Diperbaharui pada Senin, 4 Januari 2021 | 14:00

Review Samsung Galaxy A12, Hp 2 Jutaan dengan Kamera Premium

Oleh Restu Aji Siswanto

Samsung Indonesia resmi merilis Galaxy A12 ke pasaran, dengan menawarkan kemampuan kamera premium dan fitur keamanan yang telah ditingkatkan. Kamera menjadi keunggulan utama yang menjadi andalan hp Samsung 2 jutaan ini. 

Samsung Galaxy A12 dibekali dengan quad camera dengan konfigurasi kamera utama beresolusi 48 MP, yang didukung oleh kamera macro 2 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera depth 2 MP.

Seperti yang kita ketahui, Samsung adalah vendor yang mengedepankan teknologi kamera pada produk-produk smartphone seri Galaxy mereka, tidak terkecuali pada Galaxy A12 terbaru ini.

Kehadiran hp ini dapat membantu para content creator dalam membuat konten video dan foto yang berkualitas, untuk dibagikan pada akun media sosial. 

Namun selain kamera, apa lagi yang menjadi kelebihan Samsung Galaxy A12 ini? Nah, Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung hp anyar Samsung ini. Berikut review lengkap kami.

Desain Estetik, Nyaman Digenggam

Tampilan depan Samsung Galaxy A12 didominasi oleh layar, dengan kamera depan berbentuk water drop yang terletak di bagian tengah atas layar. Untuk membalutnya, hp ini menggunakan rangka berbahan plastik.

Beralih ke bagian belakangnya, rangka plastiknya memiliki tekstur anti selip yang cukup nyaman ketika bersentuhan dengan kulit telapak tangan. Logo Samsung tersemat pada bagian bawah yang finishing-nya lebih halus.

Quad camera yang menjadi andalan Samsung Galaxy A12 terletak di pojok kanan atas, dengan desain kotak yang menyerupai bentuk dadu, dengan tambahan lampu flash LED pada bagian bawahnya.

Samsung Galaxy A12 nyaman digenggam, karena ukurannya yang memang cukup tebal. Hp Samsung ini memiliki dimensi 164mm x 75.8mm x 8.9mm, dengan bobot 205 gram. Kesan pertama ketika menggenggamnya, terasa mantap sekali.

Letak tombol power dan volume berada di sisi sebelah kanan layar, sementara slot kartu SIM ditempatkan pada sisi kiri atas. Pada bagian bawahnya, terdapat colokan jack audio 3.5mm, USB Type-C, dan speaker.

Tombol power pada Samsung Galaxy A12 memiliki fungsi ganda sebagai pengunci dan pembuka layar secara manual, sekaligus dengan fitur pemindai sidik jari.

Satu hal yang sangat kami sukai dari Galaxy A12 adalah slot SIM card yang dapat menampung 2 kartu sekaligus, serta satu slot lagi untuk kartu microSD yang terpisah, sehingga tidak perlu mengorbankan slot SIM card kedua.

Secara keseluruhan, desain Samsung Galaxy A12 memberikan kesan premium yang cukup kuat, walau sebenarnya diperuntukkan untuk kelas entry. Pengoperasian dengan satu jari pun dapat dilakukan dengan nyaman.

Layar Luas, Dilengkapi Dark Mode

Samsung Galaxy A12 menawarkan tampilan layar berukuran 6.7 inci yang luas dan memanjakan mata. Layar Infinity-V yang diusungnya sudah mendukung teknologi HD+, sehingga gambar yang ditampilkan terlihat jernih dan tajam.

Dengan resolusi 720 x 1600 piksel, layar berjenis LCD PLS TFT yang diusungnya, memberikan kualitas tampilan yang sangat baik. Namun tentunya, jangan dibandingkan dengan kualitas layar Super AMOLED. Untuk harga yang ditawarkan, ini sudah lebih dari cukup.

Ketika mencobanya untuk menonton video berdefinisi tinggi, gambar yang ditampilkan sudah cukup baik. Kami sangat menikmati tampilan warna yang dihasilkan. Tayangan video terlihat jernih, apalagi dengan ukuran layar yang cukup besar.

Untuk tampilan sistem antarmukanya, Samsung telah menyediakan opsi Dark Mode pada pengaturan tampilannya. Tentunya ini menjadi salah satu kelebihan, karena tampilan Dark Mode ini baik untuk kesehatan mata.

Quad camera

Keunggulan utama Samsung Galaxy A12 terletak pada kameranya. Hp Samsung terbaru ini dibekali dengan empat buah kamera yang terletak pada panel belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP, dengan bukaan f/2.0.

Kamera utama ini didukung oleh kamera macro 2 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera depth 2 MP, yang telah dibekali dengan bukaan f/2.2, dan f/2.4. Fiturnya antara lain adalah Fokus Live, dan Makro.

Selain mode auto, kamera Galaxy A12 juga dilengkapi dengan fitur Pro, dimana kita bisa mengatur sendiri ISO, White Balance, hingga besar aperture (bukaan) yang ingin dipakai.


Pada pengambilan foto dengan kamera belakang pada jarak normal, dengan kondisi cahaya yang cukup, quad camera pada Samsung Galaxy A12 dapat menangkap detil warna dan tekstur dengan cukup baik. Hasil jepretannya tajam dan jernih.

Kami juga mencoba beberapa fitur yang ditawarkan pada kameranya, dan hasil jepretannya sangat memuaskan, dengan kedalaman warna yang cukup baik kontrasnya, baik ketika digunakan pada jarak normal, maupun ketika menggukan lensa wide angle-nya.

Pada penggunaan dengan lensa wide, distorsi yang dihasilkan juga tidak terlalu berlebihan, sehingga dapat mempertahankan bentuk objek dengan baik, walau diambil pada sudut yang tidak pada umumnya. Kualitas warna yang dihasilkan dengan pencahayaan yang cukup, sangat baik dan tajam.

Hasil jepretan makronya pun sangat baik menangkap detil-detil pada objek yang dijepret, dengan ketajaman yang cukup baik. Bahkan, kualitas warna tidak mengalami perubahan signifikan di mode ini.

Pengambilan foto macro di dalam ruangan dengan satu sumber cahaya pun menghasilkan tonal warna yang cukup tebal. Sehingga tektur objek dapat terlihat dengan jelas berkat ketajaman lensanya.

Kamera depannya dibekali dengan resolusi 8 MP dengan fungsi-fungsi standar, dan dukungan bukaan f/2.2 yang dapat menghasilkan bokeh yang cukup baik detilnya.

Beralih ke video, kamera Samsung Galaxy A12 mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30fps. Kualitas ini dapat dimaksimalkan baik pada kamera belakang, maupun depannya.

Performa dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Foto: MediaTek

Unit yang kami ulas adalah Samsung Galaxy A12 berwarna hitam, dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai file sesuai kebutuhan penggunanya.

Untuk mendukung performanya, Samsung Galaxy A12 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P35 dengan CPU jenis Octa-Core berkecepatan 2.3GHz, 1.8GHz. Pada penggunaanya, kami merasakan kemulusan pada pengoperasiannya.

Ketika digunakan untuk mengakses aplikasi atau membuka halaman web, tingkat responsif pada layarnya cukup baik. Bahkan ketika kami mencobanya untuk menonton video dan bermain game, tampilah grafisnya cukup baik.

Hp Samsung A Series yang dibekali sistem operasi Android 10 ini dipersenjatai dengan pengolah grafis PowerVR GE8320. Untuk sekedar bermain media sosial seperti Instagram atau TikTok, menonton video Youtube atau Netflix, hingga bermain game ringan, Galaxy A12 sudah lebih dari cukup.

Baterai Besar 5000 mAh

Galaxy A12 dibekali dengan kapasitas baterai besar 5000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya cepat 15W. Maka segala aktifitas yang dilakukan dapat dilakukan seharian penuh pada satu kali pengisian baterai saja.

Pada kapasitas 0 persen, hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam bagi baterainya hingga terisi penuh 100 persen. 

Penggunaan daya baterainya pun cukup irit menurut perhitungan kami. Ketika digunakan untuk menonton tayangan Netflix dan Youtube misalnya. Pada tayangan dengan resolusi tinggi selama 1 jam, daya baterai yang terkuras hanya sekitar 8 – 10 persen saja.

Ketika digunakan untuk bermain game ringan selama 1 jam, daya baterai yang terkuras berada di kisaran 9 – 11 persen. Namun ketika kami mencoba game yang agak berat, daya baterai terkuras hingga 15 persen, dengan waktu pemakaian yang sama.

Secara keseluruhan, performa baterai Samsung Galaxy A12 cukup membuat kami kagum sekaligus puas. Apalagi dengan harga yang ditawarkan, performa seperti ini tentunya sangat sepadan.

Kesimpulan

Setelah mencoba fungsi dan fitur Samsung Galaxy A12 secara menyeluruh, kami berpendapat bahwa hp Samsung terbaru ini layak kami rekomendasikan di kelasnya.

Kamera yang menjadi keunggulannya tidak mengecewakan dan mampu menjalankan fungsinya dengan sangat baik. Sehingga menurut kami, Galaxy A12 ini cocok dipakai oleh content creator yang aktif di media sosial.

Kemampuannya untuk mendukung berbagai konten multimedia juga baik sekali. Lebih dari cukup, dengan penggunaan yang nyaman.

Namun perlu diingat, karena prosesor yang dipakai bukan jenis tinggi, jadi jangan terlalu memaksakan penggunannya, karena memang memiliki beberapa keterbatasan. Chipset pada Galaxy A12 bisa dikatakan sejajar dengan Snapdragon seri 6.

Jadi kalau tertarik untuk memiliki Samsung Galaxy A12 untuk penggunaan sehari-hari, maka hal tersebut akan menjadi satu keputusan yang tepat.

Samsung Galaxy A12 tersedia dalam dua varian. Harga Galaxy A12 varian RAM 4 GB dengan ROM 128 GB dibanderol Rp 2.499.000, dan Rp 2.799.000 untuk varian lebih tinggi dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 1600 x 720 Pixel
RAM 4 GB
ROM 128 GB
Detail Prosesor MT6765 Helio P35
Kecepatan CPU -
Resolusi Kamera 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5, 2, 2 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
NFC Ya
USB Type-C
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar