4 Cara Nonton Youtube di TV dengan Mudah dan Murah

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 14 Okt 2019 | 11:05

cara nonton youtube di tv

Menonton video Youtube mungkin sering kita lakukan melalui hp, tablet, PC atau laptop. Tapi menonton video di Youtube melalui layar yang lebih besar tentu akan lebih mengasyikkan, dalam hal ini adalah perangkat TV

Karena di zaman yang semakin maju ini, kita sudah bisa menonton Youtube di TV dengan mudah. Namun, untuk bisa langsung nonton Youtube di TV dibutuhkan perangkat yang sudah kompatibel, yaitu Smart TV. Dan tentu saja harga Smart TV masih terbilang mahal. 

Tapi tidak perlu gusar, karena kita masih bisa memanfaatkan smartphone dan TV yang sudah di miliki meski bukan Smart TV. Jadi kita tidak harus mengganti TV lama dan membeli Smart TV yang harganya mahal itu. 

Cara nonton Youtube di TV lama dapat dilakukan dengan langkah yang mudah. Meski tetap dibutuhkan beberapa perangkat lain, namun harga yang dikeluarkan jauh lebih murah ketimbang membeli Smart TV terbaru. Dan hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda memiliki koneksi internet. 

Cara Menonton Youtube di TV

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara menonton Youtube di TV, berikut langkah mudahnya dengan menggunakan hp, tablet, PC, dan laptop :

1. Pakai Kabel HDMI

hdmi buat nonton youtube di tvKabel HDMI adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menonton Youtube di TV. Cara nonton Youtube di TV menggunakan kabel HDMI menjadi langkah mudah dan hanya membutuhkan biaya yang sangat murah. Anda cuma perlu membeli kabel HDMI saja untuk menyambungkan perangkat yang dimiliki ke TV.

Bagi yang belum tahu, port HDMI terbagi atas 3 tipe, pertama adalah tipe A atau reguler HDMI yang biasa digunakan untuk menyambungkan perangkat konsol ke TV, kedua adalah tipe C atau mini HDMI, yang bisa digunakan untuk menyambungkan TV ke smartphone dan tablet.

Terakhir adalah tipe D atau micro HDMI yang fungsinya sama dengan tipe C yaitu untuk membantu menyambungka smartphone dan tablet ke tv. Untuk menggunakan kabel HDMI sendiri sangat mudah.

Cukup colokkan kabel HDMI ke smartphone, tablet, PC, atau laptop yang sesuai, lalu colokkan juga sisi lainnya dengan TV. Lalu tunggu sebentar sampai kedua perangkat tersebut saling terhubung.

Satu hal yang mesti diperhatikan adalah, sebelum membeli kabel HDMI, cek port apa yang digunakan oleh perangkat. Lalu pilih jenis yang sesuai, kalau sulit, coba cari konektor yang bisa membantu menyambungkan kabel HDMI dengan perangkat.

2. Pakai Chromecast

Chromecast buat nonton youtube di tv
Chromescast bukanlah barang baru di pasaran produk gadget. Walau pada kenyataannya, di Indonesia belum banyak orang yang mengenal perangkat yang satu ini. Padahal dongle besutan Google ini, akan sangat membantu menghubungkan smartphone Android kepada TV Anda secara wireless.

Fungsi dari Chromecast sendiri adalah membantu pemilik produk Android untuk menampilkan tampilan layar smartphone ke dalam TV. Jadi, apa pun Anda tonton melalui Youtube di smartphone, maka dengan Chromecast, tampilannya bisa ditampilkan juga ke TV, jadi kita bisa lebih puas melihatnya.

Menggunakan Chromecast juga cukup mudah. Pertama colokkan chromecast Anda ke Port HDMI yang ada di TV, kemudian sambungkan dongle itu dengan jaringan yang sama melalui smartphone Android. Selanjutnya instal aplikasi Chromecast di Play Store, lalu pindah saluran dari TV ke HDMI, dan Chromecast sudah bisa digunakan untuk nonton Youtube di TV.

3. Gunakan Miracast

Miracast untuk nonton youtube di tvCara selanjutnya bisa dibilang mirip dengan menggunakan Chromecast, yaitu menyambungkan TV dan smartphone menggunakan perangkat yang bernama Miracast. Fungsi Miracast juga sama dengan Chromecast, yaitu untuk mirroring layar smartphone ke TV seperti Youtube-an.

Untuk mulai menggunakan Miracast, Anda harus menyolokkan perangkat ini dulu ke TV. Lalu lakukan perubahan settingan di smartphone Android, dengan masuk ke menu setting, pilih display, lalu pilih "wireless mirroring or cast screen". Terakhir, ubah setting yang ada ke posisi On.

Tunggu sebentar sampai muncul daftar jaringan dari perangkat Miracast yang Anda pakai. Jika sudah muncul, pilih jaringan Miracast tersebut dan tunggu sampai smartphone Anda dan TV benar-benar terhubung. Jika berhasil, maka tampilan layar smartphone Android Anda akan muncul di TV.

4. Pakai Set Top Box

Set Top Box buat nonton tv di youtubeSet Top Box sebenarnya memopunya fungsi yang mirip dengan perangkat decoder pada layanan TV kabel atau parabola. Biasanya, Set Top Box lebih banyak digunakan pada layanan internet TV.

Di Indonesia, ada beberapa produk Set Top Box yang bisa digunakan untuk streaming video secara langsung seperti di Youtube. Walau begitu, kekurangan dari perangkat ini adalah harga jualnya yang masih cukup mahal.

Youtube-an Lebih Puas 

Itulah cara nonton Youtube di TV yang bisa Anda lakukan, mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya mengenai cara nonton Youtube di TV Sharp atau bagaimana cara nonton Youtube di TV Polytron, karena langkah di atas bisa dilakukan untuk semua tipe TV.

Dengan Youtube-an lewat TV, tentu Anda bisa lebih puas menonton video bersama-sama dengan teman, keluarga, ataupun sendiri. Sebelumnya pastikan TV di rumah Anda sudah dilengkapi dengan port HDMI dan USB agar bisa terhubung dengan perangkat tambahan yang diperlukan.

Artikel Terkait

Komentar

octaviavia53 Kamis, 21 Nov 2019 | 12:17
Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermodal 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, selain itu ada bonus untuk new member hingga 2JT , Bonus next depo hingga 1 JT, gunakan kode refferal berikut: dupa88.com/?ref=haqqi ,Buruan gabung bersama kami dupa88. net