Diperbaharui pada Selasa, 5 April 2022 | 15:50

Review Samsung Galaxy A53 5G: Desain Cantik, Kamera Apik

Review Samsung Galaxy A53 5G
Jelang pertengahan tahun 2022, Samsung terus menggelontorkan hp terbaru ke Indonesia. Yang terbaru mereka belum lama merilis Samsung Galaxy A53 5G yang memasarkan spesifikasi apik, termasuk sudah mendukung jaringan 5G.

Hp Samsung terbaru ini sudah di dukung  desain yang stylish, prosesor terkini, kamera AI khas Galaxy, layar yang lapang dan smooth, serta baterai yang tahan hingga dua hari, Galaxy A53 5G ini memang cukup menarik.

Untuk melihat kemampuannya, kali ini saya akan coba melakukan review Samsung Galaxy A53 5G. Unit yang saya uji adalah Galaxy A53 5G varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Review Samsung Galaxy A53 5G

Berikut hasil pengalaman saya saaat menggunakan Samsung Galaxy A53 5G.

Desain

Review Samsung Galaxy A53 5G
Desain menjadi hal pertama yang menarik perhatian saya, terutama pada bagian cover belakang. Dimana Samsung Galaxy A53 5G mengusung desain Ambient Edge yang memadukan kamera dalam bodi perangkat secara seamless. 

Jadi pada bagian kompartemen kameranya dibuat menyatu dengan case. Mengesankan seolah bagian kamera ini muncul dari dalam bodinya.

Bagian belakang ini sendiri terbuat dari material polikarbonat dengan lapisan matte pada permukaan. Terasa nyaman saat disentuh dan yang terpenting tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Jika bagian belakang dibuat dengan lapisan matte, di sisi samping diberi sentuhan glosy yang dihiasi krom. Serunya, lapisan krom ini menggunakan warna yang senada dengan bagian cover belakang. Unit Galaxy A53 5G yang saya uji adalah warna Awesome Peach (tersedia pula pilihan warna Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White).

Review Samsung Galaxy A53 5G
Saya pribadi lebih menyukai warna peach karena terlihat lebih menarik mata dibanding warna-warna lain, terlihat elegan dan tidak pasaran.Tapi ini tergantung pada selera masing-masing.

Yang terlihat sedikit berbeda dari Samsung seri A lain (terutama Galaxy A51 dan sebelum-sebelumnya), kali ini Samsung Galaxy A53 5G ini dibuat tidak melengkung alias datar pada bagian sisi-sisinya, baik depan maupun belakang.

Entah karena belum terbiasa, saya merasa dengan bentuk yang flat agak sedikit kurang nyaman, sebab bodinya terasa lebih besar saat digenggam. Tapi jika Anda punya tangan yang besar mungkin tidak akan menjadi masalah berarti.

Untuk tombol dan port, kali Samsung memindahkan port kartu SIM di bawah sejajar dengan port type C dan speaker. Sementara tombol power dan volume masih terletak di sisi kanan.

Yang agak disayangkan adalah Samsung menghilangkan jack audio 3,5mm. Jadi untuk mendengarkan musik atau aktivitas lain yang menggunakan earphone, kita harus menggunakan TWS (true wireless stereo) atau earphone wireless yang terhubung melalui bluetooth.

Layar

Review Samsung Galaxy A53 5G
Layar menjadi salah satu kekuatan yang dimiliki hp Samsung, termasuk di Galaxy A53 5G. Masih mengandalkan panel Super AMOLED seluas 6,5 inci. Dengan resolusi Full HD+ rasanya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari, gambar terlihat jernih dan tajam dengan warnanya yang vivid.

Saya pun tidak meragukan kualitas gambar yang ditawarkan layar Super AMOLED di Galaxy A53 5G. Apalagi sudah di dukung refresh rate 120Hz dengan touch rate hingga 240Hz.

Salah satu kelebihan dari refresh rate yang tinggi adalah proses scrolling layar berjalan sangat mulus, baik saat feed di sosial media  atau juga untuk memainkan game.

Layar Galaxy A53 5G juga menawarkan kecerahan hingga 800 nits, artinya masih dapat dilihat meski berada di bawah sinar matahari. Walau pada kenyataannya saya harus menaikkan level kecerahan diatas 50 persen agar layarnya tetap terlihat saat berada diluar ruangan.

Satu hal lagi, Samsung menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar Galaxy A53 dari benturan dan juga goresan. Gorilla Glass 5 diklaim bisa bertahan saat jatuh hingga ketinggaian 1,2 meter. Termasuk memberikan perlindungan dari goresan hingga 2x lipat.

Setidaknya cukup aman untuk penggunaan outdoor, apalagi hp Samsung terbaru ini juga sudah memiliki srtifikasi IP67 yang tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Kamera

Review Samsung Galaxy A53 5G
Kamera selalu menjadi fokus Samsung untuk setiap perangkat smartphone mereka. Di Galaxy A53 5G ini sudah mengusung empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 12 MP (123 derajat), kamera makro 5 MP dan kamera portrait 5 MP.

Kameranya menyediakan banyak mode pemotretan yang bisa dipilih dengan mudah. Mulai dari foto normal, portrait, pro/pro video, night model hingga macro. Yang menarik, didalamnya juga sudah tersemat fitur single take yang sebelumnya hanya ada di hp Samsung flagship.

Fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan beberapa mode pemotretan hanya dengan sekali klik tombol shutter. Hasilnya ada 8 frame dengan mode yang berbeda-beda, termasuk foto dan video.

Untuk hasil fotonya, kemampuan kamera Galaxy A53 bisa diandalkan. Di kondisi siang hari foto yang dihasilkan cukup terang dan tajam serta warna yang vibran. Yang membuat A53 juga cukup menarik adalah kemampuannya mengambil foto di malam hari. 

Berikut hasil foto Samsung Galaxy A53 5G :

Review Samsung Galaxy A53 5G
Review Samsung Galaxy A53 5G

Review Samsung Galaxy A53 5GHasil foto makro

Menggunakan fitur NIght Mode, hasil foto yang dihasilkannya cukup bagus dan minim noise. Tapi yang harus dicatat, gunakan night mode di kamera utama (setingan mode 3:4 64MP). Karena saat menggunakan lensa ultrawide 12 MP, hasil foto malamnya tidak sebaik kamera utama.

Review Samsung Galaxy A53 5GHasil foto malam

Untuk kamera depan rasanya tidak ada masalah berarti. Dengan kapasitas resolusi 32 MP, hasil foto selfie yang ditawarkan sangat baik, tajam dan jernih. Oiya, kamera depan ini bisa merekam video 4K hingga 30fps. Cocok untuk yang ingin menjadi vlogger.

Performa

Review Samsung Galaxy A53 5G
Setelah beberapa produk sebelumnya menggunakan prosesor Mediatek dan Unisoc, kini Samsung kembali mengandalkan pada chipset buatan mereka sendiri. Kali ini, di Galaxy A53 5G menanam prosesor Exynos 1280.

Sebuah chipset terbaru dari Samsung yang menawarkan performa yang lebih baik dari generasi pendahulunya. Untuk penggunaan sehari-hari memang dirasa sudah lebih cukup.

Kinerjanya memang cukup cepat, mulai dari beralih antar aplikasi, browsing ke internet, bermain Instagram, menonton Netflix hingga yang paling banyak dilakukan yaitu bermain game.

Memainkan game PUBG misalnya, setingan maksimal yang didapat masih medium dengan grafis HD dengan frame rate High. Frame rate yang didapat pun ada dikisaran 30fps. Lalu game Mobile Legend dapat dimainkan tanpa hambatan di 60fps.

Beda halnya dengan Genshin Impact yang disetingan medium hanya ada dibawah 20fps. Sedagkan di setingan low frame ratenya dibawah 30fps.

Galaxy A53 sendiri dibekali memori RAM 8 GB yang didukung fitur RAM virtual yang bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 8 GB. Jadi saat fitur ini aktif total RAM yang ditawarkan mencapai 16 GB.

Di dukung dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB yang juga menawarkan opsi perluasan memori menggunakan microSD hingga mencapai 1 TB. Cukup nyaman untuk menyimpan file hingga berbagai aplikasi tanpa perlu khawatir kapasitasnya akan cepat habis.

Dari hasil tes benchmark dengan Antutu v9 diperoleh skor 383.354, sedangkan untuk Geekbench 5 hasilnya 475 (single core) dan 1458 (multi core).

Baterai

Review Samsung Galaxy A53 5G
Keberadaan baterai di Samsung Galaxy A53 5G jelas sangat terasa sekali fungsinya. Dengan kapasitas 5000 mAh, baterai di hp Samsung ini bisa bertahan sehari penuh, bahkan untuk penggunaan yang aktif.

Selama penggunaan pagi hingga sore, baterainya tidak pernah dibawah 15 persen. Lain halnya jika digunakan untuk main game terus menerus.

Karena saat memainkan PUBG selama 1 jam baterainya bisa terkuras hingga 13-14 persen. Lalu main Mobile Legend 1 jam mengurangi baterai sebesar 17-18 persen. 

Kemudian saat digunakan untuk nonton video Full HD di Youtube selama 30 menit baterainya turun sekitar 4 persen. 

Untuk mengisi ulang baterainya, Samsung Galaxy A53 5G dibekali fitur fast charging 25W. Dimana untuk proses pengisian dari 0 sampai 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit (dengan charger 25W).

Sayangnya, Samsung tidak menyertakan charger dalam paket penjualan dan dibeli secara terpisah.

Kesimpulan

Secara umum kinerja yang ditawarkan Samsung Galaxy A53 5G ini masih cukup oke untuk penggunaan sehari-hari, dari yang ringan hingga berat.

Menonton film atau menikmati konten video terasa nyaman dengan kualitas dari layar Super AMOLED yang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi sudah mendukung refresh rate 120Hz yang membuat proses scrolling layar menjadi jauh lebih smooth.

Lalu kemampuan kameranya juga sangat mumpuni, terutama saat memotret di malam hari. Cocok untuk Anda yang hobi foto low light.

Dan kinerja prosesor Exynos 1280 selama penggunaan juga cukup baik. Meski secara keseluruhan belum teruji karena masih tergolong baru. Tidak ada keluhan berarti selama menggunakan perangkat ini.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 1080 x 2400 Pixel
Detail Prosesor -
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12, 5, 5 MP
Resolusi Kamera Depan 32 MP
USB Type-C, USB OTG
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2018 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.