Review Huawei Mate 20, Performa Kencang Kamera Banyak

Oleh Imam Ali updated Kamis, 20 Des 2018 | 09:36

Huawei Mate 20
Huawei Mate 20 terbaru dari produsen Huawei ini sejatinya memang di hadirkan sebagai versi smartphone murah dari Huawei Mate 20 Pro. Namun tunggu dulu, meski berada di bawah bayang-bayang Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20 tetap memiliki spesifikasi yang tak kalah jauh dari sang bintang.

Performa maksimal yang dimiliki Huawei Mate 20 ini juga ditunjang dengan spesifikasi bodi yang mumpuni. Pastinya tahukan, selain performa dan bebodi kece, Huawei Mate 20 juga dilengkapi dengan fitur terhandal yakni 3 buah kamer punggung.

Pricebook akan bahas dan ulas bagaimana kesan, kelebihan hingga kekurangan dari Huawei Mate 20. Agar lebih jelas dan mungkin bisa menambah pilihan smartphone akhir tahun yang harus Anda miliki.

Desain Huawei Mate 20

Huawei Mate 20
Sebelum masuk ke ranah yang serius mari kita bahas desain yang dimiliki Huawei Mate 20. Memiliki warna yang unik layaknya motor custom yang diberi warna bunglon. Warna ini dipanggil dengan nama Twilight oleh Huawei.

Smartphone Huawei Mate 20 terbaru memiliki dimensi 157,8 x 72, 3 x 8, 6 mm dengan bobot 180 g dengan body full aluminium dan glass. Bezel tipis, layar berponi dengan kamera depan, dan satu lagi karakter mirror atau kaca pada bodi bagian belakang menjadikannya tak kalah dengan Huawei Mate 20 Pro.

Sayangnya, disaat yang lain sudah menggunakan layar sidik jari, Huawei Mate 20 masih membenamkan sidik jari di bagian belakang bodi tepat di bawah kamera. Meski besar, tubuhnya tetap ringan dan tergolong tipis.

Logo tulisan Huawei dan juga Leica tersemat dengan rapi di bagian belakang bodi. Warna twilight yang dimiliki menambah kesan cantik dan elegan, meskipun sebenarnya ada tiga varian warna berbeda yakni twilight, midnight blue, dan juga black.

Layar Huawei Mate 20

Huawei Mate 20
Layar Huawie Mate 20 ini memiliki kesan yang lebar luas, ini karena factor bezel tipis dengan bentang layar 6.53 inch. Bicara soal resolusi, Huawei membekali Mate 20 dengan resolusi FHD 2244x1080 serta kepadatan mencapai 381ppi dan tipe layar AMOLED Capacitive Touchscreen.

Layarnya sudah bersertifikat IP53, sehingga jangan khawatir dengan debu dan percikan. Bahkan diperkuat dengan sertifikat IP68 yang mampu memberi ketahanan untuk Huawei Mate 20 pada kedalaman 2 meter di bawah permukaan air dalam waktu

Dengan resolusi yang dimiliki, Anda pasti sudah bisa membayangkan seberapa jernih layar dari Huawei Mate 20. Ketangguhan Smartphone Huawei Mate 20 terbaru terbukti dengan hadirnya fitur anti air IP68 dengan ketahanan 30 menit di dalam air dengan jarak hingga 2 meter.

Layar Full Frame yang dimiliki cukup nyaman digunakan meskipun ada poni yang tersemat tetap tidak mengurangi kenyamanan. Penguji sudah mencoba sendiri ketika bermain game, menonton video baik Youtube maupun Hoox.

Kamera Huawei Mate 20

Huawei Mate 20
Banyak hal menakjubkan dari Huawei Mate 20 terbaru di sektor ini. Mulai dari triple kamera yang digendong bersertifikat Leica. Di bagian depan terdapat satu buah kamera tepat di bagian poni. Total, smartphone Huawei Mate 20 ini memiliki 4 buah kamera sebagai senjata di sektor photografi.

Tak hanya triple kamera Leica yang jadi persembahan utama di sektor kamera. Bahkan, mode pemotretan tak hanya terpaku pada foto dan juga video semata. Untuk spesifikasi kamera belakan triple Leica sendiri adalah 12 MP (Wide Angle Lens, f/1.8 aperture) + 16 MP (Ultra Wide Angle Lens, f/2.2 aperture) + 8 MP (Telephoto, f/2.4 aperture).

