Diperbaharui pada Rabu, 2 Desember 2020 | 14:32

Chipset Snapdragon 888 Resmi Diumumkan, Mendukung 120 Foto Per Detik!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: XDA Developers

Qualcomm secara resmi mengumumkan chipset terbarunya, Snapdragon 888, melalui ajang Snapdragon Tech Summit 2020 yang berlangsung hari ini (2/12 waktu Indonesia). Chip ini mendukung kamera smartphone high-end hingga 120 MP per detik.

Spesifikasi Snapdragon 888

Bicara soal peningkatan performa, jelas Snapdragon 888 mendapatkan sejumlah peningkatan bila dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Chipset terbaru Qualcomm ini diklaim dapat mendukung jaringan 5G secara lebih baik lagi, termasuk integrasi dengan modem terbaru mereka, Qualcomm X60 5G.

Pada pengumuman resminya, Qualcomm juga meng-highlight perfoma Snapdragon 888 dalam hal fotografi. Chipset ini dibekali dengan teknologi AI yang disokong oleh performa GPU yang mampu mengolah gambar secara lebih baik.

Image Signal Processor (ISP) yang dimiliki Snapdragon 888 mempu menangkap gambar berkekuatan 2.7 Gigapiksel per detik. Artinya, dengan dukungan chipset ini, pengguna bisa memotret 120 foto berukuran 12 MP pada setiap detiknya.

Kecepatan menangkap gambar ini akan sangat berguna sekali saat memotret dalam mode slow motion, dengan resolusi yang lebih tinggi dari standar yang ada saat ini. Dibutuhkan smartphone dengan kamera terbaik untuk memaksimalkan performanya.

Menurut klaim Qualcomm, performa Snapdragon 888 dapat mencapai 26 TOPS. Angka ini dua kali lebih besar bidal dibandingkan dengan Snapdragon 865 (15 TOPS) yang telah meluncur lebih dulu. Ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan.

Soal jaringan 5G, Qualcomm juga mengklaim bahwa chipset Snapdragon 888 ini akan memberikan performa jaringan yang jauh lebih baik lagi. Namun untuk melihat performa maksimumnya, tentu sangat bergantung pada teknologi smartphone yang akan mengusungnya nanti.

Ketersediaan Snapdragon 888

Qualcomm belum memberikan informasi mendetail, selain pengumuman Snapdragon 888 dan spesifikasi umumnya. Detail lebih lengkap akan mereka umumkan pada kesempetan berbeda, kemungkinan bersamaan dengan pengumuman perangkat apa yang akan mengusung Snapdragon 888.

Beberapa vendor smartphone yang dipastikan akan mengusung Snapdragon 888 antara lain adalah ASUS, Black Shark, Xiaomi, Meizu, OPPO, realme, LG, vivo, Motorola, dan banyak lagi.

Like us!

Komentar