Diperbaharui pada Senin, 25 September 2023 | 13:24

Sony Burano, Kamera Sinema Digital PL-Mount Pertama di Dunia

harga sony buranoFoto: Sony

Sony meluncurkan kamera Burano yang memadukan pengambilan gambar sinematik dengan mobilitas, yang dapat memberikan fleksibilitas dalam pengoperasian kamera secara tunggal. Kamera Sony yang masuk ke dalam jajaran seri produk CineAlta ini dilengkapi dengan sensor yang menyesuaikan color science VENICE 2.

Kamera Sony Burano adalah kamera sinema digital pertama di dunia dengan PL-Mount yang memiliki fitur stabilisasi gambar dalam bodi kamera. Selain itu, di dalam kerangka kamera yang ringkas sudah terdapat struktur variable ND filter elektronik yang lebih tipis dari generasi sebelumnya, juga mekanisme stabilisasi gambar optik.

Untuk memberikan fleksibilitas lebih kepada penggunanya, dudukan lensa PL pada kamera ini dapat dilepas, sehingga kamera dapat menggunakan lensa E-Mount yang mendukung fast hybrid AF serta subject recognition AF.

Dengan menggunakan color science yang sangat diminati di kamera VENICE, Burano memiliki sensor full-frame 8,6K dengan banyak spesifikasi yang terdapat di VENICE 2, sehingga memungkinkan Burano untuk digunakan dalam semua jenis produksi yang juga menggunakan VENICE 2.

Sensor ini memiliki fitur dual base ISO 800 dan 3200, juga 16 stop latitude, yang diklaim mampu memberikan hasil gambar yang tetap baik, meski dalam kondisi pencahayaan yang paling menantang sekalipun.

Seperti semua kamera dalam jajaran full-frame Cinema Line dari Sony, Burano akan memiliki kemampuan untuk merekam pada full-frame, Super 35, serta dilengkapi dengan fungsi de-squeeze untuk lensa anamorphic. Kamera ini dapat merekam dengan frame rate hingga 8K 30fps, 6K 60fps, atau 4K 120fps.

Beberapa keunggulan dari kamera Sony Burano lainnya sbb:

  • Memiliki Optical Image Stabilization (OIS) bawaan.
  • Filter ND Variabel untuk kontrol tambahan dan optimalisasi eksposur.
  • Dapat menggunakan lebih dari 70 lensa E-Mount Sony.
  • Desain Bodi yang diperbarui untuk ergonomis lebih baik dari generasi sebelumnya.
  • Format perekaman untuk meningkatkan fleksibilitas alur kerja seperti new XAVC H untuk kualitas 8K, MPEG-H HEVC/H.265, XAVC dan X-OCN LT.
  • Dilengkapi dengan dua slot kartu memori CF express Tipe B yang baru dan mendukung VPG400, serta kartu memori CFexpress Tipe B baru yang kompatibel, yaitu CEB-G1920T (1920 GB) / CEB-G960T (960 GB).
  • Mendukung berbagai mode perekaman log, termasuk S-Gamut3 dan S-Gamut.Cine, yang merupakan ruang warna yang mencakup gamut warna yang melebihi BT.2020 dan DCI-P3.
  • Dilengkapi dengan tampilan sinematik Warm, Cool, Vintage, Teal, dan Orange untuk mendukung standar industri s709 dan 709 (800%) Look Up Tables (LUT).

Kamera Sony Burano akan tersedia di Indonesia mulai bulan Maret 2024.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.