Daftar Harga Motherboard Termurah November 2020

Model Harga Termurah
ASRock B450 Steel Legend Rp 1.539.999
Gigabyte GA-H61M-DS2 Rp 400.000
ASUS H61M-K Rp 410.000
Gigabyte GA-H81M-DS2 Rp 500.000
Jetway J-TI61M5 Rp 150.000
ASUS H81M-K Rp 500.000
ASUS H61M-C Rp 835.000
ASUS H61M-E Rp 544.000
ASRock H61M-VS3 Rp 500.000
ASRock FM2A68M-HD+ Rp 691.000

Deskripsi Motherboard

Motherboard 

Komputer merupakan perangkat yang terdiri dari banyak komponen didalamnya. Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang spesifik. Setiap fungsi yang spesifik dari masing-masing komponen tersebut akan bekerja satu sama lain secara bersamaan dan membentuk satu fungsi operasi komputer secara keseluruhan. Dari sekian banyak komponen yang ada didalam komputer, semua disatukan oleh satu komponen utamanya yaitu Motherboard. Motherboard merupakan sebuah perangkat dimana komponen komputer lain terpasang dan akan berkerja secara bersamaan. Tanpa adanya motherboard, maka komputer anda tidak akan berjalan sama sekali. Dengan menggunakan motherboard, semua komponen akan terhubung dan bisa melakukan pekerjaannya masing-masing. CPU sebagai otak utama dari komputer juga berada pada motherboard, dan itu yang membuatnya dapat saling berinteraksi dengan komponen yang lainnya.

Motherboard pada awalnya berukuran cukup besar. Motherboard yang besar juga berarti casing komputer yang berukuran besar, sehingga anda akan membutuhkan tempat yang lebih besar lagi untuk menyimpan komputer anda. Seiring dengan waktu ukuran dari motherboard semakin kecil, bahkan sudah bisa menjadi sebuah komputer jinjing atau disebut juga sebagai laptop. Laptop memiliki motherboard yang berbeda dengan komputer desktop. Berbeda dengan motherboard pada desktop yang memiliki banyak slot komponen, motherboard pada laptop tidak memilikinya.

Motherboard pada laptop biasanya sudah terintegrasi secara permanen dengan komponen lainnya seperti CPU, graphic card, sound card, dll. Pada motherboard laptop, slot yang bisa diekspansi biasanya hanya pada slot memory RAM saja. Lain halnya pada motherboard laptop, semua komponen terpasang pada slot yang bisa diekspansi atau diupgrade. Hal ini lah yang menyebabkan banyak orang berkata desktop bisa diupgrade sedangkan notebook tidak bisa.

Sebelum membeli motherboard perhatikan hal ini terlebih dahulu

Ketika kita akan membeli motherboard, selain harga motherboard murah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Yang paling dasar adalah bentuk, motherboard saat ini terdiri dari beberapa form factor yaitu Full ATX, ATX, micro ATX dan yang paling kecil mini ITX. Setelah itu anda juga harus menyocokan harga motherboard dengan rencana spesifikasi komputer yang akan anda buat. Hal ini disebabkan banyak komponen komputer yang memiliki port atau slot yang berbeda. Sebagai contoh pada processor, apabila anda mau menggunakan processor intel ivy bridge motherboard yang akan digunakan harus memiliki slot CPU 1150. Apabila akan menggunakan processor AMD FX 8250, maka motherboard diharuskan memiliki slot FM2. Selain processsor komponen lainnya yang memiliki port spesifik antara lain memory RAM, Hardisk, Graphic Card dan power supply.

Untuk brand motherboard, di pasar Indonesia sudah banyak beredar motherboard murah dari banyak brand baru maupun lama. Sebut saja misalnya pabrikan besar MSI, Gigabyte, Asus, Asrock atau pabrikan baru seperti foxconn, biostar dan ECS semua melemparkan motherboard unggulannya di pasar Indonesia dengan harga motherboard murah. Apabila anda bingung untuk memilih harga motherboard yang sesuai untuk anda, Pricebook dapat membantu anda menemukan harga motherboard yang terjangkau dengan cepat dan efisien.