprint. Fungsi sensor sidik jari ini berjalan cukup baik, sangat responsif dan bisa membuka kunci layar dengan cepat.

Beralih ke sisi kiri, disini hanya terdapat sebuah slot SIM card yang berjenis nano SIM. Pilihannya menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dengan microSD.

Sedangkan di area bawah kita akan menemukan slot jack audio 3,5mm, port USB Type C 2.0 dan juga sebuah speaker.

Layar

Review Samsung Galaxy M23 5G
Dari sisi layar, Galaxy M23 5G juga telah mengalami peningkatan dibanding dari seri sebelumnya. Mengusung konsep Infinity-V Display, layar Galaxy M23 5G tampil lebih besar dengan bentang mencapai 6,6 inci dan resolusinya pun naik menjadi Full HD+.

Tidak hanya itu, Samsung juga telah meningkatkan tingkat refresh rate hingga 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Secara kualitas, layarnya menjadi lebih smooth, baik untuk scrolling menu-menu, media sosial maupun bermain game.

Hanya saja, jenis layar yang digunakan Samsung Galaxy M23 5G menggunakan panel TFT LCD bukan Super AMOLED. Salah satu kekurangan layar TFT dibanding AMOLED adalah tidak bisa menampilkan warna hitam seperti aslinya.

Saat saya membandingkannya langsung, warna hitam di layar TFT memang tidak sepekat di Super AMOLED. Dan ketika melihat dari sudut lebar akan nampak perubahan warna. 

Meski demikian, layar TFT memiliki keunggulan pada tingkat kecerahan lebih tinggi, punya warna yang cukup tajam dan masih cukup nyaman untuk dilihat di bawah sinar matahari, meski perbedaannya memang tidak terlalu signifikan.

review samsung galaxy m23 5g
Tapi saya masih cukup merasakan kenyamanan saat berinteraksi dengan layar di Galaxy M23 5G ini, termasuk menghabiskan waktu untuk menonton film terbaru di Netflix. Apalagi layarnya sudah support Widevine L1.

Artinya, layar Samsung galaxy M23 5G bisa digunakan untuk menonton streaming Netflix dengan kualitas maksimal UltraHD 4K. Sekedar informasi, buat yang belum tahu, singkatnya Widevine adalah sebuah modul DRM (Digital Right Management) atau Manajemen Hak Digital yang tujuan utamanya untuk memproteksi konten dari pembajakan.

Nah, layanan streaming seperti Netflix, Disney+ Hotstar dan lainnya menggunakan Widevine untuk melindungi konten film mereka. Salah satu bentuk perlindungan tersebut adalah ketika kita download film di Netflix, film tersebut hanya bisa diputar melalui aplikasi Netflix saja. 

Tidak bisa ditonton menggunakan aplikasi video pihak ketiga. Bahkan hasil download film nya pun tidak muncul di galery hp. Tapi sebagian besar hp Samsung terbaru sudah support Widevine L1.

Kamera

Review Samsung Galaxy M23 5G
Lanjut ke pembahasan kamera. Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Galaxy M23 5G mengalami peningkatan dan juga penurunan. Terjadi penurunan pada jumlah kamera, yang kini hanya memasang tiga kamera belakang (seri sebelumnya empat kamera).

Meski demikian, Samsung telah meningkatkan kapasitas resolusi kamera utamanya yang kini memakai lensa 50 MP. Kamera ini juga di dukung kamera ultra wide 8 MP yang memiliki sudut pengambilan gambar hingga 123 derajat.

Lalu ada juga kamera depth 2 MP yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto boleh dengan efek blur di bagian belakang. Secara kualitas, kamera 50 MP nya bisa menghasilkan foto yang jernih dan tajam dengan warna yang terbilang konsisten.

Begitu pula untuk lensa ultra wide nya. Meski hanya memiliki resolusi 8 MP namun hasil fotonya masih cukup oke dan tidak kalah baiknya dengan kamera utama. Hanya saja masih kurang nyaman untuk penggunaan di malam hari. Masih ada noise disana sini.

Terakhir kamera depth 2 MP. Di lokasi yang cahayanya melimpah, foto portrait mode di lensa ini masih bisa diandalkan. Bagian latar belakang yang buram terlihat cukup rapi. Dan tingkat keburamanya juga masih bisa diatur sesuai keinginan.

Meski hanya punya 3 kamera, tapi Samsung Galaxy M23 5G tetap menyediakan mode macro. Dimana mode ini menggunakan lensa depth. 

