Diperbaharui pada Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:06

OPPO Luncurkan Teknologi Pencitraaan Smartphone Terbaru

teknologi terbaru oppoFoto: OPPO

OPPO meluncurkan teknologi pencitraan smartphone yang berfokus pada peningkatan sensor, modul, dan algoritma, melalui ajang 2021 OPPO Future Imaging Technology Launch Event yang digalr di Shenzhen, Tiongkok.

Pada kesempatan tersebut, OPPO memperkenalkan sensor RGBW generasi berikutnya, zoom optik berkelanjutan 85-200mm, teknologi OIS lima sumbu, dan kamera bawah layar generasi terbaru dengan serangkaian algoritma kecerdasan buatan (AI) baru yang telah dipatenkan.

Sensor RGBW Terbaru

teknologi terbaru oppoFoto: OPPO

Sensor RGBW yang dikembangkan OPPO dapat meningkatkan sensitivitas cahaya secara signifikan, dengan memperkenalkan sub-piksel putih tambahan (W), teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang inovatif, dan algoritma 4-in-1 piksel yang dikembangkan secara mandiri.

Sensor baru ini mampu menangkap cahaya hingga 60% lebih banyak bila dibandingkan dengan sensor sebelumnya, sekaligus dapat mengurangi noise hingga 35% untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas dan cerah dalam kondisi rendah cahaya.

Algoritma piksel 4-in-1 OPPO akan membantu secara substansial meningkatkan kinerja sensor warna, mencegah masalah ketidakakuratan warna dan pola moiré.

Selain itu, teknologi isolasi piksel DTI terdepan di industri secara efektif mencegah sub-pixel crosstalk dan meningkatkan kualitas gambar.

Tidak sekadar meningkatkan pengambilan foto pada situasi rendah cahaya, sensor RGBW generasi terbaru juga mampu membuat portrait lebih ekspresif baik untuk foto maupun video dengan penyempurnaan pada kulit, tekstur, dan kontras.

Sensor terbaru ini akan dirilis secara komersial pada produk OPPO mulai Q4 2021.

Modul Kamera Baru

teknologi terbaru oppoFoto: OPPO

Selain sensor, OPPO juga memperkenalkan modul kamera baru: Zoom Optik Berkelanjutan 85-200mm, yang mendesain ulang modul dasar kamera pada perangkat keras.

Modul baru OPPO ini diklaim mampu menghasilkan zoom dengan kualitas yang halus dan jelas. Berikut ini spesifikasinya.

  • Mengadopsi teknologi lensa G+P (kaca + plastik) untuk pertama kalinya, memperkenalkan dua lensa ultra-tipis dengan presisi tinggi aspheric glass lenses yang akan meningkatkan efek optik secara signifikan, seperti meminimalkan penyimpangan cahaya.
  • Aplikasi inovatif dari tunnel magnetoresistance sensor (TMR sensor) memungkinkan lensa di dalam modul kamera bergerak dengan lebih stabil dan presisi.
  • Motor poros pemandu baru dibuat dengan meningkatkan kemiringan dinamis di mana sistem lensa dapat dipindahkan, dengan mudah mendukung zoom optik berkelanjutan pada perbesaran yang lebih tinggi.

Inovasi ini mendukung continuous optical zoom pada rentang fokus 85mm hingga 200mm, menangkap gambar yang tajam di setiap tingkatan pembesaran tanpa memerlukan pemotongan secara digital.

Pengguna dapat menikmati transisi halus di seluruh rentang zoom dengan kualitas gambar yang sebanding dengan kamera profesional.

Selain itu, teknologi ini dapat menghindari berbagai kendala umum seperti ketidakakuratan white balance atau bias warna yang ditemui pada sistem zoom konvensional pada perangkat multi-kamera.

Untuk pemotretan pada malam hari atau ketika memotret gerakan, teknologi algoritma OPPO diklaim dapat membantu meningkatkan stabilitas, kejernihan, dan performa warna secara signifikan, serta meningkatkan kinerja kompensasi getaran hingga 65%.

OPPO Five-axis OIS akan dirilis secara komersial pada produk OPPO mulai Q1 2022.

Kamera Bawah Layar Generasi Baru

teknologi terbaru oppoFoto: OPPO

Teknologi baru lain yang diperkenalkan OPPO adalah pengembangan mandiri algoritma AI untuk mendukung kemampuan Under Screen Camera (USC) generasi terbarunya.

Geometri piksel yang inovatif memastikan tampilan layar berkualitas tinggi 400-PPI di sekitar area kamera bawah layar. Menggunakan kabel transparan dan desain baru memberikan kualitas tampilan dan pengalaman visual yang lebih halus.

Selain itu, OPPO juga telah mengembangkan serangkaian algoritma kecerdasan buatan untuk pencitraan, termasuk pengurangan difraksi, anti-kondensasi, HDR, dan AWB untuk mengoptimalkan kualitas pencitraan kamera bawah layar dengan lebih baik.

Ke depannya, OPPO akan terus fokus pada penerapan teknologi pencitraan pengembangan mandiri dan semakin memperkuat kerja samanya dengan mitra industri untuk memberikan pengalaman pencitraan yang lebih baik kepada pengguna.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1499 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.