Diperbaharui pada Senin, 10 Desember 2018 | 15:51

Review Realme U1: Andalkan Prosesor Terbaru dan Kamera Selfie 25MP

Realme U1
Setelah menghadirkan tiga hp terbaru, Realme kembali memboyong satu perangkat anyar mereka ke Indonesia. Hadir dalam seri Realme U1, handset ini siap meneruskan kesuksesan generasi sebelumnya yaitu Realme C1, Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Namun ada hal yang sedikit berbeda, terutama pada penggunaan prosesor. Dimana Realme U1 ini menggunakan prosesor Mediatek, padahal 3 hp Realme terbaru sebelumnya menanam otak dari Qualcomm Snapdragon. Meski demikian, prosesor Mediatek yang digunakan merupakan rilisan terbaru yaitu Helio P70.

Bagaimana performanya? Berikut hasil pengalaman kami menggunakan Realme U1.  

Desain

Realme U1

Secara tampilan, Realme U1 sangat mirip dengan Realme 2 Pro yaitu sama-sama menggunakan desain notch tetesan air atau yang biasa disebut waterdrop display. Desain ini memangkas ukuran notch menjadi lebih kecil dibanding notch standar pada umumnya. Dan notch ini ditempati kamera depan yang memiliki resolusi 25MP.

Kelebihan dari waterdrop display ini adalah memberikan view yang lebih luas, meski sedikit terpotong dengan adanya notch kecil. Sangat nyaman untuk menikmati konten video maupun saat bermain game. Untuk komponen lain, Realme U1 menempatkan speaker call di atas kamera depan.

Yang menarik, layar Realme U1 juga terlihat ‘penuh’. Karena hp Realme terbaru ini di desain denngan bezel tipis. Untuk bezel atas kabarnya sih memiliki ketebalan hanya sekitar 2mm, lalu bezel samping setebal 1,7 mm. Kecuali bezel yang sedikit lebih tebal di bagian bawah layarnya. Meski demikian, tampilan depan Realme U1 diklaim memiliki rasio screen to body mencapai 90.8%.

Untuk penempatan tombol dan port tidak berbeda dengan hp Realme lain, dimana kita bisa mengakses tombol power di sisi kanan serta tombol volume dan slot SIM Card di sisi kiri. Sedangkan keberadaan port semua diletakkan pada satu sisi yaitu bagian bawah yang terdiri dari port micro USB, speaker dan jack audio.

Masuk ke bagian belakang.  Realme U1 memang tidak menggunakan cover dengan efek berlian seperti Realme 2. Namun, tampilannya dibuat tampak seperti kaca melalui penggunaan material akrilik dengan lapisan khusus. Tampilannya pun jauh lebih elegan dan terlihat lebih menarik. 

Di bagian ini kita akan melihat keberadaan dual kamera utama yang diliengkapi flash LED, sensor fingerprint serta logo Realme di bagian bawahnya. Hanya saja, cover ini cukup rentan kotor dari jejak sidik jari bahkan sangat mungkin tergores. Jadi disarankan memanfaatkan case transparan yang sudah tersedia dalam paket pembelian Realme U1.  

Layar

Realme U1
Layar Realme U1 memiliki bentang seluas 6,3 inci dengan resolusi FUllHD+ 2.340 x 1.080p. Selain tampil lapang, layar ini juga memiliki ketajaman dan kecerahan yang cukup baik. Saturasi warna yang dihasilkan juga cukup natural, sangat cocok untuk Anda yang punya hobi menonton film.

Cukup zoom in layar maka film bisa dinikmati dengan tampilan full layar. Tapi pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan setingan aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk tampil penuh pada layar.

Realme U1 juga menyediakan fitur night shield yang bisa dipilih untuk pengguna yang gemar membaca. Fitur ini akan memberikan rasa nyaman ketika kita berlama-lama melihat layar. Tersedia pula opsi pencahayaan dalam modus cool, standar dan warm. Pilih sesuai kenyamanan Anda ketika beraktivitas dengan Realme U1.

Kamera

Realme U1
Seperti yang sudah disebutkan di awal, Realme U1 ini dibekali kamera depan dengan resolusi yang cukup besar, yaitu 25MP. Hal ini tentu menjadi kabar yang cukup menggembirakan bagi penggemar selfie. Apalagi kamera ini sudah menggunakan sensor Sony, tepatnya Sony IMX576.

