Diperbaharui pada Jumat, 5 Februari 2021 | 14:33

Google Fit Kini Ada Fitur Monitor Detak Jantung dan Ritme Napas

Google Fit Kini Ada Fitur Monitor Detak Jantung dan Ritme Napas-0Foto: Unsplash

Google Pixel merupakan smartphone yang dibekali berbagai fitur canggih yang dikembangkan oleh Google, sebuah perusahaan yang memproduksi jasa dan produk internet. 

Google kabarnya akan segera menambahkan fitur baru yang menarik pada aplikasi Google Fit untuk semua seri Google Pixel, dimana fitur tersebut dapat membaca detak jantung dan ritme pernapasan. 

Fitur membaca detak jantung ini, bekerja dengan cara melihat perubahan warna darah yang mengalir melewati ujung jari. Para pengguna tinggal meletakkan ujung jari di kamera belakang smartphone Google Pixel yang kemudian akan dianalisa oleh aplikasi Google Fit. 

Google Fit Kini Ada Fitur Monitor Detak Jantung dan Ritme Napas-1Foto: Google Fit

Selain itu, juga terdapat fitur pengukuran ritme napas dengan menggunakan kamera selfie, dimana pengguna hanya perlu memposisikan tubuh sesuai instruksi dan mulai bernapas, yang kemudian akan dianalisa dengan melihat naik turunnya dada.

Manager produk Google Health menjelaskan bahwa dokter pada praktek nyata menghitung ritme pernapasan dengan melihat naik turunnya dada, melalui fitur ini Google mencoba untuk meniru cara tersebut.

Menurut studi internal Google, akurasi fitur laju pernapasan pada smartphone Google Pixel ini memiliki tingkat kesalahan hanya satu napas per menit untuk pengguna yang sehat maupun yang memiliki masalah kesehatan. 

Sementara itu, akurasi fitur membaca detak jantung memiliki tingkat kesalahan hanya 2%. Fitur-fitur ini telah diuji pada orang-orang dengan berbagai warna kulit, dan memiliki akurasi yang serupa.

Fitur ini akan segera dirilis buat pengguna yang menggunakan semua seri Google Pixel dan memiliki aplikasi Google Fit. 

Like us!
Suci Risanti

Contributor

212 Posts