Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2023 | 10:41

Rekomendasi Rakit PC Gaming Intel Core i3, Ngegame Makin Asyik!

Makin kesini, game-game PC makin keren dengan grafis dan gameplay yang makin memukau. Maka dari itu tidak sedikit juga sekarang orang-orang merakit sendiri PC sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tidak hanya bisa dikustom sesuka hati, merakit PC gaming sendiri juga tidak semahal jika membeli pc gaming branded yang harganya membuat dompet menangis.

Nah maka dari itu, lewat artikel ini Pricebook akan membantu kalian untuk merakit PC gaming. Khusus untuk artikel ini, Pricebook akan memberikan spesifikasi PC gaming Intel Core i3. Kita akan bahas satu persatu mulai dari prosesor hingga casingnya.

Prosesor - Intel Core i3-6100

Prosesor Intel core i3 seri 6100 (Kabylake) ini cukup untuk menjadi otak di PC gaming kamu. Dengan menggunakan prosesor ini kamu bisa bermain game-game kasual dengan lancar.

Prosesor Intel core i3 ini sendiri memiliki clock sampai dengan 3,7 Ghz dan cache 512kb. Prosesor dual core ini juga sudah tersedia HSF di dalam paket box penjualannya. Untuk mendapatkan prosesor ini, kamu cukup mengucurkan dana sebesar Rp 1,6 jutaan saja.

Motherboard - ASRock H110M-DVS R3.0

Sebagai pusat peripheral, motherboard menjadi salah satu komponen yang sangat penting di PC gaming. Untuk merakit PC gaming Intel i3, ASRock H110M-DVS R3.0 menjadi pilihan yang tepat.

Motherboard Intel 1151 ini memiliki 2 socket RAM DDR4 2133, 1 PCIe 3.0 x16, 1 PCIe 2.0 x1, 4 buah port SATA3, 4 buah USB 3.1 Gen1 dan fitur tambahan 7.1 CH HD Audio (Realtek ALC887 Audio Codec), ELNA Audio Caps.

Selain spesifikasi yang telah disebutkan di atas, ASRock H110M-DVS R3.0 juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti UEFI EZ Mode, Dual Graphics Outputs, 4 Power Phase Design, Solid Capacitor Design, Gigabit LAN, LiveUpdate & App Shop, Full Spike Protection, USB Key, Restart to UEFI, AsRock OMG (Online Management Guard), UEFI Tech Service, Easy Driver Installer, X-Fast LAN dan X-Fast RAM.

Untuk mendapatkan motherboard ini, kamu harus menyiapkan dana segar di kisaran Rp700 ribuan.

RAM - 2x Corsair CMV4GX4M1A2133C15 4GB DDR4

Untuk menghasilkan performa multitasking yang maksimal RAM juga sangat membantu kamu untuk bermain game. Untuk PC gaming Intel core i3 ini, 2 keping RAM 4GB Corsair Value Select CMV4GX4M1A2133C15 ini juga menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu produsen RAM terbaik ini memberikan performa yang handal pada seri Value Select ini dengan kecepatan 2133MHz. RAM terbaik untuk PC gaming ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 790 ribuan untuk satu kepingnya.

Harddisk - Seagate Barracuda 1TB

Untuk media penyimpanan kamu bisa menggunakan harddisk Seagate Barracuda 1TB. Dengan kapasitas 1TB rasanya sudah cukup untuk kamu menyimpan file-file dan game favorit kamu.

Seagate Barracuda 1TB ini mempunyai kecepatan 7200 RPM dan cache sebesar 64MB. Harddisk ini juga dilengkapi dengan teknologi Multi-Tier Caching (MTC) yang memaksimalkan performa PC sehingga kamu dapat membuka aplikasi dan file-file lebih cepat.

Kartu Grafis - GALAX GeForce GTX 1050 OC 2GB DDR5

Berikutnya ada VGA dari Galax. Galax GeForce GTX 1050 ini memang jadi andalan untuk PC gaming kamu. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, VGA ini memiliki spesifikasi yang tangguh di kelasnya.

VGA yang masih masuk kategori hemat daya ini dengan TDP 75 watt memiliki base clock 1366 MHz dan boost clock 1468MHz. Kecepatan memorynya berjalan di angka 3504MHz dengan memory interface width 128 bit DDR5. VGA ini pastinya juga sudah OpenGL 4.5 dan support DirectX 12.

Untuk display connector, Galax menyediakan DP 1.4, HDMI 2.0b dan Dual Link-DVI. Dengan menggunakan kartu grafis ini, kamu bisa bermain game-game masa kini dengan settingan normal dengan nyaman.

Kamu bisa dapatkan Galax GTX 1050 OC ini dengan harga dikisaran Rp 2,4 jutaan.

PSU - COUGAR VTE500-500W

Kita lanjut ke komponen power supply (PSU). Dengan spesifikasi yang sudah dijabarkan sebelumnya, Cougar Gaming 500W VTE500 bisa jadi pilihan. PSU ini sudah memiliki sertifikat 80+ Bronze. PSU ini menyediakan konektor yang lengkap untuk kebutuhan peripheral kamu. Diantaranya adalah 1 x 20+4-Pin ATX12V/EPS12V, 1 x 4+4-Pin ATX12V/EPS12V , 2 x 4-Pin-Molex, 5 x SATA dan 2 x 6+2-Pin-PCIe.

PSU ini juga didukung fitur OCP (Overcurrent Protection), UVP (Under Voltage Protection), SCP (Short-Circuit Protection) dan OPP (Over Power Protection). PSU bisa kamu tebus seharga Rp 590 ribu saja.

Monitor - AOC I2280SWD

Monitor yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah AOC I2280SWD. Monitor 21.5 inch ini memiliki resolusi FULL HD dan berpanel IPS. Selain itu monitor AOC ini memiliki response time 6ms. 

Yang terakhir, monitor ini memiliki port HDMI dan DVI.

AOC I2280SWD

Belum ada harga

Case - Armaggeddon Nanotron T1X

Yang terakhir adalaha casing PC. Armaggeddon Nanotron T1X layak dijadikan pilihan karena penampakannya yang garang dan solid. Case ini mendukung motherboard Mini / Micro ATX. Case ini tersedia dalam 2 pilihan warna yakni hitam dan putih.

Itu lah rekomendasi PC gaming Intel core i3 versi Pricebook. Dengan menggunakan spesifikasi ini kamu dapat bermain game-game masa kini dengan nyaman. Spesifikasi tadi juga dapat kamu upgrade sesuai dengan kebutuhan. Selamat merakit!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.