Berikut hasil foto dari kamera Samsung Galaxy M23 5G :

Review Samsung Galaxy M23 5G
Review Samsung Galaxy M23 5G: Fitur Meningkat, Sudah 5G dan Layar 120Hz-6
Review Samsung Galaxy M23 5GHasil foto Samsung Galaxy M23 5G (ultrawide)
Review Samsung Galaxy M23 5GHasil foto Samsung Galaxy M23 5G (noght mode)
Review Samsung Galaxy M23 5GHasil foto Samsung Galaxy M23 5G (portrait)
Review Samsung Galaxy M23 5GHasil foto Samsung Galaxy M23 5G (makro)

Performa

Jika di generasi sebelumnya menggunakan prosesor Mediatek, kini Samsung Galaxy M23 5G memilih prosesor Snapdragon sebagai otaknya. Tepatnya adalah prosesor Snapdragon 750G yang diproses dengan pabrikasi 8nm.

Prosesor octa-core ini memiliki clock speed 2,2 GHz dengan performa 20% lebih baik daripada generasi sebelumnya, Snapdragon 730G. Begitu pula grafis Adreno 619 yang mengalami peningkatan performa 10% lebih cepat dan mendukung layar 120 Hz.

Melihat konfigurasinya, prosesor ini nampaknya bisa memberi kinerja yang apik. Untuk proses loading dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi termasuk cukup cepat.

Setidaknya untuk aktivitas yang tidak membutuhkan kinerja tinggi, prosesor ini sanggup menjalankannya tanpa hambatan. Seperti browsing, streaming hingga aktif di sosial media.

Review Samsung Galaxy M23 5G
Diajak bermain game pun performanya juga sangat baik. Game macam PUBG, Apex Legend bisa dimainkan dengan lancar. Untuk game PUBG setingan maksimal ada di grafis HD dan frame rate High atau grafis Balanced dan frame rate Ultra.

Selama memainkan PUBG tidak ada hambatan yang berarti, saya tidak menemui adanya lag dan sebagainya. Begitu pula di game Apex Legend, setingan ada di image quality Balanced  dan frame rate High.

Dari hasil benchmark, Antutu v9 didapati skor 355.189. Lalu benchmark Geekbench 5 hasil skornya 647 (single) dan 1938 (multi).

Sebagai tambahan untuk menyokong kinerja, Samsung Galaxy M23 5G juga dibekali dengan fitur RAM Plus. Dimana kita bisa menambahkan jumlah RAM hingga 6 GB.

Saat diaktifkan, total RAM yang akan didapatkan menjadi 12 GB (dari RAM asli 6 GB). Lalu untuk ruang penyimpanan internalnya sendiri memiliki kapasitas 128 GB yang bisa ditambah hingga 1TB.

Baterai

Review Samsung Galaxy M23 5G
Dari sisi baterai, tidak perubahan dari seri sebelumnya dengan Samsung Galaxy M23 5G. Masih menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah di dukung fast charging 25W.

Baterainya juga termasuk awet. Saat tes baterai dengan menonton video Youtube dengan resolusi Full HD, selama 1 jam baterainya turun 7-8 persen.  Bermain game PUBG selama 30 menit baterainy berkurang sebesar 6 persen. Termasuk awet, karena umumnya hp dikelasnya bisa turun 8-10 persen.

Untuk mengisi ulang baterainya saya menggunakan charger 25W. Pengisian 30 menit baterainya terisi 47 persen. Dan terisi penuh dalam waktu 1 jam 20 menit.

Kesimpulan

Terlihat banyak perubahan yang dilakukan Samsung pada Galaxy M23 5G. Yang paling menonjol tentu saja dukungan untuk terkoneksi ke jaringan 5G. Setidaknya hingga teknologi 5G menyebar luas dalam beberapa tahun kedepan, hp Samsung ini masih bisa diandalkan.

Selain itu, dengan peningkatan refresh rate pada layarnya menjadi 120Hz bisa menambah kenyamanan saat berinteraksi. Sekaligus bisa menjadi nilai lebih dari Samsung Galaxy M23 5G.

Meski Samsung memangkas jumlah kamera di Galaxy M23 5G menjadi tiga, namun secara fungsi dan kualitas masih menawarkan hasil yang bisa diandalkan.

Peningkatan yang cukup menarik ada di penggunaan chipset Snapdragon 750G. Performanya sangat bisa diandalkan, baik untuk aktiivtas harian dan juga gaming. Bahkan secara skor benchmark juga lebih unggul dari generasi sebelumnya. 

Jadi rasanya cukup wajar bila harga Samsung Galaxy M23 5G sedikit lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.6 inch
Screen Resolution 1080 x 2408 Pixel
Detail Prosesor SM7225 Snapdragon 750G 5G (8 nm)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C, USB OTG
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1738 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.