Panasonic Lumix CM1, Kamera Dengan Teknologi Smartphone

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 27 Nov 2014 | 14:11

Saat ini hampir semua smartphone memiliki fungsi sebagai kamera. Bahkan, beberapa smartphone memiliki kualitas kamera yang lebih baik dibandingkan dengan kamera saku ataupun mungkin kamera DSLR.

Lantas, bagaimana jika sebaliknya?. Bagaimana jika ada sebuah kamera yang justru memiliki fungsi sebagai ponsel cerdas?. Tentu hal ini menarik dan Panasonic menghadirkan hal tersebut lewat produk yang bernama Panasonic Lumix CM1.

Panasonic Lumix CM1 memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah kamera saku. Terlihat dari desainnya yang seolah menegaskan bahwa perangkat ini adalah kamera saku dengan fungsi smartphone. Tombol navigasi di bagian sampingnya, sentuhan warna desainnya, serta bentuk lensannya sudah menegaskan bahwa produk ini adalah sebuah kamera.

Panasonic Lumix CM1 sendiri datang dengan kamera dengan lensa Lieca. Kameranya juga memiliki sensor 1 inch, sebuah ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kamera pada Lumia 1020, smartphone dengan kamera tercanggih saat ini.

Sensornya ini juga memiliki resolusi 20 MP yang didukung dengan fitur aperture f/2.8. Dengan spesifikasi ini, tentu membuat Panasonic Lumix CM1 mampu menghadirkan kualitas gambar yang jelas dengan resolusi yang tinggi.

Selain menghasilkan kualitas gambar yang jelas dengan resolusi tinggi, kamera pada Panasonic Lumix CM1 juga dapat menangkap lebih banyak cahaya.

Kemampuan lain yang tak kalah hebatnya dari Panasonic Lumix CM1 adalah kemampuan merekam video berkualitas 4K dengan kecepatan 15fps. Jika merekam dengan kualitas video Full HD, maka kamera ini dapat merekam  video dengan kecepatan 30fps.

Mengingat Panasonic Lumix CM1 juga memiliki fungsi sebagai smartphone, maka tentu produk ini dilengkapi dengan berbagai hardware layaknya smartphone.

Produk ini datang dibekali dengan prosesor quad-core Krait 400 berkecepatan 2,3 GHz yang dipadukan dengan GPU Adreno 330. Keduanya disatukan dalam chipset Qualcomm Snapdragon 801. Sementara untuk memorinya, Panasonic Lumix CM1  datang dengan RAM 2GB dan memori inernal 16GB yang bisa dtambah via microSD.

Produk yang mengusung sistem operasi Android 4.4 KitKat ini sendiri memiliki layar berdimensi 4,7 inch. Layarnya datang dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Sementara baterai Panasonic Lumix CM1 dilengkapi dengan baterai 2600mAh.

Semakin lengkap berkat dukungan konektivitas Bluetooth, GPS, dan WiFi. Tidak ketinggalan, layaknya smartphone premium, Panasonic Lumix CM1 juga mendukung konektivitas 4G LTE dan  NFC

Dengan dukungan spesifikasi tersebut, tentunya membua Panasonic Lumix CM1 adalah produk berkualitas dan memiliki performa yang baik. Fungsinya sebagai kamera maupun sebagai smartphone memiliki “nilai” kemampuan yang sama-sama unggul.

Tidak heran, jika produk yang akan hadir 1 Desember 2014 ini dibanderol dengan harga tinggi. Panasonic Lumix CM1 kabarnya dijual sekitar Rp 13,6 juta. Sebuah harga yang cukup fantastis.(Tedi)

Baca juga artikel:

Bagaimana Menambahkan Baris Angka Pada Google Keyboard di Zenfone?

Jolla Tablet, Tablet Salfish OS yang Siap Menyaingi iPad Mini dan Nexus 9

Fujitsu Stylistic Q555, Laptop Multifungsi Dengan Spek Tinggi

Mengenal Nokia Z Launcher dan Keunggulannya

 

Artikel Lainnya

Komentar