Foto selfie yang dihasilkan memang cukup memuaskan, tajam dan terang. Anda juga bisa mengkreasikan hasil foto selfie di Realme U1 ini dengan beragam stiker lucu. Tidak ketinggalan fitur Smart Beauty yang akan membuat foto selfie Anda makin terlihat lebih menarik. Termasuk menggunakan ragam efek untuk hasil yang unik dan berbeda.  

Bagaimana kualitas kamera belakangnya? Realme termasuk vendor yang cukup konsisten pada fitur dual kamera. Sebab, semua hp Realme sudah dibekali dengan kamera ganda, termasuk untuk hp murah mereka. Begitu juga di Realme U1 yang memakai dual kamera utama di bagian belakang. Dual kamera Realme U1 sendiri hadir dengan konfigurasi 13MP + 2MP.

Untuk memotret di kondisi cahaya melimpah, hasil foto Realme U1 masih bisa diandalkan. Foto terlihat cukup jelas dan tajam, termasuk saturasi yang tidak terlalu jauh berbeda dari warna asli objek. Begitu juga kemampuan kameranya saat menggunakan modus portrait.

Dengan pengambilan yang tepat, kita akan mendapatkan foto bokeh dengan kondisi background blur yang rapi. Sedangkan untuk foto di kondisi low light hasil foto Realme U1 memang terkesan biasa-biasa saja. Foto yang dihasilkan memang tidak terlalu tajam, tapi masih dalam tahap yang wajar. Berikut hasil foto kamera Realme U1 :

Hasil foto realme u1Hasil foto bokeh Realme U1  

Hasil foto realme u1Hasil foto low light Realme U1

Hasil foto realme u1Hasil foto selfie Realme U1

Performa

Realme U1
Yang membedakan Realme U1 dengan hp Realme terbaru lainnya ada pada penggunaan prosesor. Bila sebelumnya memakai prosesor Snapdragon, Realmi U1 justru menanam prosesor dari Mediatek. Tapi tidak perlu khawatir, karena prosesor Mediatek yang digunakan merupakan chipset terbaru yaitu helios P70.

Dari hasil penelusuran kami, Mediatek Helio P70 merupakan prosesor kelas menengah yang disejajarkan dengan Snapdragon 660. Yang membuatnya sedikit lebih unggul dari Snapdragon 660 adalah sudah menggunakan teknologi fabrikasi 12nm (SD 660 menggunakan fabrikasi 14nm). Artinya Helio P70 di klaim lebih bertenaga dan lebih hemat daya. Termasuk dukungan chip AI (APU) multi-core untuk proses AI yang lebih efisien.

Untuk mendukung kinerja prosesorm hp Realme terbaru ini juga menawarkan memori RAM 3GB dan 4GB. Unit Realme U1 yang kami gunakan merupakan verasi RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal sebesar 64GB. 

Dari pengujian benchmark Helio P70 di Realme U1, tercatat hasil sebagai berikut :

Benchmark Skor
Antutu 136691
Geekbench 1466 (single core) dan 5046 (multicore)
PC Mark 7499
3DMark 1038 (slingshot extreme) dan 943 (vulkan)

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kemampuannya soal gaming. Memainkan PUBG disetingan HD dengan frame rate high berjalan cukup lancar. Yang mengasyikkan adalah Anda bisa bermain dengan tampilan layar full.  

Baterai

Realme U1 ditenagai baterai berkapasitas 3500 mAh. Untuk penggunaan normal, baterai Realme U1 bisa bertahan sehari penuh. Setidaknya, Anda hanya cukup mengisi penuh baterainya di pagi hari untuk penggunaan hingga malam hari.

Memainkan video secara streaming, baterainya berkurang sebesar 12 persen untuk durasi 1 jam. Sedangkan saat digunakan untuk bermain game (setingan HD dan kecerahan 50 persen) selama 1 jam, baterainya turun sebesar 15 persen.

Kesimpulan

Secara umum, Realme U1 memiliki kinerja yang sangat baik dalam menangani task harian. Prosesor Mediatek Helio P70 yang digunakan mampu memberikan performa yang sangat bisa diandalkan. Apalagi harga Realmu U1 yang dibanderol hanya Rp2,5 juta (versi RAM 3GB dan ROM 32GB dan Rp2,9 juta (versi RAM 4GB dan ROM 64GB) bisa menjadi daya tarik sendiri.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.3 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Helio P70
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.1 GHz
GPU -
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 25 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.