Daftar Kamera Digital Terbaik Versi TIPA 2016

Daftar Kamera Digital Terbaik Versi TIPA 2016

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 19 Apr 2016 | 15:43

Baru-baru ini TIPA (Technical Image Press Association) yang merupakan asosiasi majalah dan publikasi fotografi internasional mengeluarkan daftar kamera digital, lensa dan aksesosir untuk fotografi terbaik yang hadir selama April 2015 hingga April 2016.

Dalam daftar ini, TIPA memilih berbagai kamera dari kelas pemula, kelas mirrorless hingga kelas premium. Penjurian dilakukan oleh seluruh anggota TIPA dari seluruh dunia. Lalu, apa saja daftar kamera digital terbaik di tahun 2016 ini?

Berikut kamera digital terbaik 2016

Kamera DSLR Pemula Terbaik: Sony A68

Kamera DSLR ini menjadi pilihan terbaik untuk pemula. Walaupun untuk pemula, Sony A68 hadir dengan teknologi dan fitur yang mumpuni semisal sensor 24,2 APS C Exmor CMOS. Sensor ini dibekali prosesor BIONZ X yang dikombinasikan dengan ISO 25600. Tak heran, kamera ini bisa menangkap gambar dan merekam video dengan lebih detail dan tajam.

Sony juga menghadirkan teknologi Sony Translucent Mirror dan teknologi phase detection Autofocus, alhasil kamera DSLR Entry-level ini bisa menangkap gambar dengan lebih cepat dan fokus. Hadir dengan viewfinder OLED dan LCD Tilting, kamera ini nyaman digunakan kala membidik subjek.

Kamera DSLR Full Frame Terbaik: Pentax K-1

Dikelas kamera DSLR Full Frame, Pentax K – 1 memang layak dipilih. Kamera ini hadir dengan sensor 36,4 MP Full Frame CMOS. Sensor ini semakin andal dengan sokongan prosesor gambar Prime 4. Dengan tambahan ISO 204.800, kamera ini bisa menangkap momen di konsisi gelap dengan jelas tanpa noise. Ada juga teknologi Anti Aliasing, optical low-pass, dan AA Filter untuk mengurangi blur dan noise pada hasil foto serta video. Bahkan, Pentax memasang 5 axis shake reduction yang membuat kamera lebih stabil. Kamera ini juga dibekali teknologi audio yang baik sehingga semakin handal untuk merekam video.

Kamera DSLR Profesional Res Terbaik: Canon 5DS

Bagi kamu yang mencari kamera DSLR premium, Canon 5DS bisa dipilih. Dalam seri ini, Canon menghadirkan teknologi baru dan upgrade yang cukup banyak. Kamera ini menghadirkan sensor full frame 50,6 MP CMOS. Alhasil, kamera ini bisa mengambil gambar dengan resolusi ultra tinggi. Dengan tambahan prosesor Dual DIGIC 6, kamera ini bisa mengambil gambar dengan lebih cepat dan berkualitas. Kamera ini juga dibekali teknologi EOS Scene Detection System yang membuat esposure dan warna yang dihasilkan lebih sempurna.

Kamera Mirrorless Pemula terbaik: FujiFilm X – T10

Dikelas mirrorless, kamera Fujifilm X – T10 menjadi yang terbaik versi TIPA 2016. Kamera ini hadir dengan sistem electronic viewfinder terbaik. Kamera ini dibekali sensor 16 MP CMOS APS – C X-trans. Kamera ini dibekali pula prosesor EXR II yang membuat kamera bisa menangkap gambar dengan lebih baik. Tak lupa terpasang ISO 51200 yang membuat kamera bisa digunakan di kondisi kurang cahaya. Hadir dengan bodi magnesium, Fujifilm juga menghadirkan tombol yang nyaman digunakan. Tak heran, kamera ini cocok untuk kamu yang sedang belajar fotografi.

