Diperbaharui pada Kamis, 30 September 2021 | 11:40

5 Tips Memilih TV untuk Gaming yang Tepat

cara memilih tv gamingFoto: digitaltrends

Memilih TV yang tepat untuk gaming tidak semudah memilih TV biasa, karena ada kebutuhan khsusus dari segi resolusi, tata suara, dan fitur-fitur pendukung lainnya. TV yang tepat akan menambah keseruan dan kenyamanan saat bermain game favorit.

TV untuk PS4, PS5, Xbox, hingga Nintendo Switch, harus mendukung kebutuhan-kebutuhan tersebut, karena konsol game seperti PlayStation atau Xbox, dibuat untuk memberikan kualitas grafis tinggi.

Karena alasan tersebut, memilih TV gaming terbaik yang kompatibel dengan semua jenis konsol game menjadi penting. Kalau kamu masih awam, jangan khawatir, kami akan berikan beberapa tips untukmu!

Perbedaan TV LED dan LCD

Foto: geforce

Pertanyaan "pilih LED atau LCD?" sering muncul ketika kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli TV yang akan digunakan untuk bermain game. Untuk kenyamanan bermain, membeli TV untuk PS4 dan konsol game lainnya harus memiliki kualitas layar yang mumpuni.

Singkatnya, TV dengan layar LED akan menjadi pilihan yang tepat, karena lampu LED pada layarnya memiliki kontras yang lebih baik daripada layar TV LCD.

TV LED juga memiliki high-end fitur yang berguna untuk bermain video game seperti mode 100Hz. Selain itu TV LED juga memiliki kerapatan gambar serta fokus yang lebih baik dibandingkan TV LCD.

Selain TV LED, di pasaran juga tersedia TV OLED yang kualitas tampilannya tidak kalah, terutama untuk digunakan bermain game. Untuk mengetahui perbedaan antara TV LED dan OLED, kamu bisa baca artikel lengkapnya di tautan ini.

Tips Memilih TV Gaming Terbaik

Nah, setelah mengetahui jenis layar apa yang sebaiknya dipilih, selanjutnya adalah tips untuk memilih jenis TV terbaik yang akan digunakan untuk bermain game. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Motion Blur dan Ketajaman Warna

Jika berencana menggunakan TV untuk gaming, maka TV kamu harus memiliki motion blur minimal dan ketajaman gambar yang baik. Mungkin hal ini akan terdengar rumit bagi sebagian orang.

TV LCD dan TV LED dapat menghasilkan gambar yang tajam yang membuat video game kamu terlihat lebih baik, tetapi mereka cenderung untuk menampilkan kabur selama bergerak cepat urutan dalam video game penuh aksi seperti Call of Duty.
  
Namun ada pula TV Plasma yang walau kualitas gambarnya tidak setajam yang dihasilkan oleh LCD dan TV LED, tetapi sel-sel dari TV Plasma bereaksi lebih cepat selama bergerak cepat urutan. Sebagai hasilnya, kamu tidak akan melihat blur ketika bermain di TV Plasma.

Oleh karena itu, ketika mencari TV terbaik untuk gaming kamu harus memilih apakah ingin TV dengan gambar yang lebih tajam, atau TV tanpa blur. Jika ingin gambar yang lebih tajam, maka pilih lah TV LCD atau LED.

Bagi sebagian orang, salah satu faktor penting dalam memilih TV untuk gaming adalah yang dapat menghasilkan gambar tajam dan blur yang minimal saat bermain game.

2. Perhatikan Resolusi

Resolusi adalah sebutan untuk jumlah dimensi dari kumpulan titik yang dimiliki sebuah televisi. Misal resolusi 1080p, maka televisi akan memiliki dimensi resolusi 1920 x 1080p yaitu 1920 titik horizontal dan 1080 titik vertikal.

Resolusi yang lebih tinggi daripada SDTV (TV tabung biasa) membuat HDTV mampu menampilkan gambar dengan lebih detail.

3. Pilih Full HD

Istilah Full HD biasanya berarti bahwa display tersebut memiliki aspect ratio widescreen 16:9 dan memiliki resolusi 1920 x 1080p, dan bisa Progressive maupun Interlaced. Jadi barang berlabel Full HD bisa saja memiliki fitur lebih rendah daripada yang berlogo HD Ready 1080p.

4. Ukuran TV Bukan Jaminan

Ada anggapan bahwa TV yang lebih besar akan lebih baik digunakan untuk bermain game. Faktanya tidak selalu benar, karena kualitas dan spesifikasi TV lah yang akan menjadi faktor penentu kualitas tampilan game yang sedang dimainkan.

Tidak masalah jika TV yang kamu gunakan hanya berukuran 32 inci, karena jika TV tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni, tentu akan menghasilkan gambar yang berkualitas pula.

5. Sesuaikan Budget

Selain beberapa pertimbangan di atas soal masalah spesifikasi dan ukuran TV, kamu juga perlu menjadikan anggaran sebagai pertimbangan utama. Sebab di pasaran saat ini banyak sekali jenis TV yang ditawarkan dengan harga yang beragam.

Oleh sebab itu, kamu harus memikirkan berapa kira-kira budget yang tersedia untuk membeli TV gaming tersebut. Jika hanya memiliki budget kira-kira Rp 2-5 juta maka sebaiknya memilih TV LED yang berukuran antara 32-40 inci.

Akan lebih baik jika TV yang kamu incar sudah memilliki fitur 3D ataupun High Definition yang sudah pasti memiliki kualitas yang lebih baik

Nah, semoga artikel ini bisa membantumu dalam membuat keputusan, ya. Selamat memilih!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1142 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.