GIADA F110D Mini-PC Tanpa Kipas dengan RAM 4GB

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 28 Apr 2015 | 18:52

Mini PC merupakan sebuah perangkat komputer alternatif untuk pengguna yang membutuhkan komputer dekstop yang irit daya dan hemat ruang. Jenis produk ini semakin banyak di pasaran karena tampaknya kebutuhan produk ini ternyata cukup tinggi. Hal ini  pun dilihat sebagai peluang oleh para vendor dalam menghadirkan sebuah Mini PC.

Salah satu produsen yang cukup gencar menghadirkan Mini Pc adalah Giada. Perusahaan ini sering membuat produk Mini PC dan beberapa komputer server untuk menengah ke bawah. Salah satu produk Mini PC terbarunya adalah F110D. Produk ini merupakan sebuah komputer mini yang dihadirkan tanpa kipas. Selengkapnya tentang produk ini, bisa disimak berikut ini.

Desain

F110D hadir dengan bentuk persegi panjang dengan desain warna hitam. Bentuknya sangat kompak dengan dimensi ukuran 190 x 149 x 26mm.  Dari bentuk dan desainnya, tampak bahwa produk ini dihadirkan untuk pengguna yang memang membutuhkan perangkat komputer mini yang tidak menghabiskan banyak ruang. Selain itu, ketiadaan kipas membuat produk ini akan bebas dari suara putaran kipas yang kadang cukup menganggu.

Prosesor

Komputer Mini ini dibekali dengan prosesor Intel Celeron. Tenang saja, prosesor Intel Celeron yang digunakan adalah tipe Intel Celeron dengan teknologi terbaru. Ada dua tipe prosesor yang digunakan pada produk karena menggunakan dua tipe prosesor yang berbeda. Yang pertama, adalah tipe F110D-BB000 yang hadir dengan prosesor Intel Celeron N2807 dengan TDP 4.3W. Tipe kedua adalah F110D-BD000 yang menggunakan prosesor  Intel Celeron J1900 dengan TDP 10W. Kedua prosesor ini dibangun dengan teknologi yang disebut BayTraill dengan kode Silvermont yang berbasis fabrikasi 22nm.Hardware

Untuk hardware lainnya, produk ini dilengkapi dengan spesiifkasi yang cukup mumpuni. Ada RAM DDR3 berkapasitas 4GB. Pengguna juga bisa memilih menggunakan RAM 8GB atau 16GB.  Tersedia pula media penyimpanan SATA II Tipe HDD dan juga mSATA II Tipe SSD. Didalamnya juga terdapat dua slot ekspasi mini-PCIe, dengan satu ukuran separuh dan satu ukuran penuh.

Port

Terdapat juga port yang cukup lengkap di produk ini. Sebut saja port untuk DVI-I video dan Display Port jack. Ada juga port audio output serta dukungan 4-in-1 card reader yang memungkinkan pengguna memasukan beragam memory card.  Untuk port USB, ada dua tipe. Pertama adalah port USB versi 3.0 dengan satu buah port dan yang kedua adalah port USB  versi 2.0 dengan empat buat port.  Selain itu, Giada juga menyematkan konektivitas seperti kartu jaringan nirkabel N, Ethernet controller dan juga Bluetooth.

Sistem Operasi

Produk ini tidak hadir dengan sistem operasi bawaan. Namun, produk ini mendukung sistem operasi Windows 7 dan Windows 8. 1. Bahkan, produk ini juga mendukung sistme operasi Linux.

Kesimpulan

Mini PC F110D dari Giada merupakan pilihan tepat untuk pengguna yang membutuhkan perangkat yang tidak berisik. Sangat cocok untuk digunakan di lingkungan kantoran, di tempat yang membutuhkan suasana hening, di rumah sakit, bank, ataupun berbagai tempat yang membutuhkan perangkat komputer dengan daya listrik yang rendah. Untuk ketersedian barang dapat dilihat di sini http://www.lazada.sg/giada/ atau di http://sympacindonesia.indonetwork.co.id/.

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menari

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar