Diperbaharui pada Jumat, 21 Oktober 2022 | 15:37

Sony Luncurkan Kamera Cinema Line FX30, Harga Mulai 20 Jutaan

harga sony fx30b

Sony Indonesia resmi meluncurkan kamera terbarunya, FX30, yaitu sebuah kamera sinema ringkas 4K Super 35 yang dilengkapi dengan berbagai fitur profesional dari Cinema Line, sehingga cocok digunakan oleh para filmmaker, videografer, dan kreator konten.

Melalui acara peluncuran yang dilangsungkan pada Kamis (21/10/2022), Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan bahwa FX30 dibuat sebagai jawaban atas permintaan konsumen yang membutuhkan kamera penunjang kreativitas untuk kebutuhan videografi sinematik di harga yang lebih terjangkau.

Sony FX30 adalah sebuah produk kamera dalam rangkaian produk Cinema Line yang merupakan model entry, namun dibekali dengan berbagai fitur profesional.

Spesifikasi Sony FX30

harga kamera sony fx30
Kamera Sony FX30 menawarkan ekspresi sinematik dengan sistem pencitraan terbaru menggunakan sensor APS-C Exmor R™ CMOS (Super 35 format) back-illuminated 20,1 MP yang dibekali dengan dual base ISO (800/2500) untuk menghadirkan sensitivitas tinggi, noise rendah dan latitude 14+ stops.

Kamera Sony terbaru ini mendukung berbagai codec perekaman video, dan dapat merekam 4K Super 35 (16:9) dengan melakukan oversampling dari 6K hingga 60fps. 

Sony FX30 juga mampu merekam dalam kecepatan frame tinggi, termasuk 4K pada 120fps dan full HD pada 240fps. Kedua mode perekaman 16:9 dapat merekam pada 10-bit 4:2:2, sementara konektor HDMI Type-A dapat digunakan untuk menghasilkan 4K, 16-bit RAW ke perekam eksternal .

Seperti rangkaian kamera pada Cinema Line lainnya, FX30 memiliki mode pengambilan gambar Log dengan mengaktifkan mode Cine El, Cine El Quick, dan Flexible ISO untuk perekaman dengan kurva gamma S-Log3 yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas ketika melakukan color grading.

harga sony fx30b

Ketiga mode ini memungkinkan perekaman video sambil melakukan monitoring dengan LUT yang sesuai untuk melihat preview hasil gambar final. 

Selain itu, FX30 juga dilengkapi dengan pilihan tampilan sinematik bawaan, seperti Sony S-Cinetone™ dan dapat melakukan pengambilan foto tunggal. 

Kamera ini menawarkan kemampuan pemrosesan gambar canggih dengan mesin pemrosesan BIONZ XR untuk gradasi natural dan reproduksi warna realistis.

Berikut pengaturan fitur autofocus pada Sony FX30:

  • Real-time Eye AF (manusia, hewan, atau burung )
  • Real-time Tracking
  • Pengaturan Detailed AF
  • AF Assist 

Kreator juga memiliki kontrol lebih ketika menggunakan Focus Map, yang memudahkan untuk memvisualisasikan kedalaman bidang, serta Breathing Compensation yang menawarkan sudut pandang yang stabil pada saat melakukan pemfokusan. 

Kamera ini juga memiliki stabilisasi yang efektif untuk perekaman run and gun menggunakan Active Mode berkat stabilisasi gambar optik internal 5-axis dan sinkronisasi time code.

Berikut beberapa fitur unggulan dari Sony FX30:

  • Layar menu utama baru list-style yang dapat disesuaikan, yang dapat memberi akses cepat ke item yang sering digunakan
  • Layar film standby baru yang memberikan tampilan subjek tanpa halangan
  • Tombol dan dial yang didedikasikan untuk pembuatan film

Harga dan Ketersediaan

harga xony fx30b

Sony FX30 hadir di Indonesia dalam dua opsi yaitu FX30 yang dibekali dengan XLR Handle di harga Rp 33.999.000 (tanpa lensa), dan FX30B yang merupakan opsi body only di harga Rp 27.999.000. Penjualan dilakukan melalui sistem pre-order pada periode 21 Oktober – 6 November 2022.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1250 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.