Diperbaharui pada Rabu, 17 April 2024 | 15:05

10 Set Top Box Terbaik 2024, Harga Murah

10 Set Top Box Terbaik untuk Nonton Siaran TV Digital
Dirumah masih menggunakan TV model lama dan belum digital? Tidak usah khawatir, karena Anda masih bisa nonton semua siaran TV digital di rumah dengan perangkat set top box.

Set top box atau disingkat STB merupakan perangkat tambahan yang memungkinkan TV analog menerima siaran digital. Dengan set top box, TV tabung sekalipun masih bisa menikmati tayangan siaran digital.

Perangkat ini sendiri sudah banyak tersedia dan bisa dibeli secara online maupun offline. Saat ini harga set top box termurah dibanderol di bawah 200 ribu. Pilihannya bermacam-macam dengan merk yang beragam.

Untuk itu, Pricebook akan berikan rekomendasi stb yang bisa dibeli. Harga set top box ini bervariasi tergantung pada fitur dan merk.

Rekomendasi Set Top Box Terbaik

Berikut 10 rekomendasi set top box terbaik yang bisa dibeli, lengkap dengan harga set top box di 2023.

1. Set Top Box Matrix Apple

Set Top Box Matrix AppleSet top box matrix apple bisa menjadi rekomendasi set top box terbaik pertama yang bisa dipilih. Perangkat ini sendiri memiliki beberapa tipe dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keuangan Anda.

Beberapa penjual set top box matrix apple sendiri menawarkan sejumlah paket, seperti bundling dengan kabel RCA atau juga dengan kabel HDMI. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli kabel tersebut.

Di dalam box penjualan Anda akan mendapatkan unit set top box, remote, kabel rca, baterai dan kartu garansi.

2. Set Top Box Luby DVB-T2-02

Set Top Box Luby DVB-T2-02Pilihan kedua set top box yang bisa di beli adalah Luby. Salah satu keunggulan dari set top box Luby sudah mendukung resolusi layar hingga Full HD 1080p. jadi tampilan siaran makin terasa lebih nyaman di mata.

Set top box ini juga sudah mendukung HDMI 1.3 (1080P) serta memiliki fitur auto dan manual untuk memindai siaran TV digital. Anda juga bisa internetan melalui perangkat ini dengan menambahkan dongle wifi (beli terpisah).

3. Set Top Box Evinix H1

Set Top Box EviniX H1Dalam pemantauan Pricebook di beberapa penjual online, set top box EviniX H1 memiliki 2 tipe yaitu Evinix H1 yang memiliki casing besi dan memakai adaptor serta Freebox H1 yang menggunakan casing plastik tanpa memakai adaptor.

Keduanya memiliki selisih harga yang cukup lumayan, jadi pilih sesuai keinginan saja. Atau bisa memilih paketan penjualan dengan kabel pendukung, seperti HDMI atau juga dongle Wifi.

Untuk kelengkapannya terdiri dari unit set top box, remote, buku panduan, kartu garansi dan baterai.

4. Set Top Box Polytron PDV 610T2

Set Top Box Polytron PDV 610T2Lanjut ke set top box Polytron. Salah satu yang bisa direkomendasikan adalah set top box Polytron PDV 610T2. Perangkat ini memiliki bentuk yang ramping, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang untuk meletakkannya.

Untuk mengoneksikan ke TV bisa melalui kabel RCA dan juga HDMI. Set top box dari Polytron ini juga bisa dihubungkan dengan External Hard Disc dengan format file sistem FAT32 dan NTFS.

Untuk kelengkapannya terdiri dari kabel RCA, adapter, buku panduan, remote dan kartu garansi. Fitur-fiturnya ada panduan jadwal program siaran (Electronic Program Guide / EPG), pencarian saluran TV otomatis, perekam acara favorit (PVR) serta mendukung banyak format multimedia.

5. Set Top Box TANAKA DVB T2

Set Top Box TANAKA DVB T2
Set top box TANAKA DVB T2 ini diklaim lebih peka terhadap sinyal TV digital. Apalagi bila didukung dengan antena UHF yang bisa menangkap siaran dengan stabil.

Terdapat 2 output untuk terhubung ke TV lama Anda yaitu bisa menggunakan kabel HDMI atau bisa juga dengan kabel RCA. Perangkat ini juga sudah bisa digunakan untuk nonton Youtube dengan menambahkan dongle wifi. 

Dalam paket penjualan terdiri dari unit set top box Tanaka, remote dan baterai, kabel RCA serta kartu garansi.

