13 Wearable Device Yang Bisa Dikenakan Pada Tubuh Kita

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 04 Peb 2016 | 17:11

Jika sebelumnya teknologi hanya dapat diakses di dalam genggaman saja, kini produk dari teknologi dapat dipasangkan di tubuh, membuat penampilan kita makin stylish, namun tidak melupakan fungsi utamanya yang dapat memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Biasa disebut dengan nama Wearable.

Berkat inovasi para produsen gadget, kini wearable device semakin berkembang, hadir dengan berbagai model yang tentu saja dapat membantu keseharianmu, namun tetap bebas bergerak karena memungkinkan penggunannya memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, untuk mempercantik penampilan kamu, berikut ini adalah daftar gadget yang bisa kamu pakai di tubuh. Apa sajakah itu?

Earphone

Siapa tak kenal earphone. Alat satu ini merupakan pendamping smartphone, dapat digunakan pengguna untuk mendengarkan musik secara personal, tanpa harus mengganggu orang lain.

Teknologi earphone kian canggih. Sekarang, earphone tidak hanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik, melainkan untuk memantau aktivitas kebugaran penggunannya.

Salah satu produsen yang merilis earphone dengan kemampuan tersebut adalah Huawei, melalui earphone Talkband N1 yang dapat terhubung dengan smartphone Android dan iOS, dapat memberikan informasi mengenai jumlah langkah, jumlah kalori yang terbakar serta memiliki sertifikasi IP54 yang anti air dan debu sehingga dapat dikenakan di berbagai kondisi. Dilengkapi dengan baterai 67 mAh, earphone pintar ini dijual dengan kisaran harga 119 euro atau Rp 1.7 juta.

VR Gear

Virtual reality atau realitas maya merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan, dimana lingkungan tersebut disimulasi oleh komputer, ditiru dari lingkungan yang sudah ada atau dirancang sedemikian rupa untuk mengimajinasi penggunannya.

Untuk melihat pemandangan tersebut, diperlukan sebuah perangkat khusus, berupa kacamata dan headset yang ketersediaannya saat ini sudah semakin banyak di pasaran. Jika kamu ingin merasakan virtual reality ini, kamu dapat membeli VR Gear seperti Oculus Rift, kacamata View Master Virtual Reality dari Google, Google Cardboard dan Mattel serta Samsung Galaxy Gear VR.

Kalung Cerdas

Jika sebelumnya kalung dipakai untuk mempercantik penampilan, di era sekarang kamu dapat mengenakan kalung cerdas yang selain membuat penampilanmu menarik namun memiliki fungsi pintar untuk menunjang segala aktivitas mobile.

Kalung cerdas saat ini sudah mulai banyak tersedia. Salah satu yang paling terkenal adalah Bellabeat LEAF, yang dijual dengan harga mulai US$ 199 atau sekitar Rp 2,7 jutaan.

Kalung cerdas ini memiliki fungsi untuk memonitor tingkat stress, monitor langkah kaki bahkan dapat menghitung cycle menstruasi bagi wanita yang sedang menjalankan program kehamilan.

Smartwatch

Nah, jika perangkat ini mungkin sudah kamu miliki sekarang. Smartwatch atau jam tangan pintar saat ini sudah semakin berkembang dan tidak hanya dapat terhubung dengan smartphone saja, melainkan hadir dengan fungsi yang kaya seperti dilengkapi kamera, speaker ataupun slot SIM card.

Salah satu smartwatch keluaran terbaru yang dapat kamu beli adalah Samsung Gear S2. Smartwatch ini dibekali bodi anti karat, bezel putar, dilengkapi fitur S-Health, konektivitas yang lengkap serta dapat terhubung dengan berbagai aplikasi sosial media.

Helm Pintar

Bagi para pengendara motor, kamu pun dapat menggunakan helm pintar sekarang. Contohnya seperti helm pintar Skully AR-1, hadir dengan konsep full-face, mampu membantu pengguna untuk melacak jalan, menerima pemberitahuan, menerima perintah suara dan mengeluarkan musik untuk menemani pengendara saat di perjalanan.

Jika tertarik dengan Skully AR-1, kamu sendiri dapat mengikuti penggalangan dana melalui situs IndieGoGo dan menyiapkan budget sebesar US$ 1.399 atau sekitar Rp 17 jutaan.

Alat Relaksasi Otak

Wearable selanjutnya adalah alat relaksasi otak, dapat bekerja untuk mengukur tingkat stress secara real-time, memberikan meditasi agar otak kamu rileks serta dapat dihubungkan ke dalam smartphone dengan memanfaatkan Bluetooth. Salah satu alat yang kini tersedia di pasaran adalah Muse, berbentuk seperti hiasan rambut bando yang pemasangannya sendiri dilakukan di kepala. Dengan Muse, kamu dapat melakukan meditasi selama 3 menit, memungkinkan kamu merasa rileks, mendapatkan mood positif serta mengurangi stress. Muse sendiri dijual US$ 299 atau sekitar Rp 4 jutaan dan pengguna akan mendapatkan aplikasi pendamping yang dapat dijalankan di perangkat berbasis Android dan iOS.

