ASUS Zenfone 3 Zoom Siap Dirilis Saat CES 2017 dan Sudah Lolos TKDN

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 29 Des 2016 | 03:18

Tahun 2016 ini, ASUS kembali menghadirkan varian baru penerus Zenfone 2, ASUS Zenfone 3. Smartphone Android ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, baik dari sisi desain, mesin hingga kamera. Perubahan yang dihadirkan tersebut, membuat Zenfone series terbaru ini siap bersaing dengan smartphone berkualitas lainnya.

Sama seperti Zenfone 2, ASUS Zenfone 3 juga memiliki varian dibawahnya. Tidak tanggung-tanggung, ASUS juga memperkenalkan varian Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Ultra dan Zenfone 3 Max di tahun 2016 ini. Kesemua varian tersebut mengusung spesifikasi-spesifikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Namun, ternyata perusahaan asal Taiwan ini masih belum selesai menghadirkan varian Zenfone 3. Pasalnya, masih ada varian ASUS Zenfone 3 Zoom yang muncul dalam web TENAA dan sudah lolos FCC. Yang menarik, tidak hanya lulus FCC dan TENAA, varian ponsel ini juga sudah lulus uji sertifikasi TKDN di Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Dengan kabar ini, perlahan tapi pasti produk terbaru ASUS ini siap dirilis. Apalagi, baru-baru ini ASUS telah merancanakan sebuah acara “Zennovation” dalam ajang CES 2017 yang diduga sebagai acara peluncuran produk baru ASUS, termasuk varian Zenfone 3 Zoom.

Dalam keterangan resminya di Web ASUS, Perusahaan elektronik ini berencana akan menghadirkan dua event pada dua tempat di hari yang sama. ASUS akan menghelat acara di Ceasars Palace di Las Vegas dan bertempat di Trump International Hotel untuk acara ASUS Media Lounge. Dalam kedua acara tersebutlah diduga akan dirilisnya varian ASUS Zenfone 3 Zoom.

Perangkat ASUS Zenfone 3 Zoom sendiri sudah dirumorkan sejak lama. Sayangnya hingga saat ini ASUS tidak menghadirkan keterangan apapun atau detail apapun mengenai smartphone terbaru ini. Namun, berkat bocoran awal bulan di web TENNA dan FCC, tampak perlahan smartphone Android terbaru ASUS ini mulai terkuak. Dalam bocoran singkat tersebut tampak jelas, smartphone ini akan mengusung teknologi kamera terbaru. Bahkan dalam bocoran di laman TKDN, ASUS Zenfone 3 zoom yang menggunakan nomer model Z01HD akan menggunakan kamera ganda di bagian bodi belakang, mirip yang dihadirkan ponsel Apple pada iPhone 7 Plus.

Pada sektor kamera, ASUS akan menggunakan dual kamera berteknologi tinggi. Sayangnya, belum jelas detail kamera ini. Dalam laporan TENAA dan FCC disebutkan bahwa ASUS menggunakan kamera 16 MP dan 13 MP di bagian dual kamera. Namun, ada juga laporan yang menyebutkan dual kamera 20 MP dan 16 MP. Yang pasti, kamera belakang ini akan dibekali dual kamera dan teknologi autofocus terbaru. ASUS juga tidak lupa menghadirkan fitur 2x Optical Zoom sesuai daftar di TENNA. Sementara itu, untuk kamera depan, ASUS menggunakan kamera depan 13 MP.

Pada bagian desain, memang diperkirakan tidak akan banyak berbeda dibanding varian Zenfone 3. Yang berbeda, smartphone kamera terbaru ini menggunakan dimensi yang lebih besar yakni 154,3 x 77 mm dengan tebal 7,99 mm. Ponsel ini akan semakin kokoh dan mewah karena menggunakan bodi Aluminium.

Untuk bagian layar, ASUS Zenfone 3 Zoom akan mengusung layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci. Layar ini disokong panel AMOLED dan resolusi layar 1920 x 1080 pixels. Penggunaan panel AMOLED ini membuat tampilan layar kian jelas dan detail. Tidak hanya itu, layar pun lebih hemat baterai.

Pada bagian mesin, Ponsel Android 4G LTE ini akan menggunakan mesin kelas menengah yang cukup tangguh. ASUS membekali chipset Qualcomm Snapdragon 625. Prosesor octa-core ini akan disokong dengan RAM pilihan 2, 3 atau 4GB. Dengan pilihan RAM ini membuat pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, untuk penyimpanan data, tersedia pilihan memori internal 16, 32 dan 64GB. Dengan pilihan ini membuat harga smartphone kian bervariasi.

Pada bagian sistem operasi, ponsel ASUS Zenfone 3 Zoom menggunakan sistem yang cukup update yakni OS Android Marshmallow dengan ZenUI. Namun, banyak yang berharap kalau ASUS menggunakan sistem Android terbaru, Android Nougat. Untuk sistem keamanan. Tidak lupa, ASUS menghadirkan sensor sidik jari yang terletak pada bodi bagian belakang. ASUS juga dikabarkan menghadirkan sensor pemindai mata. Kedua sensor ini diharapkan akan menjaga data ponsel tetap aman. Terakhir untuk baterai, ASUS akan menggunakan baterai cukup besar 4850 mAh.

Rumor ASUS Zenfone 3 Zoom akan segera dirilis kian kuat setelah ASUS juga merilis video teaser berjudul Zennovation untuk even CES 2017. Tidak hanya itu, hadir juga teaser baru di Twitter yang kian mengkonfirmasi ponsel Zenfone terbaru mendatang akan mengusung fitur kamera ganda bahkan pemindai mata.

Baca juga artikel:
25 Alasan Beli ASUS ZenFone 3 ZE552KL Terbaru di Indonesia
Mengenal Teknologi Kamera Asus ZenFone 3 ZE552KL yang Buat Foto Jadi Bagus
Rumor Asus Zenfone 3 Zoom Akan Dibekali Dual Kamera Mirip iPhone 7 Plus

Artikel Lainnya

Komentar