Daftar Aplikasi Cari Jodoh Terpercaya, Khusus Jomblo

Oleh Imam Ali updated Kamis, 4 Jul 2019 | 11:56

Kata orang kita harus banyak bertemu dengan orang baru agar bisa mendapatkan jodoh yang tepat. Meski tidak jarang juga yang akhirnya berjodoh dengan teman dekatnya, tapi untuk mendapatkan peluang yang lebih besar mendapatkan pasangan maka selalu bertemu dengan orang-orang baru di lingkungan yang baru adalah salah satu solusinya.

Masalahnya kesibukan orang seringkali menyulitkan untuk berkenalan dengan orang baru, mencoba hal baru dan menjalin kedekatan dengan orang yang baru. Untuk membantu Anda yang ingin memiliki pasangan tapi tidak punya waktu banyak untuk bersosialisasi, sekarang sudah tersedia beberapa aplikasi jomblo untuk cari jodoh yang bisa memudahkan Anda mencari kenalan baru dan siapa tahu bisa jadi pasangan. Tapi amankah menggunakan aplikasi cari jodoh macam ini?

Kelebihan menggunakan aplikasi cari jodoh

aplikasi cari jodoh

Bagi sebagian orang menggunakan aplikasi cari jodoh memiliki konotasi yang negatif. Tapi jika digunakan dengan benar dan hati-hati, aplikasi cari jodoh sebenarnya bisa membantu orang-orang yang kesulitan mendapatkan pasangan karena beberapa faktor, kesibukan kerja misalnya atau lingkaran pertemanan yang tidak berkembang.

Berikut adalah kelebihan menggunakan aplikasi cari jodoh yang bisa jadi solusi Anda asal digunakan sesuai dengan fungsinya:

Bisa digunakan di mana saja

Anda tidak harus cari waktu setelah pulang kerja atau saat hari libur untuk bersosialisasi dan mencari calon pasangan. Dengan menggunakan aplikasi cari jodoh Anda bisa browsing melihat-lihat profil para pengguna aplikasi di sela-sela waktu misalnya ketika naik transportasi umum, ketika istirahat makan siang, ketika di kantor sedang luang, malam sebelum tidur, dan waktu lainnya.

Cari sesuai kriteria

Dengan menggunakan aplikasi cari jodoh, Anda bisa mencari orang dengan hobi yang sama misalnya, atau selera musik yang sama, sama-sama punya hewan peliharaan, maupun kriteria lainnya yang bagi Anda penting ada dalam diri calon pasangan. Dengan ditampilkannya profil para pengguna aplikasi cari pasangan pun juga bisa memudahkan Anda untuk memulai obrolan ketika tahap kenalan jadi tidak terlalu canggung.

Ngobrol dulu baru bertemu

Bagi Anda yang punya karakter introvert, bertemu dengan orang baru yang sama sekali asing bisa jadi hal yang cukup bikin cemas. Orang introvert biasanya lebih suka ngobrol via tulisan ketimbang ngobrol langsung terutama dengan orang yang baru saja dikenal. Oleh karena itu aplikasi cari jodoh bisa jadi kesempatan bagi Anda yang ingin mengenal orang lebih baik tanpa harus langsung bertatap muka.

Di aplikasi cari jodoh, ada yang langsung mengajak bertemu ada juga yang proses ngobrolnya agak panjang baru sama-sama nyaman untuk bertemu, tergantung dengan kesiapan masing-masing.

Cari berdasarkan lokasi

Anda bisa mencari calon pasangan di lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Bisa cari yang dekat-dekat dengan tempat tinggal, bisa juga cari yang ada di kampung halaman karena Anda lebih suka karakter wanita di sana misalnya, dan lainnya.

Anda bahkan bisa langsung mengatur waktu untuk ketemu ketika tahu profil yang Anda suka sedang berada di lokasi sekitar Anda berada.

Bahaya menggunakan aplikasi cari jodoh

aplikasi jodoh

Meski banyak manfaatnya, menggunakan aplikasi cari jodoh juga tidak boleh sembarangan. Kasus kriminal yang dimulai dari menggunakan aplikasi cari jodoh juga tidak jarang  masuk berita.

Berikut adalah beberapa resiko yang mesti Anda waspadai ketika menggunakan aplikasi cari jodoh:

Profil palsu

Kebohongan adalah salah satu bahaya aplikasi cari jodoh yang paling umum karena orang bisa dengan mudah membuat profil palsu dengan menggunakan foto orang lain, data diri yang tidak bisa dikonfirmasi, dan hal-hal lain yang membuat persona profil tersebut adalah persona palsu.