Ketiganya ditunjang dengan tiga mode autofocus yakni, laser focus, phase focus, contrast focus. Selain tiga mode autofocus ketiga kamera Leica Huawei Mate 20 juga sudah supports AIS atau Huawei AI Image Stabilization.

Untuk kamera depan sebagai penunjang selfie, Huawei membekali Mate 20 dengan lensa kamera beresolusi 24 MP dengan f/2.0 aperture. Di dalamnya juga terdapat banyak fitur penunjang swafoto. Hebatnya, dalam percobaan baik itu selfie, maupun wefie hasil gambar tidak terlihat norak.

Huawei Mate 20
Karena dari beberapa kasus smartphone selfie dengan kamera depan besar memberikan hasil yang terkesan lebay. Warna yang ditampilkan memang terdapat perubahan tapi tetap natural dan masih bisa diterima dengan baik oleh mata.

Untuk bokeh, jangan lagi ditanya, karena sangat segar sekali kamera Huawei Mate 20 menampilkannya. Pun demikian dengan video, AIS yang dimiliki berperak sangat aktif hingga menjadikan setiap moment terekam dengan bersih tanpa getaran maupun guncangan, meskipun pengambilan gambar dalam keadaan shaking.

Fitur lain juga tak kalah menarik, karena selain wide angle dan juga ultra wide angle, Huawei menyisipkan fitur lain seperti panorama, 3d panorama yang bisa membuat gambar terlihat hidup bahkan menjadi 360. Kemudian ada time lapse, slow motion hingga fitur ragam watermark yang menjadikan hasil bidikan lebih menarik.

Hasil Kamera Huawei Mate 20

Pasti penasaran dengan hasil rentetan kamera yang dimiliki Huawei Mate 20 kan? Kali ini Pricebook tidak akan pelit berbagi hasil kamera dari Huawei Mate 20 yang menurut penguji terbilah mewah dan ciamik. Namun penilaian tetap kembali kepada Anda para calon pemilik, mungkin saja ada yang langsung ingin naik kelas ke seri pro agar bisa berfoto dengan Huawei Mate 20 Pro.

1. Gambar Bokeh Huawei Mate 20

Mode Auto Huawei Mate 20 yang dimiliki sangat baik menangkap objek dengan latar bokeh ataupun bokeh di bagian depan objek.

Hasil foto Huawei Mate 20
Hasil foto Huawei Mate 20
2. Wide, Zoom 1x, dan Zoom 2x

Huawei Mate 20 memiliki mode zoom yang bervariasi. Mulai dari wide, zoom 1x, dan terakhir zoom 2x. Hasilnya pun tidak jauh menurun pada mode zoom 1x dan zoom 2x. Gambar yang dihasilkan tetap jernih dan kerapatan pixel yang disuguhkan tetap maksimal.

Hasil foto Huawei Mate 20
3. Mode Pro Landscap

Penguji mencoba menggunakan mode Pro dengan sedikit pengaturan pada aperture dan juga speed. Hasil gambar yang di dapat kembali membuat penguji tertawa bahagia, karena hasilnya terlihat seperti sedang menggunakan kamera profesional seperti DSLR ataupun prosumer dan juga mirrorless.

Hasil foto Huawei Mate 20
4. Selfi dan Wefie Huawei Mate 20

Ini bagian yang dicari, adalah selfie dan juga wefie. Swafoto biasanya selalu menjadi parameter bagus atau tidaknya kamera depan dari sebuah ponsel atau smartphone. Nah, berikut hasil selfie dan wefie dari Huawei Mate 20.

Hasil foto Huawei Mate 20
5. Shutter Speed Huawei Mate 20 Kencang

Shutter Speed yang dimiliki Huawei Mate 20 terhitung kencang. Penguji bisa mengambil gambar secepat kilat hingga mampu menghasilkan gambar freeze yang sangat baik.

Hasil foto Huawei Mate 20
6. Night Mode, Normal, Dan Senja Huawei Mate 20

Mode yang satu ini juga pastinya paling dilirik, night mode. Night Mode yang dimiliki oleh Huawei Mate 20 menghasilkan warna dan ketajaman yang halus. Gambar di bawah di ambil pada senja hari dan juga malam hari.

Hasil foto Huawei Mate 20
7. Filter, Light Painting dan juga Watermark Huawei Mate 20

Untuk mempercantik hasi foto dari Huawei Mate 20, Anda bisa menggunakan filter bawaan yang sudah disediakan. Selain itu, masih banyak mode photografi lain termasuk light painting dan juga watermark. Untuk watermark, Anda bisa gunakan animasi atau watermark langsung standar Huawei Leica.

Hasil foto Huawei Mate 20
Performa Huawei Mate 20 

Performa Huawei Mate 20

Spesifikasi Huawei Mate 20 terbaru ini juga menjanjikan sebuah sistem operasi yang paling fresh dan masih jarang digunakan oleh kebanyakan smartphone, termasuk smartphone kelas premium dari brand yang lain, Smartphone Huawei Mate 20 terbaru hadir dengan OS Android 9 ( Pie ) terbaru yang sangat istimewa. Smartphone Huawei Mate 20 terbaru membawa sejumlah hardware dengan kualitas tinggi dengan dukungan chipset Kirin 980 dengan berpadu antara CPU dan GPU canggih yang saling bersinergi.

Untuk CPU, Smartphone Huawei Mate 20 terbaru ini hadir dengan prosesor Octa Core berkecepatan tinggi hingga 2, 6 GHz. Sedangkan untuk GPUnya, HP ini memilih GPU Mali G76 MP10 sebagai penggerak grafis yang powerful. Pastinya sangat powerfull ketika digunakan untuk bermain PUBG sampai Chicken Dinner.

Untuk menunjang produktivitas Anda yang tinggi, dengan menawarkan harga yang relatif murah, Smartphone Huawei Mate 20 terbaru membawa memory dengan kapasitas yang besar, untuk RAM berkapasitas 6 GB (namun ada varian lain yang menawarkan RAM 8 GB ) sedangkan untuk ROM sebesar 128GB.

Dengan keberadaan memori dengan kapasitas besar, menjanjikan kemampuan multitasking yang optimal, serta penyimpanan internal yang luar biasa untuk menyimpan beragam file tanpa takut kehabisan ruang.

Huawei Mate 20 juga cukup mumpuni di sektor konektivitas, banyak band atau jaringan yang tercakup dalam smartphone Huawei ini. Selain itu, fungsi NFC, Bluetooth, type C bertype SuperCharge dengan sertifikasi TUF sehingga aman meskipun ditinggalkan ketika dalam proses charging. 

Baterai Huawei Mate 20

Kapasitas baterai diplot pada 4000mAh, namun dalam pengujian Pricebook hanya menemukan pada 3743mV voltasenya. Tapi tenang, kekuatan SuperCharge dengan sertifikasi TUF yang dimiliki sangat berarti, terutama dalam hal kenyamanan dan keamanan. 

Selain itu, baterai yang dimiliki mampu bertahan selama 7 jam dalam drain test yang dilakukan menggunakan PC Mark. Secara real, dari 85% baterai, Huawei Mate 20 mampu bertahan hingga 4 jam nonstop saat digunakan bermain PUBG.

Itu termasuk waktu yang lama dengan kualitas pengisian yang super cepat, bahkan kurang dari 1 jam. Terhitung hanya membutuhkan waktu 57 menit untuk mendapatkan kualitas baterai 100%.

Kesimpulan

Huawei Mate 20 terbaru ini sangat penguji rekomendasikan bagi Anda yang tidak hanya sekedar mengincar kamera. Tapi juga dari segi performa dan ketahanan, Huawei Mate 20 ini bisa dikatakan tangguh di kelasnya.

Huawei juga memberikan pilhan lain dengan ikut menghadirkan versi Huawei Mate 20 Pro dengan kapasitas resolusi kamera yang lebih besar.

Produk Huawei Mate 20 Lainnya

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Huawei Mate 20 RAM 4GB 6.53 inch Kirin 980 9 4 GB 128 GB Mali-G76 MP10 12 MP 4000 mAh
Huawei Mate 20 X 128GB 7.2 inch Kirin 980 Android 9.0 (Pie) 6 GB 128 GB Mali-G76 MP10 40 MP -
Huawei Mate 20 RS Porsche Design 6.39 inch Kirin 980 Android 9.0 (Pie) 8 GB 256 GB Mali-G76 MP10 40 MP -
Huawei Mate 20 Pro 6.3 inch Kirin 980 Android 8.0 (Oreo) 6 GB 128 GB Mali-G76 MP10 40 MP 4200 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Artikel Terkait

Komentar

Erbe Kamis, 20 Des 2018 | 21:26
Keren sekali keluaran dari huawei ini bisa bersaing dengan preduk smartphone lainnya
Melin Jumat, 21 Des 2018 | 01:00
Huawei memang smartphone yang terpercaya, karena saya juga menggunakan merk yang sama. Saya senang dengan huawei
Agus wicaksono Sabtu, 22 Des 2018 | 04:47
Good