Baca juga: Beginilah Spesifikasi Resmi Smartwatch Fossil Q Founder

Pencatat Data Medis Pasien

Sekarang sudah tidak jaman mencatat riwayat dan kondisi pasien pada secarik kertas. Para pelaku medis saat ini dapat menggunakan wearable device untuk mencatat data pasien, seperti HealthPatch MD yang dilengkapi dengan biosensor serta 3 axis accelerometer untuk memonitor detak jantung pasien, pernafasan, temperatur, langkah, sampai mendeteksi posisi tubuh saat seorang pasien terjatuh.

Kamera Selip

Setiap smartphone umumnya dilengkapi dengan fungsi kamera yang baik. Namun, dengan menggunakan wearable kamera, aktivitas kamu akan lebih bebas saat beraktivitas sembari memotret dan merekam semua hal yang ada di hadapan mata.

Contohnya menggunakan kamera selip bernama MeCam Classic yang ukurannya sendiri hanya 2 inch saja, berbentuk layaknya pin yang dapat ditempelkan di pakaian, dipadukan dengan kalung ataupun aksesoris pakaian lainnya. Dijual seharga US$ 69.99 atau sekitar Rp 900 ribuan, kamera ini dapat digunakan untuk memotret dan merekam video dalam kondisi gelap karena dilengkapi dengan fitur Infrared, dapat merekam video beresolusi 1080p @15fps dan 720p @30fps serta memiliki internal storage 32 GB.

Smartband

Selanjutnya adalah smartband, merupakan gelang pintar yang secara khusus dapat difungsikan untuk  mencatat berbagai aktivitas, dilengkapi notifikasi dan remote musik. Salah satu smartband yang ada di pasaran yaitu Sony SmartBand SWR10, memiliki sertifikasi anti air, dilengkapi kancing bermaterial logam, LED dan warna yang beragam.

Untuk  menggunakannya, pengguna perlu menginstall aplikasi pendukung ke dalam smartphone. Sementara itu, smartband ini akan mengirimkan notifikasi pada kamu misalnya saat smartphone ketinggalan, alarm, cuaca dan aktivitas olahraga.

Cincin Cerdas

Selain gelang dan kalung pintar, kamu pun dapat  menggunakan cincin cerdas. Salah satu perangkat yang sudah ada di pasaran adalah O Ring, mempunyai spesifikasi layar OLED Monokrom dan kapasitas baterai 40 mAh.

O ring sendiri bekerja dengan memanfaatkan Bluetooth, dapat disambungkan ke dalam smartphone untuk memberikan berbagai pemberitahuan kepada penggunannya secara real time.

Fitness Tracker

Sementra fitness tracker biasanya berbentuk gelang, namun memiliki fungsi khusus yaitu untuk memonitor aktivitas olahraga, seperti langkah saat berjalan, kualitas tidur sampai detak jantung.

Fitness tracker saat ini banyak tersedia di pasaran, salah satu yang terkenal adalah Fitbit Flex yang jika kamu menggunakannya, maka kamu harus mengunduh aplikasi pendamping untuk mengakses berbagai data yang diterima perangkat.

Sepatu Pintar

Wearable berikutnya adalah sepatu pintar, yang tentu saja di dalamnya dilengkapi berbagai sensor untuk memantau aktivitas pengguna saat berjalan kaki atau berlari kemudian data tersebut akan dikirimkan ke dalam smartphone.

Salah satu sepatu pintar yang kini sedang dikembangkan dan memiliki kemampuan di atas dibuat oleh Xiaomi, bekerja sama dengan produsen sepatu asal Tiongkok, Li Ning. 

Celana Pintar

Salah satu produsen celana olahraga adalah Athos. Celana ciptaannya memiliki kemampuan untuk mendeteksi aktivitas otot dan organ vital pemakainya ketika bergerak dan berolahraga. Teknologi yang ada di dalamnya juga akan memberikan banyak informasi mengenai kualitas latihan yang sudah dijalani, memberitahu apa saja yang kurang dan kemajuan yang sudah dicapai.  

Banyak sekali bukan, wearable device yang saat ini dapat kamu beli dan gunakan? So, jika kamu tertarik, tentu saja kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget.

Baca juga artikel
Fitbit Kenalkan Smartwatch Pertamanya, Fitbit Blaze
Omate Rise, Smartwatch Android Lollipop Murah
Habis Smartwatch, Terbitlah Rufus Cuff Wrist Communicator, Harga Rp 3 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar