Diperbaharui pada Selasa, 8 Februari 2022 | 13:30

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis dan Mudah

aplikasi belajar bahasa inggris terbaikFoto: Pixabay

Belajar Bahasa Inggris adalah sesuatu yang dulu hanya bisa dilakukan di sekolah atau tempat les, namun seiring kemajuan teknologi media, kini kamu bisa belajar Bahasa Inggris melalui media lain seperti Youtube.

Selain itu, cara lain untuk belajar adalah melalui aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bisa diunduh ke smartphone melalui Google Play dan App Store.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi belajar Bahasa Inggris dulu lebih banyak didominasi oleh aplikasi buatan pengembang dari luar negeri, sehingga kurang cocok untuk pengguna di Indonesia.

Kini sudah banyak aplikasi belajar Bahasa Inggis lokal yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai pengantar, lengkap dengan fitur-fitur yang dibuat untuk memudahkan pengguna di Tanah Air.

Dari banyaknya aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris yang ada, kami mengkurasi 10 aplikasi dengan rating dan fitur terbaik untuk kamu. Berikut dafar rekomendasi aplikasi Bahasa Inggris terbaik dari kami.

1. Hafalan Bahasa Inggris

aplikasi hafalan bahasa inggrisFoto: Google Play

Nofta Studio membuat aplikasi bernama ‘Hafalan Bahasa Inggris’ yang bertujuan untuk membantu penggunannya agar dapat fasih menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara.

Aplikasi ini juga memberikan tips untuk dapat berbicara Bahasa Inggris dengan cepat tanpa menguasai tenses dan grammar.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi Hafalan Bahasa Inggris ini adalah dapat digunakan secara offline, sehingga tidak perlu khawatir kuota internet akan tersedot, terdapat kosakata pilihan, frasa, idiom, dan contoh-contoh percakapan sederhana, latihan interaktif, dan banyak lagi.

2. Belajar Bahasa Inggris Cepat

aplikasi belajar bahasa inggris cepatFoto: Google Play

Rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah Belajar Bahasa Inggris Cepat yang menawarkan cara belajar Bahasa Inggris cepat dengan mempraktekkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari penggunannya. 

Pada awal penggunaanya, kita akan diajarkan untuk memperlajari kata-kata dasar dalam Bahasa Inggris. Kata-kata yang dipilih sangat sederhana dan mudah untuk dihafalkan. Setelahnya, pengguna akan diajak untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya setiap hari.

3. Bahasa Inggris Pemula

aplikasi bahasa inggris pemulaFoto: Google Play

Seperti Namanya, aplikasi ini membantu pengguna pemula yang masih awam dengan Bahasa Inggris, untuk belajar mengenal kata, menyusun kalimat, hingga mempraktekkannya langsung untuk berbicara. Aplikasi ini memiliki metode belajar yang cukup efektif.

Beberapa fitur utama yang ditawarkan pada aplikasi Bahasa Inggris Pemula adalah grammar, materi-materi belajar layaknya pada tempat kursus Bahasa Inggris, pengenalan tenses, hingga penggunaan kosakata, dan percakapan.

Aplikasi ini juga menyediakan Latihan-latihan layaknya ujian Bahasa Inggris di sekolah.

4. Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari

aplikasi belajar bahasa inggris offline cepatFoto: Google Play

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari menargetkan pengguna yang ingin menggunakan Bahasa Inggris untuk keperluan tertentu, dan akan digunakan secara profesional dalam dunia kerja.

Karenanya alasan tersebut, fitur-fiturnya dibuat untuk mendukung keperluan tersebut. Pengguna akan diajari untuk berkomunikasi dengan baik menggunakan Bahasa Inggris melalui serangkaian materi belajar seperti berbicara, mendengar, membaca, dan menulis.

Aplikasi ini memiliki materi yang memandu penggunannya untuk belajar Bahasa Inggris secara profesional.

5. Grammar Bahasa Inggris

aplikasi grammar bahasa inggrisFoto: Google Play

Pada aplikasi Grammar Bahasa Inggris, pengguna akan dapat belajar Bahasa Inggris dengan materi-materi yang dipersiapkan untuk para pelajar mulai dari tingkat SMP, hingga Mahasiswa. Aplikasi ini memang ditujukan untuk mendukung kemampuan belajar akademik.