Baca juga: Harga Kamera DSLR Terlengkap Bulan April

Kamera Mirrorless Profesional terbaik : Sony A7R mark II

Sony memiliki kamera mirrorless dengan teknologi terbaik dalam seri A7. Bahkan dalam seri A7R Mark II menjadi kamera mirrorless professional terbaik. Kamera ini hadir dengan sensor Back Illuminated full frame 42,4 MP. Tak heran, kamera ini bisa merekam video 4K dan foto resolusi tinggi. Sony bahkan menghadirkan teknologi Hybrid Autofocus dan 5 Axis Image stabilization yang membuat kamera bisa menangkap gambar lebih detail dan minim noise. Menariknya, kamera ini bisa menggunakan lensa canon menggunakan adaptor.

Kamera saku kelas pemula terbaik: Canon IXUS 285 HS

Untuk kelas kamera saku, Canon IXUS 285 menjadi yang terbaik dalam TIPA 2016. Kamera berdesain kompak dan ramping ini hadir dengan sensor 20 MP CMOS disokong prosesor DIGIC. Tak heran, kamera saku ini cukup cepat kala digunakan memotret dan merekam video Full HD. Kamera ini dibelali teknologi HS hingga ISO tinggi sehingga kamera bisa digunakan memotret dikondisi redup cahaya. Hadir dengan lensa 25 mm wide angle, lensa ini memiliki kemampuan 12x optical zomm dan 24x zoomplus. Yang menarik, terdapat mode ECO yang membuat kamera semakin hemat daya ketika digunakan.

Kamera saku kelas expert terbaik: Canon Powershot G5X

Dalam daftar kamera saku terbaik TIPA 2016, terpilih Canon Powershot G5X untuk pengguna expert. Kamera saku ini hadir dengan desain solid disokong electronic viewfinder yang membuat pengoperasian kamera semakin mudah. Kamera saku terbaik ini hadir dengan sensor 20,2 MP 1 inch CMOS. Kamera ini juga hadir dengan teknologi 4,2 x optical zoom, 4x digital zoom dan 17x combined soom dengan Optical image stabilizer.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar kamera terbaik TIPA 2016 di berbagai kelas:

  • Kamera DSLR Pemula Terbaik : Sony A68
  • Kamera DSLR APSC Terbaik : Nikon D500
  • Kamera DSLR Full Frame Terbaik : Pentax K–1
  • Kamera DSLR Profesional/Aksi Terbaik : Nikon D5
  • Kamera DSLR Profesional/High Res Terbaik : Canon 5DS
  • Kamera Foto/Video Kelas Pro Terbaik : Canon 1DX Mark II
  • Kamera Mirrorless Pemula Terbaik: Fujifilm X-T10
  • Kamera Mirrorless Kelas Advance Terbaik: Olympus OM-D E-M10 Mark II
  • Kamera Mirrorless Kelas Ahli Terbaik: Fujifilm X-Pro2
  • Kamera Mirrorless Kelas Profesional terbaik: Sony A7R Mark II
  • Kamera Saku Kelas Pemula Terbaik: Canon IXUS 285 HS
  • Kamera Saku Kelas Expert Terbaik: Canon PowerShot G5 X
  • Kamera Fixed Full Frame Terbaik: Sony RX1R mark II
  • Kamera Superzoom Terbaik: Panasonic LUMIX DMC-FZ300/FZ330
  • Kamera Saku Waterproof Terbaik: Olympus Stylus Tough TG–870
  • Kamera Camcorder Terbaik: Panasonic HC-WXF991
  • Kamera Premium Terbaik: Leica SL
  • Kamera Medium Format Terbaik: Phase One XF 100MP
  • Kamera Drone Terbaik: Yuneec Typhoon Q500 4K

Baca juga artikel:
Panasonic Hadirkan Kamera Mirroless Terbaru Dengan Sensor 16 MP, Lumix DMC-GX85
Sony Hadirkan Kamera Super-Zoom, Sony Cyber Shot RX10 III
5 Pilihan Kamera Digital Sejutaan Terbaik

Artikel Lainnya

Komentar