Diperbaharui pada Senin, 4 Maret 2024 | 11:27

7 Aplikasi Cek Restoran untuk Buka Puasa Bersama di 2024

7 Aplikasi Cek Restoran untuk Buka Puasa Bersama di 2024-0Foto: Pixabay

Buka puasa bersama, atau lebih dikenal dengan istilah "bukber", merupakan salah satu kegiatan populer selama bulan puasa Ramadhan. Memang tidak setiap momen buka puasa harus dilakukan di luar, namun pasti ada saja keinginan untuk sesekali bukber puasa Ramadan bersama keluarga atau teman-teman di restoran untuk sekedar ganti suasana.

Salah satu kendala melakukan bukber Ramadhan adalah restoran yang selalu penuh, apalagi kalau kita tidak melakukan pemesanan sebelumnya, alias langsung datang ke tempat menjelang waktu berbuka puasa. Selain itu, memilih restoran juga menjadi hal yang kadang memakan waktu.

Kini hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan pencarian sejak jauh-jauh hari melalui aplikasi pencari restoran. Selain bisa cek indormasi lengkap dari restoran yang ingin dikunjungi, aplikasi jenis ini juga bisa digunakan untuk booking tempat, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan tempat.

Rekomendasi Aplikasi Cek Restoran Terbaik

Aplikasi pencari restoran sudah banyak tersedia dan bisa kamu unduh langsung di hp Android dan hp iOS. Melalui aplikasi seperti ini, maka bisa membantu untuk menemukan tempat makan terbaik yang dekat dengan lokasi kita berada. Selain itu, kita juga bisa baca ulasan dari pelanggan sebelumnya untuk lebih yakin lagi dengan pilihan kita. 

Kelebihan lainnya, kamu juga bisa booking tempat dan mendapatkan berbagai diskon dan penawaran spesial melalui program promo. Nah, berikut daftar aplikasi pencari restoran terbaik dengan informasi lengkap yang bisa kamu coba!

1. Recome

aplikasi recomeFoto: Google Play Store

Aplikasi Recome memberikan rekomendasi tempat makan terbaik melalui ulasan-ulasan yang diberikan oleh para foodie master mereka.

Foodie master ini adalah anggota yang mendapatkan kepercayaan untuk memberikan ulasan jujur tentang tempat makan yang sudah mereka coba. Selain rekomendasi tempat makan, ada juga rekomendasi film, tempat hiburan, kecantikan dll.

2. PergiKuliner

aplikasi pergikulinerFoto: Google Play Store

Walau baru tersedia di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya, aplikasi PergiKuliner ini cukup lengkap dan bisa diandalkan untuk mencari spot tempat-tempat makan yang seru.

Untuk memberikan pelayanan terbaik, aplikasi PergiKuliner menawarkan ulasan, informasi restoran lengkap, serta peta untuk menunjukkan lokasi.

3. Foodierate

aplikasi foodierateFoto: Google Play Store

Foodierate menawarkan penawaran dan kupon eksklusif untuk makan di restoran yang menjadi rekanan mereka. Pencarian bisa dilakukan hanya dengan mengetik jenis makanan apa yang kita cari.

Setelah itu, sistem mereka akan secara otomatis memberikan informasi daftar restoran teratas untuk menu tersebut. Fitur paling menarik dari aplikasi ini adalah pencarian tempat makan berdasarkan budget. Fitur pencarian ini akan sangat berguna untuk mengatur pengeluaran kita.

4. eatigo

aplikasi eatigoFoto: Google Play Store

Selain menawarkan fitur untuk mencari lokasi restoran terdekat dengan lokasi kita, eatigo juga memiliki keuntungan diskon untuk reservasi, tanpa ada pembayaran di muka.

Bukan hanya itu, melalui aplikasi eatigo, kita juga bisa mendapatkan diskon hingga 50% di restoran-restoran yang menjadi rekanan mereka. Makanya, aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi kami.

5. Zomato

aplikasi zomatoFoto: Google Play Store

Pilihan pertama kita jatuh kepada aplikasi Zomato yang bisa menunjukkan tempat makan yang ada di sekitar lokasi kita berada. Zomato adalah salah satu aplikasi pencari restoran yang cukup populer.

Kepopulerannya antara lain karena dapat menampilkan rekomendasi dan ulasan dari pengunjung restoran sebelumnya. Zomato juga memberikan keuntungan untuk anggota Gold mereka.

6. Qraved

aplikasi qravedFoto: Google Play Store

Qraved menawarkan fitur untuk mencari tempat makan terbaik di sekitar kita, promo makanan, dan kupon eksklusif. Kita bisa mencari sekaligus membandingkan promo-promo tempat makan agar bisa menghemat pengeluaran.

Melalui aplikasi ini juga, kita bisa mendapatkan keuntungan ganda bila memilih salah satu metode pembayaran yang ditawarkan.

7. OpenRice

aplikasi openriceFoto: Google Play Store

OpenRice merupakan salah satu aplikasi yang sudah terkenal di Asia. Aplikasi yang berawal di Hongkong ini akan menampilkan daftar restoran disebuah kota, lengkap dengan ulasan setiap menu yang disajikan.

Menariknya, dalam aplikasi ini kamu bisa mencari tempat makan berdasarkan menu, lokasi, tipe restoran, harga dan lain-lain. Kamu juga bisa membagikan info restoran yang ditemukan di aplikasi ini ke media sosial.

Tips Memilih Restoran untuk Bukber Ramadhan

Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan aplikasi pencari restoran yang sudah kita bahas di atas adalah, perhatikan lokasinya. 

Makan bersama keluarga atau teman di luar tentunya akan menghabiskan waktu perjalanan, jangan sampai ada teman yang tinggal terlalu jauh dari restoran, jadi terlambat sampai dan waktu berbuka puasa sudah lewat.

Kita juga perlu mempertimbangkan ukuran restoran. Pastikan mereka memiliki ruangan yang cukup untuk menampung jumlah orang yang akan hadir. Jadi sebelum memesan tempat, hitung dulu berapa total jumlah orang yang akan hadir, lalu baru pilih beberapa opsi restoran yang sekiranya memadai.

Satu hal tidak kalah penting adalah, pastikan jenis makanan sesuai dengan setiap orang yang hadir. Apalagi kalau ternyata di antara anggota keluarga atau teman kita, ada yang memiliki alergi khusus terhadap jenis-jenis makanan tertentu. Nah, selamat berbuka puasa!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.