Diperbaharui pada Kamis, 11 Februari 2021 | 14:43

Qualcomm Snapdragon X65, Modem 5G 10 Gbps Pertama di Dunia

Qualcomm Snapdragon X65, Modem 5G 10 Gbps Pertama di Dunia-0Foto: Qualcomm

Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon X65, modem 5G RF System, generasi ke-4 pertama di dunia yang memiliki kecepatan 10 Gbps.

Qualcomm adalah sebuah perusahaan publik asal Amerika Serikat yang bergerak di industri komunikasi, dan produknya kerap dijadikan sebagai patokan standar spesifikasi smartphone.

Modem Snapdragon X65 ini dibuat untuk mendukung kecepatan 5G dengan menggunakan performa nirkabel seperti fiber, serta menggunakan spektrum yang tersedia untuk fleksibilitas jaringan, kapasitas, dan jangkauan yang maksimal.

President dan CEO Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, mengatakan kalau modem tersebut membuka kemungkinan baru untuk perluasan 5G pada mobile broadband, komputer, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel.

Selain modem snapdragon X65, Qualcomm juga meluncurkan modem 5G RF system Snapdragon X62, yang merupakan solusi modem-to-antenna untuk penggunaan umum pada pengaplikasian mobile broadband.

Modem Snapdragon X65 menawarkan kecepatan unduh hingga 10 Gbps menggunakan bandwidth 1.000 MHz . Sementara modem Snapdragon X62 mampu mencapai 4,6 Gbps menggunakan bandwidth 400 MHz.

Qualcomm Snapdragon X65, Modem 5G 10 Gbps Pertama di Dunia-1

Kedua modem tersebut dirancang untuk antena QTM545 mmWave yang baru, berguna untuk memancarkan daya yang lebih tinggi dari desain sebelumnya, dan mendukung semua frekuensi mmWave global, termasuk band n259 (41 GHz) yang baru.

Qualcomm mengonfirmasi juga kalau mereka sedang mengembangkan teknologi “AI antenna tuning” pertama di dunia. Teknologi ini mampu mendeteksi genggaman tangan manusia dalam sebuah perangkat yang 30% lebih akurat. 

Teknologi ini akan membantu meningkatkan kecepatan data, cakupan, dan menghemat penggunaan baterai.

Selain itu, terdapat juga teknologi 5G PowerSave 2.0, yang memanfaatkan fitur Release 16 seperti Connected-Mode Wake-Up Signal. Fitur ini memungkinkan modem untuk standby lebih lama, dan aktif ketika diperlukan, serta dapat mengurangi pemakaian daya sekitar 10%.

Pada saat ini, sampel produk tersebut masih dalam tahap penggunaan oleh OEM dan akan diluncurkan untuk smartphone yang dirilis pada tahun 2021.

Kira-kira smartphone dari produsen mana yang akan pertama kali menggunakan kedua modem ini, ya?

Like us!
Suci Risanti

Contributor

212 Posts