Mengenal Teknologi GPU Turbo yang  Ada di Hp Huawei

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 21 Sep 2018 | 07:30

GPU Turbo
Ketika turbocharger mobil menginspirasi vendor hp, itulah awal kelahiran GPU Turbo. Huawei merilis teknologi ini beberapa waktu lalu, bersamaan dengan update EMUI, antarmuka smartphone buatan Huawei.  

Apa itu GPU Turbo? GPU Turbo adalah teknologi pemrosesan grafis yang akan mendongkrak kemampuan smartphone dalam memproses aplikasi dengan grafis intensif, seperti game, dan pada saat yang sama menghemat daya. GPU Turbo akan membuat pengguna menikmati performa game yang telah ditingkatkan, tanpa perlu meng-upgrade smartphone mereka.

Ide GPU Turbo terinspirasi dari turbocharger pada sebuah mobil, yakni sebuah silinder yang akan memasok udara dalam sistem pembakaran (combustion) di mesin mobil. Turbocharger membuat kendaraan punya tenaga dorongan ekstra tanpa tambahan bahan bakar. 

Lalu bagaimana cara GPU Turbo bekerja? Secara teknis dapat dijelaskan, GPU Turbo dapat mengakselerasi kinerja dengan cara mengoptimalisasi cara sistem mengutilisasi sumber daya software dan hardware yang ada.

Saat GPU Turbo diinstal, efisiensi pemrosesan grafis ditingkatkan sampai 60 persen, sedangkan komsumsi daya SoC secara keseluruhan dihemat sampai 30 persen. Peningkatan tadi sangat bermanfaat, sebab biasanya operasi yang membutuhkan pengolah grafis tinggi akan banyak menyedot daya baterai. 

GPU Turbo
Peningkatan yang terjadi ini baru akan terasa kalau pengguna memainkan game yang cukup intensif. GPU Turbo akan langsung bereaksi ketika pengguna memainkan game macam PUBG mobile dan game MOBA (multiplayer online battle arena) yang sangat popular akhir-akhir ini.

Pengguna teknologi ini sangat terasa ketika menjajal langsung memainkan Mobile Legend di hp Huawei yang sudah di dukung GPU Turbo, salah satunya Nova 3i. Hp ini memakai chipset Kirin 710 yang sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk diajak memainkan game online yang populer saat ini.

Dan dengan dukungan GPU Turbo yang sudah diintegrasikan di Huawei Nova 3i game Mobile Legend dapat dimainkan dengan setingan tertinggi tanpa mengalami masalah. Tidak hanya itu, selain bermain lancar baterainya pun jadi lebih hemat.

Kabarnya, Huawei memiliki rencana untuk mengintegrasikan teknologi ini di sejumlah hp mereka. Berikut daftar hp Huawei yang akan mendapatkan update GPU Turbo :

Hp Update 
Huawei P20 Pro Agustus 2018
Huawei P20 Agustus 2018
Huawei Mate 10 Pro Agustus 2018
Huawei Mate 10 Agustus 2018
Huawei Mate 10 Porsche Design Agustus 2018
Huawei Mate RS Porsche Design Agustus 2018
Huawei Mate 10 Lite September 2018
Huawei Nova 2i September 2018
Huawei P20 Lite September 2018
Huawei Y9 2018 September 2018
Huawei Mate 9 Pro November 2018
Huawei Mate 9 November 2018
Huawei P10 Plus November 2018
Huawei P10 November 2018

Kehadiran GPU Turbo tentu akan menjadi angin segar di tengah perkembangan industri mobile game Tanah Air. Apalagi saat ini, Indonesia adalah pasar smartphone terbesar ketiga di Asia Pasifik, setelah China dan India. 

Artikel Lainnya

Komentar

Erio Selasa, 25 Sep 2018 | 00:52
Nice