Diperbaharui pada Jumat, 14 Oktober 2022 | 11:25

4 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Keyboard adalah salah satu perangkat paling penting pada sebuah laptop. Kalau sudah rusak, maka akan berdampak pada banyak hal, terutama aktivitas kerja atau belajar.

Sangat penting untuk mengetahui kerusakan yang umum terjadi pada keyboard laptop, termasuk mencoba mencari solusinya ketika keyboard laptop rusak.

Salah satu kerusakan keyboard laptop yang biasa terjadi adalah sebagian tombol yang tidak berfungsi atau tombol keyboard tidak bisa mengetik huruf.

Indikasinya, keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf tersebut tetap tidak dapat menerima respon sekalipun kamu sudah menekannya dengan keras.

Saat keyboard laptop kamu mengalami hal demikian, jangan buru-buru mengganti sparepart keyboard. Ada sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf.

Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak bekerja, ada kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak dapat merespon perintah karena tertumpuk oleh debu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop

Permasalahan rusaknya keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, kamu bisa restart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

3. Instal Ulang OS

Jika cara di atas, kamu juga bisa melakukan restore ulang Windows untuk pemulihan sistem. Caranya,  silahkan klik Start menu, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer.

Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard

Perbaikan lainnya adalah update driver keyboard kamu. Caranya, silahkan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device manager.

Pada menu ini, silahkan temukan driver untuk keyboard dan update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.

Cara Mengetik Saat Keyboard Laptop Rusak

On-Screen Keyboard
Dalam kondisi darurat dan keyboard laptop mengalami kerusakan, kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan mempergunakan keyboard virtual.

Secara khusus, keyboard virtual bisa dipakai oleh kamu pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan cara :

1. Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard.

2. Jika keyboard fisik kamu masih berfungsi sebagian, kamu bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.

3. Keyboad virtual juga bisa kamu akses dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa mengetik huruf. Semoga membantu!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2001 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.