Diperbaharui pada Selasa, 12 Maret 2019 | 17:30

Review Realme 3: Fitur Nightscape dan Chroma Boost Jadi Pembeda

Review Realme 3
Sukses merilis beberapa produk anyar di 2018 lalu, Realme kembali membawa hp terbaru 2019 ke pasar Indonesia. Kali ini mereka membawa Realme 3 yang dilengkapi spesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau. Bahkan bisa menjadi hp pilihan terbaik dengan harga di bawah Rp2 juta (versi RAM 3GB). Cukup menarik, tapi bagaimana kemampuannya?

Jika melihat spesifikasi Realme 3 yang sudah banyak beredar, rasanya hp ini bisa menjadi pilihan yang cukup masuk akal untuk Anda yang memiliki kocek terbatas. Tampil kekinian dengan layar dewdrop, Realme 3 siap merebut minat pengguna di segmen anak muda.

Tidak hanya tampilan yang diunggulkan, tapi juga performa yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan banyak aktivitas, termasuk gaming. Untuk membuktikannya, berikut hasil pengalaman kami setelah beberapa hari menggunakan Realme 3. Kami menggunakan Realme 3 versi RAM 4GB dan ROM 64GB.

Desain

Realme 3
Tidak berbeda dari hp Realme lainnya, tampilan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Begitu pula di Realme 3 yang mengusung desain unibody. Dimana bodi perangkat hanya dibungkus satu bagian yang menutupi bagian belakang hingga bagian layar. Tidak ada frame yang memisahkan antara cover belakang dan bagian depan.

Desain unibody memungkinkan cengkeraman yang lebih nyaman saat menggunakan telepon. Bentuknya pun tipis hanya berkisaran 8.3mm dengan bobot sekitar 175g. Bagian sisi juga dibuat melengkung, membuatnya terlihat lebih dinamis. Namun yang terpenting adalah nyaman saat berada dalam genggaman karena lengkungannya mengikuti kontur telapak tangan.

Yang membuatnya lebih menarik adalah penggunaan warna gradasi yang cukup apik. Komposisi warna gradasi ini akan terlihat ketika terkena pantulan sinar cahaya. Pilihan yang sangat menarik untuk Anda yang mencari hp dengan harga 1 jutaan (untuk versi RAM 3GB).

Realme 3
Di bagian belakang ini terdapat dual kamera lengkap bersama flash. Tidak ketinggalan sudah disematkan sensor fingerprint dengan logo Realme yang ditempatkan secara vertikal. Sedangkan untuk penempatan tombol dan port tidak berbeda dengan hp Realme lain.

Tombol power di kanan serta volume di kiri lengkap bersama port SIM Card. Oiye, Realme 3 sudah menyediakan 3 port yang terdiri dari 2 SIM card dan 1 memori eksternal (MIcroSD). Artinya Anda bisa menggunakan 2 kartu SIM dan menambahkan ruang penyimpanan melalui microSD secara bersamaan. Untuk port lain ada micro USB, jack audio 3,5mm serta speaker yang ditempatkan di bagian bawah.

Layar

Realme 3
Seperti yang sudah diungkapkan, Realme 3 hadir dengan desain yang kekinian, yaitu mengusung layar dewdrop notch. Dengan bentang seluas 6.22 inci, layarnya tampil lebih luas karena notch yang berukuran kecil. Bezelnya juga cukup tipis, sehingga menghasilkan aspek rasio screen to body mencapai 88.30% dengan rasio gambar 19:9.

Untuk resolusinya sudah HD+ 720 x 1520 pixel dan sudah dilapisi perlindungan Gorilla Glass 3. Dalam penggunaan standar, tampilan layarnya masih nyaman untuk menonton video dan bermain game. Teks yang disajikan layarnya juga tajam dan terlihat jelas. Namun bagi yang ingin berlama-lama membaca teks bisa mengaktifkan fitur Night Shield pada layar agar mata terasa lebih nyaman.

Secara umum, ketajaman dan kecerahan layar terbilang cukup baik untuk hp dikelasnya.    

Kamera

Realme 3
Di sektor kamera, Realme 3 konfigurasi 13MP + 2MP, dimana sensor 13MP sudah di dukung fitur PDAF dan sensor 2MP sendiri merupakan depth sensor yang memungkinkan untuk mengambil foto bokeh. Kamera ini juga telah mengalami peningkatan pada aperture yang kini sebesar f/1.8. Artinya kamera Realme 3 memiliki bukaan cahaya yang lebih besar.

Belum termasuk dukungan sejumlah fitur yang cukup menarik. Dalam catatan kami setidaknya ada dua fitur yang cukup menarik yaitu Nightscape dan Chromaboost. Nightscape merupakan fitur night mode ala Realme untuk pengambilan foto low light. Kehadiran fitur ini memang membuat hasil foto low light di Realme 3 menjadi jauh lebih baik. Karena didalamnya sudah tertanam teknologi AI dan multi-frame exposures yang dapat meningkatkan pencahayaan di kondisi malam hari.

Dari percobaan fitur Nightscape yang kami lakukan, foto yang dihasilkan memang terlihat lebih terang dari pemotretan menggunakan modus auto. Bahkan foto di malam hari tersebut membuat foto lebih tajam dan detail. Apalagi dengan pengambilan angle yang pas, kita bisa menghasilkan foto low light yang memikat.

Tapi fitur ini tidak akan maksimal jika Anda memotret di ruang yang memang terlalu gelap atau sangat minim cahaya. Sebagai catatan, saat mengambil foto low light akan ada notifikasi agar tidak bergerak selama 3 detik saat system sedang memproses gambar.

hasil foto realme 3
Tanpa Nightscape

Hasil foto nightscape
Dengan Nightscape

Sedangkan Chroma Boost merupakan fitur yang meningkatkan dynamic range pada foto. Fitur ini akan sangat membantu ketika Anda mengambil objek dengan cahaya sangat terang. Karena biasanya foto di kondisi cahaya sangat terang warna yang dihasilkan cenderung menurun.

Dan dalam catatan kami, fitur Chroma Boost di Realme 3 dapat meningkatkan warna dan pencahayaan menjadi lebih dinamis. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan menyentuh ikon berbentuk frame di atas layar saat kamera diaktifkan.  Berikut perbandingan foto dengan Chroma Boost dan modus Auto

Realme 3
Tanpa Chroma Boost

Realme 3
Dengan Chroma Boost

Bagaimana dengan foto bokehnya? Kualitas foto bokeh dari kamera Realme 3 juga masih bisa diandalkan. Efek blur atau buram di bagian belakang objek cukup rapi dengan hasil yang tajam dan detail. Tapi pastikan objek dengan kamera berada dalam jarak yang ditentukan untuk menghasilkan foto bokeh. JIka tidak, efek bokeh akan tersebar ke beberapa area yang tidak diinginkan.

hasil foto realme 3
Bagi yang gemar foto selfie bisa mengandalkan kamera depan yang memiliki reoslusi mencapai 13MP plus dukungan aperture f/2.0. Selain menawarkan foto selfie yang baik, kamera depan ini juga bisa menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Performa

Realme 3 benchmark
Mungkin masih banyak yang bingung prosesor apa yang digunakan Realme 3. Untuk pasar Indonesia, Realme 3 hadir dengan prosesor Mediatek P60 (versi global). Tapi tidak usah khawatir, karena antara Mediatek P60 dan P70 tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Sama-sama memiliki prosesor octa core dan grafis yang sama Mali-G72 MP3. Termasuk memakai AI dan algoritma yang sama. Bedanya hanya pada speed clock yaitu 2,1Ghz (P70) dan 2,0GHz (P60).

Hasil benchmark Antutu yang dihasilkan keduanya juga tidak terlalu timpang. Misalnya, seperti review Realme U1 yang menggunakan Mediatek P70 menghasilkan skor antutu sebesar 136.691. Sedangkan skor Antutu Realme 3 yang memakai Mediatek P60 juga tembus lebih dari 130 ribu poin, tepatnya 130.696.

Dengan prosesor Mediatek P60, Anda juga masih bisa bermain game yang cukup popular saat ini seperti PUBG atau Free Fire. Memainkan PUBG di Realme 3 cukup lancar pada setingan medium dan grafis HD. Begitu pula Free Fire yang tidak mengalami kendala berarti. Jadi Anda tidak perlu ragu jika hp dengan prosesor Mediatek tidak bisa untuk gaming.     

Untuk mendukung kinerja prosesor, tersedia dua opsi memori RAM yaitu RAM 3GB dengan ROM 32GB serta RAM 4GB dengan ROM 64GB. Untuk Realme 3 yang kami uji merupakan versi RAM 4GB dan ROM 64GB.

Baterai

Realme 3
Baterai juga menjadi salah satu fitur yang ditingkatkan pada Realme 3. Meski dibanderol dengan harga murah, namun Realme tetap menanam baterai besar di Realme 3 yaitu 4230mAh. Dan baterai berkapasitas 4230mAh rasanya cukup optimal untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Apalagi dikombinasikan dengan teknologi AI yang bisa menghemat penggunaan baterai.

Untuk penggunaan gaming dengan memainkan PUBG (grafis HD dan frame rate High), dalam kurun waktu satu jam baterainya berkurang sebesar 20 persen. Lalu saat di coba memutar video HD secara streaming (durasi 1 jam) menggunakan wifi dengan kecerahan layar 50 persen, baterainya berkurang sekitar 9 persen.

Hanya saja, Realme 3 belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Meski demikian, dukungan charger bawaan berkapasitas 10W memungkinkan Anda mengisi ulang baterainya hingga 50 persen dalam waktu satu jam. Dan untuk mengisi penuh dibutuhkan waktu 2 jam 45 menit.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB
Realme 3 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.689.900 6.22 inch Helio P60 9 3 GB 32 GB Mali-G72 MP3 13 MP 2 MP 13 MP microUSB, USB OTG
Realme 3 RAM 4GB ROM 64GB Rp 1.929.900 6.22 inch Helio P60 9 4 GB 64 GB Mali-G72 MP3 13 MP 2 MP 13 MP microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Harga Realme 3 memang dibanderol murah yaitu Rp1.999.000 untuk versi RAM 3GB dan ROM 32GB (penjualan perdana 20 Maret 2019 menjadi Rp1.799.000) serta Rp2.399.999 untuk versi RAM 4GB dan ROM 64GB. Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, rasanya Realme 3 akan menjadi kompetitor yang tangguh untuk perangkat lain dikelasnya. Berkat adanya dua fitur baru pada kamera yaitu Nightscape dan Chroma Boost akan menjadi pembeda yang cukup menarik.

Meski banyak yang meragukan penggunaan prosesor Mediatek P60, namun dari pengalaman kami performanya masih bisa diandalkan, bahkan untuk gaming sekalipun. Dan yang pasti, baterai besar yang telah tertanam didalamnya memungkinkan Anda beraktivitas dengan lancar.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.