Diperbaharui pada Jumat, 10 Januari 2020 | 15:45

Dell Alienware Concept UFO Berani Menantang Nintendo Switch?

Oleh Restu Aji Siswanto

dell concept ufoImage via Dell/Alienware

Selama ini, Nintendo Switch masih dianggap sebagai konsol game, sekaligus handheld yang unik karena berhasil menggabungkan dua konsep berbeda menjadi satu. Dell menjawab tantangan tersebut dan memperkenalkan Alienware Concept UFO.

Handheld/gaming PC besutan Dell ini bagaikan Nintendo Switch, tapi dengan performa sebuah PC. Produk prototipe Concept UFO pertama muncul di CES 2020, dimana pengunjung bisa mencoba langsung mesin game portable tersebut.

Mirip Nintendo Switch, sengaja atau tidak?

concept ufoImage via Dell/Alienware

Dari desainnya, kita dapat langsung melihat kesamaan antara Concept UFO dengan Nintendo Switch. Entah ini disengaja atau tidak. Namun dengan latar belakang Dell, Concept UFO mendapatkan dukungan mesin yang lebih bertenaga layaknya sebuah PC.

Alienware Concept UFO mendukung game-game berbasis Windows, yang menurut kami adalah sebuah strategi marketing yang baik, karena jumlah game PC, atau game berbasis Windows, jauh lebih banyak ketimbang game mesin konsol seperti PlayStation 4 atau Xbox.

alienware ufoImage via Dell/Alienware

Perbedaan mendasar antara Alienware Concept UFO dan Nintendo Switch adalah ukurannya yang jauh lebih besar, sehingga ukuran layarnya juga otomatis lebih besar. Alienware UFO ini memiliki layar berukuran 8 inci, dengan resolusi 1900 x 1200.

Ukuran layar yang lebih besar, tentu akan mempengaruhi kenyamanan bermain game. Bagi mata pengguna yang tidak terbiasa bermain dengan layar kecil, hadirnya Alienware UFO ini kemungkinan akan sangat dinantikan.

Mesin game ini berjalan dengan prosesor Intel generasi ke-10, jadi wajar saja para pengunjung CES 2020 yang berkesempatan mencobanya, puas dengan tampilan dan performa yang mulus tanpa lag selama bermain game.

Performa gaming PC dan joystick yang bisa dilepas

dell concept ufoImage via Dell/Alienware

Seperti Nintendo Switch, joystick pada Alienware Concept UFO juga bisa dilepas. Yang membedakannya dengan Swith adalah, kedua joystick ini tidak bisa kekerja secara mandiri, artinya harus disambungkan ke connectornya, untuk bermain di monitor PC.

Ketika mode PC diaktifkan, Alienware Concept UFO ini pada dasarnya adalah sebuah gaming PC seperti pada umumnya. Ini yang menjadi kelebihan utama yang paling membedakannya dengan Nintendo Switch.

Karena Alienware UFO ini adalah PC berbasis Windows, maka penggunaannya untuk kebutuhan lain juga bisa dilakukan, layaknya sebuah komputer PC, seperti membuka Microsoft Office, browsing internet, hingga menonton layanan streaming seperti Youtube, Netflix, dan sebagainya.

Kapan Concept UFO akan resmi meluncur ke pasaran?

alienware concept ufoImage via Dell/Alienware

Mesin game ini masih berupa prototipe yang belum direncakan untuk diproduksi secara masal. Melihat potensinya, ada kemungkinan mesin game ini akan mendapatkan respon yang cukup baik dikalangan gamer. Belum lagi, bila resmi dirilis, maka akan mengubah dinamika pasar game.

Alienware Concept UFO bisa menjadi pencetus mesin game hybrid antara handheld dan gaming PC. Bayangkan bila Asus ROG juga punya konsep desain mesin game yang sama, akan semakin menarik persaingan di pasaran nantinya. Kita tunggu saja perkembangannya!

Like us!

Komentar