Untuk mengantisipasinya waspada jika orang tersebut mengajak untuk bertemu, Anda juga bisa melakukan video call untuk menyamakan orang yang Anda ajak bicara dengan foto profil yang dipajang.

Rawan dimanfaatkan oleh para kriminal

Berapapun lamanya Anda sudah kenalan secara online dengan orang yang dikenal melalui aplikasi cari jodoh maupun online platform yang lain, jika mengajak bertemu langsung pastikan bertemu di tempat umum, kalau perlu Anda bisa mengajak teman atau menghubungi orang lain untuk memberitahu dimana keberadaan Anda.

Jangan tinggalkan barang ketika Anda sedang ke kamar mandi misalnya atau memberikan kesempatan-kesempatan lain yang bisa dimanfaatkan dengan niat buruk. Perlakukan orang tersebut seperti Anda memperlakukan orang asing tapi bukan berarti Anda tidak boleh menikmati pertemuan tersebut.

Kenalan dengan orang mesum

Bahaya aplikasi cari jodoh selanjutnya adalah Anda bisa saja justru berkenalan dengan orang mesum. Setelah ngobrol kenalan awal, lama-lama pesan-pesan yang ia kirimkan kepada Anda mulai menjurus ke arah seksual bahkan sampai berani mengirimkan foto-foto yang tidak senonoh.

Jika bertemu dengan orang seperti ini langsung akhiri hubungan Anda dan jika ada fitur untuk memblokir profil orang tersebut melalui aplikasi maka blokirlah atau bisa juga dilaporkan ke pihak developer aplikasi.

Daftar aplikasi cari jodoh

aplikasi jodo

Indonesia ternyata punya cukup banyak aplikasi cari jodoh yang bisa Anda unduh ke ponsel Anda. Bagi yang tidak ingin terburu-buru dan hanya ingin kenalan dengan orang baru, aplikasi-aplikasi berikut ini juga bisa dimanfaatkan untuk kenalan dan mencari teman.

Jika sudah bertemu dan saling cocok baru bisa dibawa ke hubungan yang lebih serius. Ini dia rekomendasi aplikasi cari jodoh yang aman lokal asli Indonesia:

Tantan

tantan

Tantan yang dirancang khusus untuk anak muda yang sebagian besar berusia awal 20-an dan menawarkan cara baru untuk saling bertemu. Berdasarkan sistem swipe and match, Tantan memungkinkan dua pengguna untuk memulai percakapan ketika keduanya menyukai satu sama lain. Tantan mengklaim menjamin penggunanya dengan tingkat keamanan yang tinggi dan berbagai sistem penyaringan canggih seperti misalnya identifikasi akun palsu.

Setipe

setipe

SETIPE hadir untuk menjawab permasalahan itu sebagai situs matchmaking pertama di Indonesia yang menggabungkan teknologi dengan ilmu psikologi. Setiap pengguna SETIPE akan mengisi psikotest untuk mengetahui dating personality profile diri sendiri dan preferensi terhadap pasangan yang diinginkan.

Algoritma SETIPE akan merekomendasikan sesama pengguna cocok sesuai dengan kriteria, preferensi dan kepribadian berdasarkan ilmu psikologi. Dengan sistem matching ini, maka risiko pengguna untuk bertemu orang yang salah saat kencan pertama atau pertemuan pertama akan dapat berkurang dan dapat lebih fokus ke tahap selanjutnya dalam mengenal calon pasangan.

 

Kepo

kepo

Anda bisa kepo profil orang lain yang ingin atau sedang dekat dengan Anda. Selain bisa chat personal, melalui aplikasi Kepo, Anda bisa berkomunikasi lewat grup chat.

Jemput Jodoh

jemput jodoh

Jemput Jodoh atau yang lebih dikenal dengan taman surga adalah salah satu aplikasi terbaik yang wajib kamu coba untuk menemukan jodoh atau pasangan asli Indonesia. Memiliki konsep ta'aruf seperti yang diajarkan dalam agama Islam, dan cukup cocok untuk yang ingin mencari pasangan serius.

Jodoh Ideal

Jodoh ideal

Pun demikian dengan Jodoh Ideal yang juga merupakan salah satu aplikasi terbaik yang layak kamu coba untuk mencari jodoh atau pasangan asli Indonesia

Dari ragam situs kencan atau situs cari jodoh buat jomblo diatas masing-masing bisa kalian coba dengan berhati-hati tentunya. Pastikan pasangan match atau pasangan yang cocok dengan Anda memiliki detail akun yang jelas. Selamat mencari jodoh!

 

Artikel Terkait

Komentar