6. Set Top Box Welhome

Set Top Box WelhomeSet top box Welhome bisa menangkap siaran TV digital  dalam format HD. Hasilnya akan lebih maksimal jika menggunakan antena luar untuk gambar yang lebih jernih.

Selain untuk menangkap siara TV digital, perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai media player untuk menonton video atau sekedar melihat foto dari harddisk.

Untuk isi paket box terdiri dari unit set top box, remote, kabel RCA dan kartu garansi.

7. Set Top Box Akari ADS 525

Set Top Box Akari ADS 525
Set top box Akari ADS 525 merupakan seri keluaran terbaru. Didalamnya sudah tertanam fitur-fitur yang menarik. Seperti fitur peringatan dini bencana alam, penerima siaran digital pada band VHF dan UHF serta mudah di upgrade lewat USB 2.0.

Perangkat ini juga dibekali fungsi EPG (Electronic Program Guide) 7 Hari, memiliki pilihan bahasa Indonesia dan Inggris, indikator level sinyal serta dapat merekam dan memutar kembali acara TV.

Resolusi layar yang didukung juga sudah mencapai Full HD 1080p dengan aspek rasio 16:9. Untuk kelengkapannya ada unit set top box, kabel RCA, remote, buku panduan dan kartu garansi.

8. Set Top Box Advance STP A01

Set Top Box Advance STP A01Advance STP A01 juga harus dihubungkan dengan antena UHF agar mendapatkan siaran digital yang jernih. Untuk terkoneksi ke TV bisa menggunakan kabel HDMI dan RCA.

Selain itu, stb TV digital ini juga bisa merekam siaran menggunakan USB dan mendukung resolusi layar hingga Full HD 1080p. Isi paket yang didapatkan yaitu unit set top box Advance, remote dan baterai, kabel RCA dan kartu garansi.

9. Set Top Box Venus Cabai Rawit T2

Set Top Box Venus Cabai Rawit T2Sama seperti set top box lainnya, Venus Cabai Rawit T2 juga memiliki garansi resmi selama 1 tahun. Jadi Anda bisa mengklaim garansi jika terjadi kerusakan pada perangkat.

Set top box ini bisa juga dihubungkan dengan antena lama, tidak harus beli baru. Meski demikian, kualitas gambar tetap jernih dan nyaman di mata. Tersedia output HDMI, RCA, dan RGB.

Perangkat ini juga bisa merekam siaran TV dengan menghubungkan ke flashdisk atau HDD eksternal. Termasuk sebagai media player untuk film, foto, dan musik.

Kelengkapannya terdiri dari unit set top box, kabel RCA, remote dan baterai, buku panduan.

10. Set Top Box Evercoss Pro

Set Top Box Evercoss Pro
Selain dikenal brand hp, kini Evercoss juga memproduksi stb TV digital. Kelebihannya memiliki garansi resmi Evercoss 1 Tahun dan dipasarkan dengan sejumlah paket.

Anda bisa membeli set top box Evercoss saja atau bisa juga bundling dengan dongle wifi atau lengkap dengan kabel HDMI. Jadi tidak perlu repot lagi harus membeli kabel terpisah.

Perangkat ini juga menggunakan antena UHF, tapi jika masih punya antena lama juga masih digunakan. Bisa dihubungkan ke semua jenis TV karena menyediakan output RCA dan juga HDMI.

Kelengkapan terdiri dari unit set top box Evercoss, kabel RCA, remote dan baterai, buku panduan dan kartu garansi.

Pastikan Dapat Sinyal Digital

Tapi sebelum membeli, pastikan wilayah Anda masuk ke dalam jangkauan sinyal TV digital. Untuk mengeceknya bisa menggunakan aplikasi 'Sinyal TV Digital' yang dikembangkan oleh Kominfo.

Aplikasi Sinyal TV Digital dapat diunduh di Google Play Store bagi pengguna hp Android, atau App Store untuk Anda yang menggunakan perangkat Apple seperti iPhone.

Jika sudah cara memasang set top box ke TV analog juga cukup mudah karena hampir semua stb TV digital sudah dilengkapi komponen pendukung seperti kabel AV dan remote (kecuali kabel HDMI yang dibeli terpisah).

Nah, itulah beberapa rekomendasi perangkat stb yang bisa digunakan untuk menangkp siaran TV digital. Harga set top box diatas juga tidak terlalu mahal, dan bisa disesuaikan dengan keuangan Anda.

Oiya, selain perangkat set top box, Anda juga memerlukan antena TV digital yaa.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.