Diperbaharui pada Jumat, 4 Maret 2022 | 18:39

Cara Memilih Ukuran TV Sesuai Jenis Ruangan

tips memilih ukuran tvFoto: Pexels

TV adalah benda yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Benda ini sangat umum ditemukan di ruang tamu, kamar tidur, kantor, hotel, rumah sakit dan berbagai tempat lainnya. Selain sebagai sarana hiburan, televisi juga sangat penting untuk mendapatkan informasi aktual dari seluruh dunia.

Namun agar televisi mampu secara optimal dinikmati, maka diperlukan ukuran TV yang sesuai dengan ruangan di mana TV tersebut hendak dipasang. Sebuah TV dengan ukuran 14 inci tentu saja tak sesuai jika dipasang di ruang pertemuan yang luas.

Jika hendak membeli sebuah televisi maka pada dasarnya hanya ada dua hal yang perlu dipikirkan yaitu budget dan ukuran ruangan. Bicara soal budget, pastinya Anda akan memikirkan untuk cara cari TV murah.

Nah, jika kalian berpikir jauh soal ukuran ruangan, jangan lupakan bagaimana mengatur letak TV di dinding dan tinggi ideal. Karena hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kenyamanan, terutama jarak aman nonton TV yang juga harus diperkirakan.

Jika budget tak menjadi masalah maka pemilihan TV harus didasarkan pada luas ruangan di mana TV tersebut akan digunakan. Untuk itu Anda harus tahu jarak pandang dan ukuran optimal layar TV yang hendak dibeli. Jarak pandang mempengaruhi kualitas gambar yang dilihat mata dan tingkat kelelahan mata.

Untuk menentukan ukuran TV yang tepat untuk ruangan yang Anda inginkan maka ikuti rumus berikut ini:

Ukuran TV = 1/3 Jarak Pandang dari Layar

ukuran tvFoto: JFevanStrucking

Jadi jika Anda memperkirakan akan duduk sekitar 3 meter dari TV (kira-kira 118 inci) maka ukuran TV yang paling optimal adalah 118/3 = 39,33 inci. Disini Anda akan dihadapkan pada persoalan cara memilih TV yang bagus.

TV LED Samsung atau Polytron bisa jadi pilihan yang tepat, atau mungkin Anda lebih memilih smart TV murah 1 jutaan dengan ukuran bervariasi. Semuanya tergantung kebutuhan.

Tips lain untuk memilih TV berdasarkan ruangan adalah fungsi dari ruangan tersebut. Jika ruangan tersebut adalah ruang yang cukup luas dan sering digunakan oleh banyak orang, maka jangan membeli TV yang terlalu besar karena akan mengganggu aktivitas.

Namun juga jangan terlalu kecil sehingga menyebabkan sakit mata bagi yang melihat dari baris yang paling belakang. Ada banyak pilihan untuk ukuran TV dikisaran 32 hingga 40 inci, mulai dari TV LED sharp murah, TV uhd terbaik, hingga TV LED terbaik.

Anda juga bisa memilih TV Samsung terbaru atau TV 4K terbaru Sony, dan juga TV LED LG. Namun tetap ingat semua harus tetap disesuaikan dengan luas ruang yang Anda miliki.

Tips Memilih TV Sesuai Jenis Ruangan

Luas ruangan tertentu membutuhkan sudut pandang televisi yang berbeda. Hal ini dikarenakan tingkat akurasi dan kontras gambar bisa saja berkurang jika dilihat dari samping. Hal ini akan mempengaruhi jenis TV yang hendak dibeli, apakah flat atau curved.

Berdasarkan tips di atas, maka kini waktunya memilih ukuran TV yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ruangan.

1. Ukuran TV untuk Ruang Keluarga

ukuran tvFoto: Cybball

Ruang keluarga tentu saja digunakan untuk tempat berkumpulnya keluarga dalam suasana santai sambil menikmati berbagai tontonan.

Ruang keluarga juga biasanya cukup besar, oleh sebab itu mulailah memilih TV dari ukuran minimal 40 inci dengan asumsi jarak pandang ke TV adalah 3 meter atau lebih.

TV ukuran besar memang lebih disukai oleh anggota keluarga karena selain mampu menampilkan tontonan yang lebih dramatis, TV besar juga bisa dilihat dengan jelas dari posisi paling jauh.

Oleh karenanya TV dengan ukuran di atas 40 inci adalah pilihan yang terbaik, direkomendasikan ukuran 46 – 50 inci.

Mungkin Anda bisa memilih TV yang mempunyai bezel yang tipis sehingga tidak terlalu mengganggu ketika ada  yang menonton dari sisi kiri dan kanan televisi.

Tapi bagi Anda yang sudah memiliki TV LED, ada baiknya Anda belajar cara mudah mengubah TV LED menjadi smart TV.

Lebih baik tidak membeli TV dengan desain lengkung atau Curved TV karena hal tersebut akan menyempitkan sudut pandang layar sehingga TV  tidak akan bisa dinikmati dengan sempurna dari sisi kanan dan kiri.

TV dengan resolusi UHD atau 4K adalah pilihan terbaik untuk ruang keluarga agar anggota keluarga bisa menikmati hiburan dengan gambar yang mengagumkan. Namun hal ini harus ditebus dengan harga yang lebih mahal.

2. Ukuran TV untuk Kamar Tidur

ukuran tvFoto: Ytimg

Kamar tidur adalah tempat paling privat dari rumah Anda dan hanya digunakan bagi keluarga inti saja, oleh sebab itu tak ada salahnya memilih TV dengan nuansa yang sedikit mewah. Oleh sebab itu Curved TV menjadi pilihan utama.

Curved TV yang bernuansa mewah dengan ukuran standar, 40 inci hingga 50 inci bisa menjadi pilihan. Curved TV cocok untuk ditempatkan di kamar tidur karena posisi Anda menonton adalah persis menghadap TV dan televisi hanya dinikmati secara pribadi atau 1- 4 orang anggota keluarga.

Jangan lupa juga memilih TV dengan resolusi 4K dan jika punya budget lebih, layar dengan teknologi OLED lebih bagus daripada teknologi LED.

3. Ukuran TV untuk Ruang Kantor

ukuran tvFoto: TheRicheyGroupLLC

Sebuah kantor tentu saja membutuhkan TV, selain sebagai sarana melepas stres kerja, televisi juga bisa digunakan sebagai monitor untuk sebuah presentasi. Untuk itu, diperlukan sebuah televisi yang berukuran besar, lebih besar lebih bagus.

Bila diletakkan di ruang pertemuan, sebuah TV dengan ukuran 75 inci atau yang lebih besar akan sangat berguna. Jika kantor punya budget yang lebih, membeli FullHD TV atau UHD TV adalah pilihan yang lebih menarik.

TV dengan ukuran 30 inci hingga 50 inci adalah yang paling pas karena bisa digantung di sudut ruangan, ruang santai, hingga ruang tunggu. Untuk kebutuhan ini jangan memilih Curved TV yang mempunyai sudut pandang terbatas.

4. Ukuran TV untuk Rumah Sakit

ukuran tvFoto: Pinterest

Untuk kebutuhan rumah sakit, khususnya ruangan pasien, maka TV dengan ukuran yang standar, 40 inci, sudah cukup memadai. Selain tidak akan mengganggu aktivitas, TV tersebut bisa digantung sehingga mata pasien yang terbaring bisa lebih nyaman melihatnya.

Jenis TV bisa juga disesuaikan dengan kelas perawatan pasien. Ruangan kelas 3 di mana banyak pasien dalam satu ruangan, maka bisa dipilih TV LCD yang sedikit lebih besar agar semua pasien bisa melihat dengan nyaman.

Untuk kelas 1 dan 2, TV dengan ukuran dan kualitas standar bisa dipilih, sementara ruangan VIP dan VVIP tentu saja membutuhkan TV yang bernuansa mewah.

Oleh sebab itu, sebuah TV yang berbezel tipis atau dengan desain lengkung bisa dipilih. Tak lupa, pilih Curved TV dengan kualitas gambar 4K dengan sound bar atau sebuah smart TV.

Bagaimana, semoga tips kami ini bisa bermanfaat, ya. Jangan lupa, Anda juga harus bisa merawat TV LED agar tidak cepat rusak.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1203 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.