Diperbaharui pada Senin, 27 Desember 2021 | 09:45

15 Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan PC

cara mempercepat koneksi internet di laptop dan pc
Pandemi merubah kebiasaan semua orang, termasuk dalam bekerja. Beberapa perusahaan masih ada yang menerapkan sistem kerja dari rumah -work from home (WFH)-, beberapa menerapkan sistem shift. Hal ini membuat kebutuhan internet yang cepat juga ikut meningkat.

Salah satu kendala utama ketika harus bekerja dari rumah adalah tidak stabilnya jaringan internet yang kadang mengganggu pekerjaan. Biasanya masalah akan muncul ketika koneksi jaringan internet di rumah lemot.

Karyawan yang masih bekerja dengan sistem WFH sangat bergantung pada internet. Agar pekerjaan lancar, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mempercepat koneksi wifi di laptop dan PC.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan PC

Internet, terutama bagi yang menggunakan wifi, sangat bergantung pada kestabilan jaringannya. Selain itu, lokasi juga turut memengaruhi bagus atau tidaknya jaringan internet.

Terdapat banyak cara untuk mempercepat koneksi internet di komputer Anda. Cara-cara berikut ini sebagian besar dapat dilakukan tanpa perlu menambah aplikasi tertentu, dan cukup mudah untuk dilakukan.

Selain itu, dengan meminimalisir penggunaan aplikasi pihak ketika, maka tingkat keamanan terhadap laptop dan PC juga jadi lebih terjamin. Berikut cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan PC.

1. Periksa Kecepatan Internet

Salah satu penyebab jaringan internet lambat adalah kecepatan paket internet yang tidak sesuai dengan apa yang sudah Anda bayarkan. Misalnya Anda sudah membeli paket dengan speed 10MB/s, namun yang didapatkan jauh lebih rendah.

Hal ini dapat Anda ketahui dengan cara mengecek kecepatan koneksi internet di tempat Anda berada. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah jaringan internet Anda bagus atau tidak.

Untuk melakukan ini, Anda bisa memanfaatkan layanan dari situs seperti speedtest.net, untuk melihat apakah kecepatan internet yang Anda dapat sesuai dengan paket pembelian dari layanan provider internet yang Anda gunakan.

Bila hal ini terjadi, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan komplain melalui layanan call center dari provider internet yang Anda gunakan.

2. Ganti Provider Internet

Foto: IniMedia.co.id

Bila kendala di atas terjadi kepada Anda dan tidak ada solusi dari pihak provider, maka opsi untuk mengganti provider dapat dipertimbangkan. Namun perlu dicatat, mengganti provider tidak selalu karena layanan yang buruk, ya.

Terkadang ada kondisi tertentu yang menyebabkan kita harus mengganti provider internet. Di bagian ini, kita akan fokus pada masalah teknis saja, bukan layanan yang buruk.

Misalnya begini, saat ini Anda menggunakan provider X untuk internetan di rumah. Tapi entah kenapa, kecepatan internetnya sangat lambat, padahal teman Anda yang menggunakan provider sama di daerah lain mendapatkan jaringan internet yang jauh lebih cepat.

Hal ini bisa saja terjadi karena lokasi tempat Anda tinggal memilki jaringan yang lebih lemah dari temen Anda, jadi kami sarankan untuk mengganti provider yang mungkin lebih cocok dengan lokasi tempat tinggal.

3. Cek Aplikasi dan Program yang Memakan Banyak Kuota

Salah satu penyebab lain dari koneksi internet yang menjadi lambat adalah karena terlalu banyaknya aplikasi atau program yang berjalan di background laptop atau PC tanpa Anda ketahui.

Aplikasi dan program tersebut biasanya memakan cukup banyak data internet. Agar terhindar dari masalah ini, maka Anda bisa mengeceknya dengan mengikuti langkah-lankah berikut.

  • Tekan tombol 'Ctrl + Shift + Esc' pada keyboard Anda secara bersamaan, yang merupakan shortcut untuk membuka jendela 'Task Manager'.
  • Selain menggunakan shortcut, Anda juga bisa membuka Task Manager dengan mengetik dan mencari di menu 'Start'.
  • Pada Task Manager, pilih menu 'Performance', kemudian klik 'Open Resource Monitor'.
  • Pilih 'Network' untuk melihat aplikasi-aplikasi yang mengonsumsi data internet. Semakin banyak aplikasi yang mengonsumsi data internet Anda, maka semakin lambat pula akses internet yang dimiliki.
  • Jika Anda berlangganan paket internet premium, aplikasi penyedot data internet ini tidak menjadi masalah, tapi jika koneksi yang Anda miliki kecil, maka hal ini bisa menyulitkan.
  • Anda bisa melihat mana program atau aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, dan pilih 'End Process' untuk menutupnya.

4. Jangan Terlalu Sering Download File

Cara mempercepat koneksi internet di komputer berikutnya adalah jangan terlalu sering melakukan download. Apalagi jika Anda sedang mendownload file sambil melakukan browsing secara bersamaan. Tindakan ini dapat menyebabkan sambungan internet melambat.

Download atau megunduh file, terutama dalam ukuran besar, membutuhkan banyak data, sehingga koneksi internet akan dibagi dan data akan lebih banyak dipakai oleh aktivitas download tersebut.

Untuk mengatasinya, atur prioritas Anda pada saat menggunakan internet. Jika ingin mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan jaringan internet, maka tunda dulu aktivitas download sampai pekerjaan Anda selesai.

5. Scan PC Agar Bersih dari Virus dan Malware

Keberadaan malware dan virus dalam komputer tidak hanya akan memperlambat kinerjanya saja, lebih dari itu, koneksi internet Anda juga akan melambat, karena program berbahaya tersebut akan menyedot banyak data. Terlebih jika komputer terinfeksi adware.

Program-program berbahaya ini menyedot banyak data karena akan berjalan tanpa persetujuan Anda, dan sangat sulit untuk dihilangkan. Contoh kerugian yang terjadi antara lain munculnya iklan berupa atau iframe.

Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan antivirus dan melakukan pemindaian pada komputer secara berkala, agar terhindar dari masalah ini, dan keamanan komputer Anda terjaga.

6. Periksa FUP Internet

Ini yang sering tidak diperhatikan oleh orang-orang yang menggunakan provider internet. Kami beri gambaran begini, Anda adalah pelanggan provider internet X dengan kecepatan koneksi 10MB/s, tapi Anda mendapatkan FUP sebesar 50GB.

Jika di akhir atau tengah bulan kecepatan internet tiba-tiba menjadi lambat, bisa jadi karena Anda sudah menggunakan internet melebihi batas FUP yang telah ditetapkan oleh pihak provider X.

FUP sendiri bisa dibilang sama seperti kuota internet, jika mencapai batas maksimum, maka kecepatan internet Anda yang awalnya 10MB/s akan diturunkan sesuai dengan ketentuan provider.

Karena itu, sebelum berlangganan jaringan internet, Anda harus pastikan dulu FUP dari provider internet yang akan digunakan. Selain itu, cek juga secara berkala.

Jika FUP masih utuh namun koneksi internet menjadi sangat lambat, berarti masalahnya bukan pada koneksi internet. Bisa jadi karena kerusakan pada modem, kabel jaringan, atau kendala langsung dari pusat. Segera laporkan hal ini ke provider.

7. Upgrade Speed Koneksi Internet

Lambatnya koneksi internet tidak selalu terjadi akibat buruknya layanan dari provider, namun bisa jadi karena kecepatan yang kita dapatkan tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang ada.

Contohnya, Anda menggunakan internet dari provider X dengan kecepatan 10MB/s. Tapi ternyata pengguna internet di rumah Anda sangat banyak. Ini akan menyebabkan koneksi jadi melambat dan internet menjadi lelet.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengajukan upgrade speed internet kepada provider, misalnya menjadi 20MB/s. Dengan begitu koneksi internet akan menjadi lebih cepat karena bisa mengakomodir jumlah pengguna yang ada.

8. Pakai Browser yang Ringan

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan PC juga dapat dilakukan dengan menggunakan browser yang lebih ringan. Browser yang populer saat ini adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox, namun keduanya cukup berat dan memakan banyak data.

Bila Anda menggunakan salah satu atau kedua browser tersebut, maka pastikan Anda menggunakan versi terbaru, sehingga berbagai bug dan error yang ada di browser versi lama sudah diperbaiki oleh si pengembang.

Hal tersebut sedikit banyak juga berpengaruh pada kecepatan saat browsing internet. Namun agar bisa lebih cepat lagi, gunakan browser yang lebih ringan seperti Pale Moon, K-Meleon, Qutebrowser, atau Midori.

9. Hapus History Browsing di Browser

Menghapus history browser tidak selalu berkaitan dengan menjaga privacy browsing, namun juga bisa sedikit membantu untuk mempercepat koneksi internet dan wifi.

Dengan menghapus history browsing maka kinerja browser juga menjadi ringan. Semakin banyak history browsing yang tersimpan, maka semakin berat pula kinerja browser, walaupun koneksi internet tidak terkendala.

Bagi Anda yang menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox, berikut cara untuk menghapus riwayat pada browser:

Google Chrome

  1. Buka browser Google Chrome di komputer atau laptop Anda
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del untuk langsung masuk ke halaman Clear Browsing Data
  3. Centang semua opsi yang dimunculkan, kemudian pada kolom Clear the Following Items From, pilih The Beginning of Time.
  4. Klik Clear Browsing Data untuk menghapus semua history browsing.

