AMD Project Quantum, Mini PC Gaming

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 24 Jun 2015 | 11:36

Kini adalah jamannya PC desktop dengan ukuran yang lebih kecil tetapi lebih bertenaga. Trend ini berpengaruh pada menurunnya penjualan desktop PC dengan ukuran normal yang biasanya menghabiskan space pada ruangan Kamu dan juga meningkatnya penjualan Mini PC. Melihat trend ini maka AMD sebagai salah satu produsen prosesor dan juga komponen PC mengembangkan sebuah mini PC yang mempunyai ukuran setara dengan sebuah kotak bekal atau kota camilan snack pada acara hajatan. Namun jangan salah, ada mesin yang gahar di dalam kotak yang kecil tersebut dan diklaim mampu melawan Intel NUC.

Lantas apa yang ditawarkan oleh AMD dengan mini PC-nya yang diberi nama AMD Project Quantum tersebut. Senjata utama dari AMD Project Quantum tersebut adalah mesin grafis yang gahar. Pada body AMD Project Quantum yang mungil, terdapat dual mesin grafis Radeon R9 Fury X. mesin grafis ini mampu menghandle input video dengan kualitas 4K dan kecepatan 60fps.  Tak hanya itu, AMD Project Quantum juga mendukung DirectX 12, Open GL 4.5 dan jga Mantle.

Baca jugaAlienWare Area 51 Gahar Dengan RAM 16GB dan Intel Core i7

Dengan spesifikasi semantap itu, AMD Project Quantum paling cocok dipergunakan untuk bermain game-game berat yang membutuhkan refresh rate dan resolusi gambar tinggi. Perangkat ini juga cocok untuk menjajal game virtual reality serta video dengan resolusi 2K/4K. Fokus pada pengolahan grafis memang adalah senjata utama AMD  yang selalu lebih unggul dalam bidang grafis, dibandingkan dengan Intel.

Karena menekankan bidang grafis dan diperuntukan untuk gaming, maka chipset yang ditanamkan di dalam AMD Project Quantum adalah jajaran chipset bertenaga yang tentunya menghasilkan panas yang berlebih akibat clockspeed tinggi dan juga fitur hyperthreading-nya, belum lagi panas dari Radeon R9 Fury X.

Baca jugaSeri terbaru Game DOOM siap dirilis pada musim semi tahun 2016  

Oleh sebab itu, AMD memikirkan sebuah pendinginan yang efektif untuk membuang panas dari seluruh bagian hardware AMD Project Quantum, yaitu dengan dual cooling system yang terdiri dari pendinginan pada bagian dasar yang meliputi motherboard, mesin grafis,  dan semua hardware, dan satunya lagi adalah pendinginan berbasis air.  Air dari bagian bawah dipompa ke bagian atas untuk proses pendinginan kemudian dipompa lagi ke bawah untuk menjada suhu semua hardware dalam kondisi optimum selama dipergunakan.

Yang menarik, AMD Project Quantum adalah buatan AMD, biasanya hanya memakai chipset AMD saja, namun AMD memberikan pilihan apakah konsumen ingin mempergunakan chipset AMD (yang biasanya dibanderol lebih murah) atau dengan chipset i7 yang lebih mahal. Muncul akhir tahun ini, Kamu harus menabung cukup uang untuk membelinya karena mesin grafisnya saja seharga $649 (kisaran Rp 8,6 juta), bisa dibayangkan berapa nanti harga keseluruhan AMD Project Quantum ini.

 

Baca juga artikel

Monitor 4K Berfitur Freesync Pertama dari LG Sudah Bisa Dibeli

Asyik, Gran Turismo 7 Akan Dirilis Lebih Cepat

Fitur-fitur yang Akan Hilang Bila Menggunakan Windows 10

Artikel Lainnya

Komentar