Dengan nama yang mencantumkan kata ‘Grammar’, memang fokus utama aplikasi ini adalah untuk memberikan berbagai topik pejalaran Bahasa Inggris yang berkaitan dengan grammar, mulai dari cara berbicara dan mengatur kalimat.

Selain itu, tersedia juga materi latihan yang berisi soal-soal ujian dari apa yang telah dipelajari sebelumnya.

6. Cake - Learn English for Free

aplikasi cake learn english for freeFoto: Google Play

Aplikasi Cake - Learn English for Free adalah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang gratis tanpa iklan, dengan menawarakan cara belajar yang interaktif melalui berbagai video yang dikurasi dari channel-channel belajar Bahasa Inggris di Youtube.

Menariknya dari aplikasi ini adalah fitur pronounciation, dimana pengguna bisa merekam pengucapan Bahasa Inggris mereka, dan AI pada aplikasi ini akan melakukan penilaian berdasarkan suara tersebut untuk memberikan masukan mengenai kelebihan dan kekurangannya. 

7. Duolingo

aplikasi duolingoFoto: Google Play

Duolingo adalah aplikasi belajar Bahasa yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Aplikasi Duolingo dapat digunakan untuk memperlajari lebih dari 35 Bahasa di dunia, termasuk Bahasa Inggris.

Materi belajarnya dibuat dengan menitikberatkan pada cara berbicara, membaca, mendengar, dan menulis, yang bertujuan untuk membangun kemampuan vocabulary dan grammar.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah cara belajar yang menyerupai sebuah permainan, sehingga mudah untuk dipahami.

8. Cakap

aplikasi cakapFoto: Google Play

Cakap adalah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang dilakukan online secara LIVE, dengan materi yang ditujukan untuk mengembangkan diri dengan menerapkan Bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini menawarkan cara belajar yang dilakukan dengan dua arah.

Kualitas materi yang ditawarkan pada aplikasi Cakap disesuaikan dengan materi belajar dengan standar internasional karena aplikasi ini telah bekerja sama dengan Universitas Atmajaya, BLCC, Aki No Sora, dan Universitas Indonesia, dalam penyusunan materi belajarnya.

Melalui aplikasi Cakap, pengguna akan dapat belajar Bahasa Inggris langsung dengan guru dan dosen profesional. Para pengajar adalah tenaga pengajar asing yang akan membantu melatih pengguna untuk mempelajari Bahasa Inggris secara spesifik sesuai kebutuhan.

9. Mahir Bahasa Inggris

aplikasi mahir bahasa inggrisFoto: Google Play

Mahir Bahasa Inggris adalah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang fokus pada materi percakapan sehari-hari yang penggunannya dapat disesuaikan dengan profesi penggunanya, seperti pelajar, karyawan, atau pengguna Bahasa Inggris dalam pergaulan.

Materi yang diberikan pada aplikasi ini Sebagian besar adalah hafalan-hafalan umum dalam percakapan Bahasa Inggris. Aplikasi ini akan membiasakan penggunannya untuk aktif berbahasa Inggris dalam berbagai situasi.

Untuk mendukung kegiatan belajar Bahasa Inggris, aplikasi ‘Mahir Bahasa Inggris’ juga menyediakan berbagai contoh pidato dan cerita pendek dalam Bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Aplikasi ini juga menyediakan soal-soal Latihan yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

10. Learn English

aplikasi learn englishFoto: Google Play

Aplikasi yang punya nama lengkap Learn English - Listening and Speaking ini dibuat untuk membantu penggunanya belajar Bahasa Inggris dengan cara mendengar, lalu mempraktekkan apa yang didengar tersebut, agar penggunanya terbiasa dengan Bahasa Inggris.

Learn English dilengkapi dengan dialog-dialog Bahasa Inggris untuk kebutuhan sehari-hari, dan banyak sekali materi soal yang bisa dipelajari oleh penggunannya.

Soal-soal ini dibuat secara spesifik untuk berbagai kebutuhan mulai dari percakapan sehari-hari, hingga tingkat profesional seperti Bahasa Inggris untuk keperluan bisnis.

Mudahnya Belajar Bahasa Inggris

Semua aplikasi belajar Bahasa Inggris yang kami rekomendasikan adalah aplikasi-aplikasi dengan materi dan metode belajar yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita. Semoga bisa membantu ya, dan selamat belajar!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.