Diperbaharui pada Senin, 28 Agustus 2023 | 13:57

Review Samsung Galaxy Watch6, Lebih Ramping, Baterai Awet!

harga samsung galaxy watch6

Samsung kembali meluncurkan perangkat jam tangan pintar terbarunya baru-baru ini, yaitu Samsung Galaxy Watch6 Series yang terdiri dari dua model, Galaxy Watch6 (40mm, 44mm) dan Galaxy Watch6 Classic (43mm, 47mm).

Kedua smartwatch Samsung terbaru ini dibekali dengan berbagai fitur yang berfokus untuk memberikan pengalaman kesehatan yang lebih personal kepada penggunanya, termasuk fitur Sleep Coaching yang kini sudah tersedia.

Dari segi desain, Samsung Galaxy Watch6 Series juga membawa perubahan yang signifikan bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu layar yang 20% lebih besar, serta bezel yang 30% lebih ramping. Membuat tampilannya minimalis, namun tetap berkelas.

Tim redaksi Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung Samsung Galaxy Watch6 Series terbaru ini, untuk mengetahui lebih jauh apa saja yang menjadi keunggulannya. Pada artikel ini, kami mengulas unit Samsung Galaxy Watch6 varian 40mm.

Unboxing

harga samsung galaxy watch6

Tampilan kotak dari Samsung Galaxy Watch6 40mm sangat minimalis, dengan warna dominan putih, gambar unit di bagian tengah, serta beberapa tulisan branding Samsung dan produknya.

Pada bagian dalam, terdapat satu unit jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch6 dengan warna Beige, buku panduan, serta charging dock type-c. Proses pairing ke smartphone cukup cepat.

Desain dan Tampilan Layar

harga samsung galaxy watch6

Ketika pertama kali mendapatkan unit Samsung Galaxy Watch6 40mm, kesan pertama yang saya rasakan adalah “mungil sekali”. Wajar, karena memang varian yang saya ulas ini adalah varian dengan ukuran terkecil.

Bila melihat desainnya, jujur saya berpendapat bahwa smartwatch Samsung ini terlihat sedikit feminim, apalagi dengan ukuran pergelangan tangan saya yang kebetulan memang besar, sehingga kesan “mungil” tersebut jadi lebih terasa. Dan kebetulan lagi, warna yang saya dapat adalah Beige.

Sebagai pengguna Samsung Galaxy Watch generasi pertama, saya melihat perbedaan yang sangat jauh baik dari segi desain maupun tampilan dari smartwatch Samsung ini. Misalnya pada layar, yang walaupun terlihat mungil, namun tampilannya cukup luas.

harga samsung galaxy watch6

Selain itu, sistem penguncian talinya juga mengalami perubahan yang menurut saya sangat signifikan, dari yang sebelumnya digeser, kini hanya perlu ditekan saja, maka tali akan terlepas dari frame smartwatch.

Untuk layarnya sendiri, unit yang saya ulas adalah varian 40mm dengan layar berukuran 1.3 inci, sama dengan ukuran layar pada Samsung Galaxy Watch generasi pertama yang saya miliki.

harga samsung galaxy watch6

Material pada tali Samsung Galaxy Watch6 40mm sangat lentur dan halus, sehingga cukup nyaman ketika saya pakai untuk beraktivitas dari siang hingga malam hari. Pergelangan lengan juga tidak mudah berkeringat.

Layarnya menggunakan kaca Sapphire Crystal yang cukup tangguh. Saya mencoba menggoresnya dengan uang koin dan kunci, dan memang terbukti, daya tahan kacanya kokoh, karena tidak meninggalkan bekas goresan sedikit pun.

Selain itu, Samsung Galaxy Watch6 40mm ini juga sudah mendapatkan rating IP68 dan 5ATM, jadi ketika saya tes dengan percikan air, pengunaannya tetap aman. Bahkan saat layar sedikit basah, responnya masih terbilang baik.

Performa

harga samsung galaxy watch6

Smartwatch Samsung terbaru ini ditenagai oleh chipset Exynos W930, dengan tampilan sistem operasi Android Wear OS 4, dan tampilan antarmuka One UI Watch 5. Bagi saya, performa dari Samsung Galaxy Watch6 40mm ini sangat bisa diandalkan.

Hal pertama yang saya perhatikan adalah responnya yang cepat ketika akan berpindah dari satu fungsi ke fungsi lainnya. Respon layarnya sangat baik. Selain itu, karena saya sering mendengarkan lagu dari smartphone, kontrol media player pada smartwatch ini juga sangat memudahkan.

Fitur-Fitur

harga samsung galaxy watch6

Samsung Galaxy Watch6 40mm dibekali dengan banyak fitur yang berfokus pada olahraga dan kesehatan. Namun salah satu fitur yang paling memancing rasa penasaran saya adalah pemantau tidurnya.

Smartwatch Samsung ini dilengkapi dengan akses Sleep Coaching yang cukup bermafaat bagi saya, yang kerap tidur larut malam, karena fitur ini menyediakan berbagai tips yang bisa membantu saya dalam memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

Untuk fitur olahraganya, Samsung Galaxy Watch6 40mm mendukung hingga 90 jenis olahraga, namun karena saya lebih suka berjalan kaki, maka fitur untuk berjalan kaki ini yang paling saya maksimalkan. 

Perhitungannya sendiri cukup akurat, dan saya terbantu sekali untuk memantau progress jalan kaki saya selama 3 hari menggunakan smartwatch ini.

Fitur-fitur lain yang saya gunakan di antaranya adalah pemantau detak jantung dan tekanan darah, yang bila saya bandingkan dengan hasil dari alat pengukur tensi milik saya, tidak terlalu jauh perbedaannya. Cukup akurat.

Beralih ke fitur keselamatannya, Samsung Galaxy Watch6 40mm ini dibekali dengan fitur bernama Fall Detection, yang akan secara otomatis mendeteksi apabila kita terjatuh. 

Saya beberapa kali menguji fitur ini dengan menjatuhkan diri ke matras secara tiba-tiba, dan smartwatch langsung bertanya apakah saya memerlukan bantuan. Dari 6 kali percobaan yang saya lakukan, 2 di antaranya langsung mengaktifkan fitur keselamatan ini.

Daya Tahan Baterai

harga samsung galaxy watch6

Samsung Galaxy Watch6 40mm memiliki daya tahan baterai yang bagi saya cukup mengagumkan. Smartwatch ini dibekali baterai berkapasitas 300 mAh. Saya melakukan pengisian pada hari Sabtu pagi hingga baterai terisi 100 persen.

Sejak pengisian tersebut, saya tidak melakukan pengisian lagi, dan bila tidak digunakan, smartwatch selalu dalam keadaan siaga. Hingga Senin pagi, indikator baterai menunjukkan sisa daya 9%. Bagi saya, ketahanan daya baterai ini sangat baik.

Kesimpulan

Setalah menggunakan Samsung Galaxy Watch6 40mm selama kurang lebih 3 hari, saya berpendapat bahwa smartwatch Samsung terbaru ini merupakan perpaduan baik dari desain, fitur, dan performa.

Dari segi desain, material tali yang digunakan sangat nyaman, dan layarnya yang menggunakan kaca Sapphire Crystal mampu memberikan tampilan yang tajam dan akurat, serta respon yang cepat.

Namun di atas semua itu, daya tahan baterainya sangat bagus, karena membuat smartwatch ini bisa diandalkan untuk menemani beraktivitas. Dengan banderol harga mulai dari Rp 3 jutaan, Samsung Galaxy Watch6 Series ini memberikan performa yang sebanding.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.