Diperbaharui pada Rabu, 19 Juli 2017 | 15:52

Review dan Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy S8+

Samsung Galaxy S8+ memberikan banyak kemudahan dalam beraktivitas lewat smartphone. Layar besar, anti air dan segudang fitur membuatnya tampak lebih gagah dari ponsel flagship lainnya. Di toko online, saat ini harga Samsung Galaxy S8+ Rp9.850.000 (data 18/7), tidak terpaut jauh dari Galaxy S8.

Beda Samsung Galaxy S8+ dengan Samsung Galaxy S8

Beda Samsung Galaxy S8 dan S8+ terletak pada ukuran layar yang lebih besar. Dengan ukuran 6,2 inci tentu saja hal itu berimbas pada dimensinya. Lebih besar dan lebih panjang dengan ukuran 159.5 x 73.4 x 8.1 mm. Bukan hanya itu, bobot Samsung Galaxy S8+ juga menjadi 73g.

Samsung Galaxy S8 memiliki layar kinclong karena penggunaan panel AMOLED dan resolusi 2.960 x 1.440 pixel. Sisi lengkung layarnya juga tampak indah dipandang dan nyaman dalam genggaman. Layar dibekali Corning Gorilla Glass 5 agar tahan terhadap goresan. Samsung Galaxy S8+ menggunakan aspek rasio 18.5:9, biasa disebut dengan Infinity Display. Tidak ada lagi tombol fisik, Samsung menyematkan haptic feedback engine di tombol navigasi on-screen Galaxy S8+ yang disebut dengan Invisible Home Button.

Kelebihan Samsung Galaxy S8+

  • Sertifikat IP68

Samsung membuat Galaxy S8+ berguna dimana saja. Bahkan di tempat basah sekaligus. Dengan adanya sertifikasi IP68 Anda bisa membawanya ke kolam renang, bahkan diklaim bisa diajak menyelam hingga ke dalaman 1,5 m selama 30 menit. Asalkan jangan air laut ya!

  • Asisten Pribadi Bixy

Ketika menggunakan Samsung Galaxy S8 atau S8+, Anda serasa memiliki asisten pribadi. Kali ini Samsung memberinya nama Bixy, asisten digital berbasis Artificial Intelligence (AI).Layaknya Siri dan Cortana, asisten Anda ini akan mampu mengenali perilaku pengguna, obyek tertentu, daerah tertentu, bahkan memindai obyek saat sedang berbelanja. Untuk mengakses Bixy, disediakan tombol khusus yang ada disebelah sisi kiri handset.

  • Sensor Keamaan Lengkap

Sensor biometrik pada Samsung Galaxy S8+ terbilang cukup lengkap untuk melindungi data-data penting dalam ponsel Anda. Orang lain, teman, atau pasangan Anda sekalipun tidak akan mudah mengintip isi data di hape Anda. Anda bisa menggunakan sensor sidik jari yang ada dibagian belakang ponsel, Iris dan pengenalan wajah.

  • Bluetooth 5.0

Bluetooh 4,2 adalah versi paling akhir yang dikembangkan tahun 2014 lalu. Pada saat peluncuran Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ pada Mei 2017 silam, versi terbaru Bluetooth 5.0 disematkan pertama kali pada kedua smartphone Samsung tersebut. Versi terbaru diklaim punya kecepatan dua kali lebih baik dan empat kali lebih jauh jarak jangkaunya. Kedua smartphone bisa terhubung dengan jarak maksimal 240 meter.

  • Kamera

 

Meski ramai bermunculan smartphone dengan dua kamera belakang, Samsung tetap optimis bisa bersaing hanya dengan satu kamera saja. Hasil kamera Samsung Galaxy S8+ dengan resolusi 12MP, bukaan f/1.7 dan kamera depan 8MP, buat kami sudah sangat bagus. Bahkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Selain aneka ragam fitur, Anda juga bisa menambahkan stiker ketika ingin mengambil gambar. Berikut hasil foto yang telah diambil dengan menggunakan Samsung Galaxy S8+.

  • Kinerja Samsung Galaxy S8+

Chipset Exynos 8895 dan RAM 4 GB membawa kinerja yang cukup baik Samsung Galaxy S8+. Berbagai aktivitas umum, seperti browsing, media sosial, main game, berjalan mulus tanpa hambatan, begitu pun saat multitasking. Meski kadang ada panas ketika dipakai dalam durasi yang cukup lama, namun hawa panas yang ditimbulkan terbilang wajar. Torehan skor pada AnTuTu tembus diangka 157 ribu.

  • Baterai Awet

Bagian ini juga kami suka. Daya tahan baterainya 3500 mAh terbilang awet sekitar sekitar 7 jam untuk berbagai kegiatan normal, main game, browsing dan media sosial. Tentu saja angka itu tidaklah sama pada setiap pengguna Samsung Galaxy S8+.

Pengisian daya cepat sangat dimungkinkan berkat adanya teknologi fast charging atau dengan wireless charging. Untuk menghemat daya baterai Anda bisa menggunakan tema berkombinasi gelap, atur fitur kecerahan secara otomatis, matikan fitur Always On Display dan Smart Stay, dan terakhir atur screen timeout.

  • Menjadi PC desktop

Jika ada uang lebih, Anda bisa membeli aksesoris Samsung DEX, yang gunanya untuk menjadikan Samsung Galaxy S8+ desktop. Melalui akseoris tersebut, Anda bisa menghubungkan smartphone ke monitor, mouse dan keyboard untuk menunjang produktivitas Anda disegala bidang.

Beberapa pengaturan di Samsung Galaxy S8+

  • Mengatur warna pada tombol navigasi on-screen Galaxy S8+

Agar tampilan warna tombol navigasi Samsung Galaxy S8+ Anda beda dengan pengguna lainnya, Anda bisa mengubah warna latarnya sesuai keinginan. Dalam Bahasa Indonesia, caranya adalah Setting>Bilah Navigasi>Warna Latar Belakang. Dibagian ini juga Anda bisa mengatur penempata tombol navigasi dan juga membuka kunci layar dengan menekan agak lama tombol navigasi.

  • Menampilkan tombol aplikasi

Pada Samsung Galaxy S8+ untuk masuk ke menu aplikasi Anda mesti melakukan swipe ke atas di layar dan pada homescreen (posisi default) tidak ada tombol akses langsung ke aplikasi. Sebenarnya ada ada tombol khusus untuk membuka menu aplikasi di Samsung Galaxy S8+. Namun untuk menampilkannya perlu disetting terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menekan layar agak lama di homescreen >Pengaturan layar depan>Tombol aplikasi>Tampilkan tombol aplikasi.

  • Menampilkan notifikasi dengan sensor sidik jari

Untuk menampilkan notifikasi dengan bantuan panel sensor sidik jari, caranya adalah Setting>Fitur lanjutan>Gerakan sensor sidik jari>Aktifkan. Setelah pengaturan, untuk melihat notifiikasi, Anda tinggal memainkan jari pada panel sensor sidik jari yang ada dibagian belakang tubuh Samsung Galaxy S8+.

  • Meng-capture gambar atau Smart Capture

Untuk meng-capture gambar di layar, selain dapat menggunakan screenshoot, Anda bisa gunakan fitur Smart Capture yang ada pada Samsung Galaxy S8+. Melalui fitur ini, Anda bisa mengatur bentuk tampilan capture-nya, mulai dari persegi, oval, dan animasi gift, serta terdapat pilihan untuk copy, share, penambahan teks. Caranya adalah dengan Swipe layar ke sisi kiri dua kalii>Smart capture>Pilih capture yang diinginkan.

  • Multi window

Pada Samsung Galaxy S8+ bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Caranya adalah Setting>Fitur lanjutan>Multi window>tampilan layar terpisah. Anda juga bisa mengaktifkan tombol untuk mengakses multi window ini. Pada home screen nantinya Anda tinggal menekan tombol recent app beberapa detik, maka akan tampil dua layar dengan dua aplikasi berbeda

  • Mengatur tampilan pesan

 

Tampilan warna lantarbelakang pada menu Pesan di Samsung Galaxy S8+ bisa kamu ganti sesuai dengan selera. Berbagai pengaturan yang tersedia akan membuat tampilan pesan menjadi lebih cerah dan menarik tentunya. Caranya adalah tekan tombol menu di pojok kanan>tekan kostumisasi

Kesimpulan

Samsung Galaxy S8+ menjadi salah satu flagship yang membawa banyak fitur canggih di dalamnya. Bisa dibawa kemanapun Anda pergi dan membantu serta memudahkan segala aktivitas yang Anda lakukan lewat sebuah ponsel. Meski harga Samsung Galaxy S8+ tinggi, namun pantauan kami dibeberapa sentral ponsel di Jakarta, Samsung Galaxy s8+ tetap banyak peminatnya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.2 inch
OS Version 7
Detail Prosesor 8895
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.7 GHz
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ Jadi Smartphone Terbaik 2017 versi Consumer Reports
Teknologi Yang Bikin Samsung Galaxy S8 dan S8+ Layak Dimiliki
Ini yang Disukai Dian Sastrowardoyo di Kamera Samsung Galaxy S8

 

Like us!
Tedi Yuni A

Content Writer

942 Posts