Beda Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Dan Xiaomi Mi CC9e

Oleh Arini Putrie updated Selasa, 16 Jul 2019 | 17:57

Xiaomi Mi CC9

image via journalbuzz

Beberapa waktu yang lalu Xiaomi sempat mengutarakan keinginannya untuk memproduksi smartphone flagship, alias ponsel dengan harga yang mahal dan spesifikasi yang premium. Padahal selama ini Xiaomi dikenal sebagai pembuat merk smartphone yang harga murah makanya masyarakat Indonesia cukup banyak yang menggunakan produk smartphone dari Xiaomi yang punya spesifikasi oke tapi harganya tidak semahal ponsel dengan spesifikasi yang setara dengan Xiaomi. 

Memiliki tujuan untuk mewujudkan keinginan tersebut munculah seri ponsel terbaru dari Xiaomi yaitu Xiaomi CC yang secara perdana akan memiliki dua varian umum yaitu Xiaomi Mi CC9 dan Xiaomi Mi CC9e, ditambah dengan satu varian Xiaomi Mi CC limited edition. Apa saja yang menarik dengan seri ponsel baru ini?

Tentang Xiaomi CC

Keberadaan Xiaomi CC diumumkan pada bulan Juni lalu di mana pada pengumumannya, Xiaomi membocorkan makna dari nama seri CC. CC bisa berarti kependekan dari camera + camera, bisa juga diartikan mewakili kata-kata chic, cool, colorful, dan creative. Dari namanya bisa ditebak bahwa ponsel ini dipasarkan untuk anak muda yang modern dan penuh gaya dengan keunggulan di bagian kamera dengan kemampuan memotret yang unggul yang kini menjadi fitur wajib bagi produk smartphone baru.

Xiaomi CC akan diluncurkan di bawah brand Mi di mana produk-produk dari brand ini memiliki desain gaya yang lebih trendy, inovasinya kreatif, seperti produk seri Mi dan Mi Mix yang sudah ada sebelumnya. Yang tidak kalah seru, Xiaomi CC adalah hasil kolaborasi Xiaomi dengan Meitu yang merupakan perusahaan produsen smartphone dan aplikasi selfie yang cukup populer di Tiongkok dan sekitarnya.

Dengan menggandeng Meitu, Xiaomi CC dibuat untuk menjadi smartphone kamera selfie dan kamera utama dengan pengolah gambar yang kreatif dan lebih canggih, didasari dengan teknologi AI yang juga dimiliki oleh Meitu.

Perbedaan spesifikasi Xiaomi Mi CC9 dan Xiaomi Mi CC9e

Xiaomi Mi CC9

Dua varian utama yang akan menjadi produk perdana Xiaomi untuk seri CC adalah Xiaomi Mi CC9 dan CC9e, sementara satu varian edisi terbatas kabarnya adalah CC dengan DNA Meitu yang memiliki desain dan juga perangkat lunak khusus dari Meitu untuk menambah fitur pada kamera. Mi CC9 dan CC9e memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah hal-hal yang membedakan di antara keduanya.

1. Tampilan desain

Dalam sebuah bocoran foto untuk dua varian ini terlihat bahwa Xiaomi Mi CC9 memiliki warna biru dengan corak kelereng bergradasi yang membuatnya tampak modern dan sleek, sedangkan untuk CC9e memiliki warna yang lebih playful menyerupai warna pelangi unicorn. CC9 memiliki ukuran 6,39 inci dengan CC9e yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu sekitar 6,08 inci. Keduanya menggunakan teknologi layar HD dan AMOLED dan dilapisi dengan Gorilla Glass 5.

2. Prosesor

Perbedaan lain yang cukup signifikan selain ukuran layarnya adalah prosesor yang digunakan. Xiaomi Mi CC9 menggunakan Qualcomm Snapdragon 710 10 nm octa-core, didukung dengan Adreno 616 GPU. Sementara Mi CC9e menggunakan Qualcomm Snapdragon 665 11 nm dengan Adreno 610 GPU. CC9 akan memiliki pilihan RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB atau 128 GB, sedangkan CC9e akan memiliki pilihan RAM 4 atau 6 GB RAM dengan memori internal 64 GB dan 128 GB.

3. Fitur fast charging

Beda selanjutnya terletak pada fitur fast charging yang dimiliki oleh keduanya. Meski memiliki kapasitas baterai yang sama yaitu 4030 mAh, CC9 didukung oleh 18 W fast charging dengan teknologi QC 4, sedangkan CC9e menggunakan 10 W. CC9 juga bagian dari hp dengan fitur NFC sedangkan CC9e tidak.

Kelebihan Xiaomi Mi CC9 dan Xiaomi Mi CC9e

Sebagai smartphone kamera, keunggulan utama Mi CC9 dan CC9e terletak pada kameranya. Keduanya memiliki spesifikasi kamera yang sama yaitu kamera belakang yang memiliki tiga buah lensa dengan sensor 48 MP dengan aperture f/1.79, 8 MP dengan lensa wide angle f/2.2, dan 2 MP yang bisa bisa memberikan kedalaman dimensi pada hasil gambar f/2.4. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor 32 MP yang diletakkan dengan model notch pada bagian depan tengah layar. 

Kamera yang disematkan pada Mi CC9 dan CC9e  sudah dilengkapi dengan berbagai macam perangkat lunak pengolah gambar misalnya variasi modes, Mimoji, teknologi AI untuk mendeteksi lingkungan sekitar, pengaturan pencahayaan yang juga sudah didukung dengan teknologi AI, merekam video dengan resolusi yang tinggi, dan masih banyak lagi fitur kamera lainnya.

Kelebihan lainnya juga terletak pada segi desain yang sudah modern dan mengikuti perkembangan tren saat ini. Layarnya sudah minim bezel yang hanya memiliki aksen notch untuk kamera depan. Layarnya juga sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5 agar tidak mudah retak dan tergores. Pilihan warnanya pun memiliki gradasi yang kini juga sedang menjadi tren di kalangan pengguna smartphone yang berusia muda karena lebih stylish.

Bocoran Harga Xiaomi Mi CC9 dan Xiaomi Mi CC9e

Untuk saat ini Xiaomi Mi CC9 dan CC9e baru dipasarkan di Tiongkok dengan harga  Mi CC9 1.799 yuan atau setara dengan Rp3,7 jutaan untuk varian 6/64 GB, dan 1.999 yuan atau sekitar Rp4,1 jutaan untuk varian 6/128 GB. Sedangkan untuk CC9e dibanderol dengan harga 1.299 yuan atau Rp2,6 jutaan untuk varian 4/64 GB, dan 1.5999 yuan atau Rp3,2 jutaan untuk varian 6/128 GB. Ponsel seri CC ini sudah mulai dijual di Tiongkok sejak tanggal 5 Juli lalu. Kira-kira Indonesia kebagian tidak ya?

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait