Diperbaharui pada Rabu, 8 April 2020 | 15:10

6 Gadget Work From Home Penting agar Pekerjaan Lancar

Oleh Nur Abdillah

Gadget Work From Homevia Pexels

Belakangan ini, dunia sedang digemparkan dengan kemunculan virus corona yang diindikasi berasal dari Kota Wuhan Cina. Penyebaran virus ini bisa dikatakan sangat cepat, tidak mengenal usia dan status ekonomi.

Sehingga semuanya diwajibkan untuk waspada. Pemerintah Indonesia membuat kebijakan work from home untuk memutus rantai penularan ini. Ketika kebijakan ini diterapkan, pastinya harus ada teknologi atau gadget yang bisa mendukung agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Gagdet untuk Work from Home

1. Modem Wifi dengan Jangkauan Luas

Modem Wifi
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi membuat manusia ketergantungan terhadap keberadaan internet. Yang mana diandaikan seperti hidup di dalam gua. Karena semua informasi ada di sana. Kelebihannya membuat komunikasi menjadi lebih mudah, memberikan hiburan dikala tress dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Belakangan ini, para ahli teknologi membuat terobosan baru. Yaitu mengembangkan alat yang membuat manusia selalu terkoneksi dengan internet. Salah satunya adalah modem wifi yang menciptakan pengalaman internet Anda menyenangkan dan lancar. Tapi dengan syarat harus ada provider operator  seluler sebagai penunjang. 

Pengertian lengkapnya adalah sebuah perangkat keras yang menyambungkan ke internet dengan berbagai perangkat. Seperti tablet, komputer atau smartphone tanpa menggunakan kabel. Sangat praktis dan bisa dibawa kemanapun pemiliknya pergi. Juga bisa memeriksa  status paket data. Sehingga Anda bisa mengantisipasi jika kuota akan habis. 

Fitur yang dimilikinya juga hampir sama dengan ponsel. Mampu mengirim dan menerima pesan SMS. Tapi harus dihubungkan terlebih dahulu dengan komputer atau laptop. Tenang, tidak akan membutuhkan listrik kok karena di dalamnya sudah tertanam baterai yang membuat modem tetap aktif. Anda hanya perlu mengisi dayanya saja. 

2. Laptop

LaptopLaptop adalah perangkat yang tidak asing lagi bagi para pekerja, karyawan atau mahasiswa. Alat ini mempunyai banyak kelebihan dan fungsi. Seperti membuat presentasi, desain, alat komunikasi dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi dalam memilih laptop yang tepat agar pekerjaan bisa berjalan dengan lancar : 

- Laptop Mainstream

Bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin meminimalisir budget. Dibandrol dengan harga 6 hingga 10 juta, tergantung fitur dan spesifikasi di dalamnya. Anda bisa memilih laptop dengan layar 14inch, yang sudah diinstall sepaket dengan OS Windows, prosesor intel core i3, dan tidak memiliki tambahan VGA. 

Kecuali jika Anda membutuhkan aplikasi desain seperti corel draw, photoshop dan lain-lain 

- Laptop yang Ringan dan Tipis

Jika memang Anda ingin lebih berhemat soal listrik di tengah wabah virus ini. Maka laptop ultrabook adalah pilihannya. Karena sangat hemat daya, Anda bisa memilih yang menggunakan intel core M. Dengan desain bentang layar sangat tipis yaitu 11-13 inch.

- Laptop Tipis dan Powerfull

Anda membutuhkan laptop yang cukup kuat untuk bekerja. Ultrabook dengan intel core i series adalah pilihan yang tepat. Umumnya dibandrol dengan harga 11-17 jutaan. Paling populer adalah jenis Acer Aspire S Series dan Asus Zenbook Series. 

- Laptop Aman

Apabila Anda menjabat sebagai seorang yang bertanggung jawab untuk mengemban rahasia perusahaan. Maka pilihan laptop jenis aman adalah pilihan yang tepat. Karena sengaja didesain agar tidak mudah terbentur dan penyimpanan yang awet. Biasanya setiap kantor memilikinya. Anda bisa meminjamnya untuk bekerja dari rumah. 

Bagi yang mencari laptop, bisa lihat rekomendasinya di artikel di bawah ini :

Laptop Murah Berkualitas Harga 3-4 Jutaan
Rekomendasi Laptop Tipis Terbaik
Laptop Core i9 Terbaik

3. Conference Speaker

conference speaker
Kalau yang satu ini adalah teknologi terbaru yang digunakan untuk melakukan konferensi, kuliah atau rapat jarak jauh. Tujuannya agar suara bisa terdengar dengan jelas dan dimengerti oleh pihak lawan. Sebenarnya tidak masalah jika conference speaker ini tidak ada. Tetapi konsekuensinya Anda harus bersedia mengencangkan suara.

Anda bisa membelinya di toko elektronik. Tetapi ingat ya apabila terpaksa keluar rumah maka harus memperhatikan protokol kesehatan dari Pemerintah. Karena tidak tahu kapan virus tersebut menghampiri dan saat apa. Tetap jaga kebersihan dan rajin olahraga adalah kuncinya. 

Speaker Bluetooth murah

4. Webcam

WebcamAwal kemunculannya, webcam masuk dalam kategori barang mahal. Namun seiring berjalannya waktu, harganya menjadi lebih bersahabat. Banyak sekali jenisnya yang ada di pasaran. Seperti menggunakan USB port, wireless dan lainnya. Dilengkapi dengan fitur-fitur berikut : 

  • Kemampuan digeser dan bisa menyesuaikan posisi sang pengguna 
  • Sensor built in yang mampu mendeteksi jika ada pergerakan di depannya 
  • Lampu indikator sebagai penanda bahwa kamera tersebut sedang aktif 
  • Mikrofon dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Di tengah wabah covid 19 ini, penggunaan webcam semakin marak sebagai alat komunikasi jarak jauh. Biasanya beberapa orang mendukungnya dengan perangkat lunak yaitu skype. Untuk cara kerjanya sendiri, webcam menangkap cahaya lewat lensa kecil yang ada di bagian depan. Dibantu dengan detektor yang terpasang pada microchip. 

Anda bias memasangnya di atas komputer atau laptop dan menyiarkan video secara live. Namun, webcam tidak memiliki memori sehingga tidak bisa digunakan unuk menyimpan gambar.  

Berikut harga webcam yang bisa Anda pilih :

Nama Harga di Pasaran
M-TECH WB-100 Rp 95.000
Havit HV-V612 Rp 118.000
SNOWWOLF S21 belum ada harga
A4Tech PK-710G Rp 241.000
Logitech C270 Rp 289.000
Logitech C310 Rp 299.000
Logitech C525 Rp 674.700
Logitech B525 Rp 490.000
Microsoft LifeCam HD-3000 Rp 607.500
Logitech C920 Rp 1.350.000
Logitech Brio Rp 3.651.000
Logitech BCC950 Rp 3.201.000

5. Headphone

HeadphoneYaitu speaker kecil yang cara penggunaannya ditempelkan di dekat telingan. Disambungkan ke berbagai perangkat seperti radio, komputer, mp3 player atau yang lainnya menggunakan kabel. Terdiri dari dua bentuk yaitu penuh yang menutupi semua telinga dan earphone yang hanya menutupi lubangnya saja. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan selera masing-masing. 

Keuntungan headphone mampu menghasilkan suara dengan kualitas yang baik. Sehingga apabila ada rekan yang mengirimkan voice note atau sedang melakukan video conference Anda bisa mendengarkannya dengan jelas. Tapi kekurangannya, apabila terlalu sering digunakan maka akan mengakibatkan gendang telinga menjadi sakit. 

Sehingga pengaturan volume menjadi cukup penting. Berbeda dengan headset yang sudah dilengkapi dengan microphone. Sehingga bisa berkomunikasi dengan lawan melalui video call, sosmed atau yang lainnya. 

Kalau sedang mendengarkan musik sambil bekerja lebih seru menggunakan headphone, agar lebih rileks. Tapi jika untuk rapat online lebih baik menggunakan headset. Sekarang Anda tinggal menentukan mau memilih yang mana.

Headphone dengan Fitur Noise Cancelling
Headset Bluetooth Murah
Earbuds TWS Terbaik

6. Multi Charger/Stop Kontak

Multi Charger/Stop KontakPengertian stop kontak adalah material instalasi yang berfungi sebagai pusat penghubung antara arus dan peralatan yang membutuhkan listrik agar tetap berjalan. Terdiri dari dua jenis, kegunaan dan fungsinya adalah : 

  • Stop kontak kecil, yang terdiri dari dua lubang kanal. Fungsinya untuk menyalurkan listrik melalui steker pada peralatan yang memiliki daya rendah dan berjenis kecil. 
  • Stop kontak besar yaitu terdiri dari dua kanal AC dan dilengkapi dengan lempeng logam di sisi bawah dan atas. Fungsinya sebagai ground sakelar dan biasanya digunakan untuk peralatan yang memiliki daya besar. 

Sedangkan apabila ditinjau dari tempat pemasangannya : 

  • Stop kontak out bow, yang biasa ditemui di luar tembok atau di permukaan. Berfungsi sebagai penghubung arus listrik portable. 
  • Stop kontak in bow yang dipasang di dalam tembok. 

Apabila 6 gadget di atas Anda miliki di rumah dan digunakan untuk WFH. Dijamin pekerjaan menjadi lancar dan aman terkendali. Tidak ada lagi hambatan yang berarti dan Anda masih bisa produktif di tengah wabah ini.

Like us!

Komentar