Daftar Harga Monitor Komputer Termurah Desember 2020

Model Harga Termurah
LG 24MP88HM-S Rp 1.599.000
LG 24MK600M Rp 1.430.000
Acer P166HQL Rp 665.000
LG 19M38A Rp 800.000
LG 20MP48A Rp 930.000
LG 20M35A Rp 1.040.000
LG 20MP38HQ Rp 860.000
LG 20M37A Rp 1.089.000

Deskripsi Monitor Komputer

Monitor

Apabila anda hendak membangun sebuah komputer, maka terlebih dahulu anda harus mencari monitor yang tepat untuk komputer anda. Monitor merupakan sebuah perangkat display yang dapat menampilkan user interface secara grafis dari Operating System yang telah terpasang. Keberadaan dari monitor sangatlah vital, karena anda tidak akan dapat melihat informasi tanpa adanya monitor. Keberadaan dari monitor juga akan sangat berpengaruh pada performa kerja ataupun kegiatan hiburan anda menggunakan komputer, karena semau output yang dihasilkan akan selalu ditampilkan pada perangkat monitor tersebut.

Beberapa waktu lalu, monitor masih memiliki satu warna atau disebut juga dengan monochrome. Monitor ini masih mengusung teknologi tabung katoda atau CRT. Monitor tersebut memiliki bobot yang sangat berat, sehingga tidak mudah untuk anda pindahkan. Warna monokromatik yang ditampilkan biasanya berupa warna hitam putih, hijau putih, ataupun merah putih. Seiring dengan perkembangan, dengan harga monitor CRT yang murah, monitor CRT mulai bisa menyajikan warna yang variatif dan pada akhirnya bisa menyajikan gambar sekelas Standar Definition. Monitor CRT tersebut membutuhkan daya listrik yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi tagihan listrik bulanan anda. Tidak hanya itu saja, ada efek kesehatan yang cukup berbahaya pada monitor CRT, yaitu monitor tersebut mengeluarkan radiasi yang dapat berbahaya untuk mata anda.

Penggunaan monitor CRT sudah semakin disingkirkan oleh hadirnya teknologi LCD dan LED pada perangkat display. Berbeda dengan teknik tabung pada CRT, layar generasi baru ini menggunakan cairan crystal dan lampu backlight LED. Dengan hilangnya tabung pada monitor LCD dan LED, perangkat ini tidak membutuhkan ruang yang banyak. Monitor LCD dan LED memiliki dimensi yang jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan monitor lawas CRT dan juga memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Pada awalnya, monitor ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, namun seiring dengan waktu, monitor murah semakin bermunculan untuk lebih diterima pada pasar.

Monitor LCD dan LED hadir dengan varian yang sangat beragam. Dari spesifikasi terdapat variasi pada resolusi, contrast ratio, response time, color dept dan lain-lain. Untuk konektifitasnya sendiri, biasanya terdiri dari satu atau lebih port yang merupakan gabungan standar VGA, DVI, HDMI, dan display port. Pada monitor dengan spesfikasi tinggi, biasanya port konektifitasnya dituntut menggunakan HDMI atau display port agar gambar yang dihasilkan beresolusi maksimal dan tidak ada glitch seperti layaknya pada konektifitas VGA/DSUB biasa.

 

Memilih monitor memang tidak mudah, tidak jarang kita harus dipusingkan dengan pemilihan brand dengan segala fiturnya yang sangat beragam dan juga harga monitor yang bervariasi. Tetapi perlu diingat bahwa brand tidak menentukan kualitas dari suatu monitor. Bahkan monitor murah dengan resolusi yang sama juga mampu untuk menyaingi harga monitor dari brand terkenal. Biasanya monitor branded memang memiliki daya tahan untuk penggunaan yang jauh lebih baik. Selain dari daya tahannya, Monitor branded biasanya lebih nyaman digunakan. Hal ini sangat vital terutama untuk anda yang sering berlama-lama dalam beraktifitas di depan komputer. Untuk mempermudah anda dalam mencari harga monitor murah, Pricebook mampu menjadi acuan bagi anda untuk memilihnya karena Pricebook menyediakan daftar harga monitor murah dari berbagai toko online dan offline pilihan.