Mozilla Firefox

  1. Buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop Anda
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del untuk langsung masuk ke halaman Clear All History
  3. Centang semua opsi yang dimunculkan, kemudian pada kolom Clear All History, pilih Everything.
  4. Klik Clear Now untuk menghapus semua history browsing.

10. Batasi Pengguna Wifi

Membatasi penggunaan jaringan wifi juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet. Namun hal ini perlu diperhatikan, terutama bila bukan Anda sendiri yang menggunakan internet di rumah.

Membatasi bukan berarti pelit, karena semakin banyak pengguna yang terhubung pada satu jaringan internet, maka semakin besar pula penggunaan bandwidth yang dibutuhkan.

Jika hal ini terjadi dan internet dipakai oleh banyak orang tanpa dibatasi, maka akan dapat merugikan, karena koneksi menjadi lemot dan akan ada banyak pekerjaan yang tertunda.

11. Jangan Terlalu Jauh dari Modem

Jika Anda berada di lokasi yang jauh dari modem, maka sinyal internet yang Anda dapat juga akan semakin lemah. Karena itu, pastikan jarak antara laptop atau PC cukup dekat dari modem.

Selain itu, jika Anda memasang modem wifi, pastikan untuk meletakkan modem tersebut pada lokasi yang terbuka. Artinya, hindari untuk menampatkan modem pada tempat yang memiliki penghalang seperti dinding tebal.

12. Ganti Modem Lama dengan yang Baru

Masih berkaitan dengan modem, salah satu penyebab lemotnya koneksi internet juga dapat disebabkan oleh modem keluaran lama yang Anda gunakan.

Salah satu jenis modem yang kami rekomendasikan adalah modem 4G yang sudah mendukung frekuensi 4G LTE, karena saat ini sudah ada banyak daerah yang tercover jaringan LTE.

Bila Anda menggunakan modem yang disediakan oleh provider internet, maka Anda tidak dapat menggantinya sendiri, jadi hubungi provider dan buat pengajuan pergantian modem lama ke model yang lebih baru.

13. Pakai Repeater Jika Perlu

Tidak semua tempat di rumah Anda bisa dijangkau oleh modem. Jika Anda tinggal di rumah yang cukup besar, biasanya akan ada tempat tertentu yang tidak mendapat koneksi karena keterbatasan jangkauan sinyal modem.

Karena itu, diperlukan perangkat tambahan untuk membuat jaringan internet berjalan baik. Repeater adalah alat dimaksud, yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi dari modem.

Cara kerja repeater adalah dengan menerima sinyal dari modem, kemudian alat ini akan menyiarkan sekaligus memperkuat jangkauan sinyal agar koneksi lebih stabil.

14. Ubah DNS pada Laptop dan PC

Mengubah DNS pada komputer adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat koneksi internet yang Anda gunakan menjadi lebih cepat. Cara ini dapat sedikit membantu agar jaringan internet menjadi lebih lancar.

Pengguna internet pada umumnya akan mendapatkan DNS default dari ISP provider yang digunakan. Salah satu DNS yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti adalah DNS Google.

DNS Google terkenal cepat dan responsif bila dibandingkan dengan DNS dari provider. Untuk menggunakan DNS Google, Anda perlu melakukan pengaturan ulang DNS dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan ikon network atau internet access yang berada di bawah sebelah kanan komputer atan laptop, dan pilih Open Network and Sharing Center.
  2. Klik connection atau koneksi internet Anda yang aktif, lalu pilih properties.
  3. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  4. Klik Use the following DNS server addresses, kemudian isi 8.8.8.8 pada kolom Preferred DNS server. Dan isi 8.8.4.4 pada kolom Alternate DNS server.
  5. Klik OK untuk menyelesaikan perubahan DNS.

Selain mengganti DNS, Anda juga dapat melakukan flush DNS dan reset network untuk me-reset cache pada DNS client dari laptop atau PC yang sedang digunakan. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan informasi perubahan pada data baru pada DNS, domain, dan nama server.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari 'Command Prompt' pada menu Windows.
  2. Klik kanan pada 'Command Prompt dan pilih 'Run As Administrator'.
  3. Ketikkan 'ipconfig /flushdns' lalu tekan tombol 'Enter'.
  4. Setelah itu, ketik 'ipconfig /renew' kemudian tekan tombol 'Enter'.
  5. Setelah selesai, tutup Command Prompt.

Semua cara mempercepat koneksi internet wifi yang kami informasikan dalam artikel ini terbilang cukup aman dan dapat dilakukan sendiri. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1138 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.