Google Trusted Contacts Memungkinkan Anda Berbagi Lokasi dengan Orang Tersayang

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 08 Des 2016 | 13:09

Adanya gadget, Anda tak perlu khawatir untuk mengetahui keberadaan keluarga dan orang tersayang karena bisa meminta dan mengirimkan lokasi secara akurat berkat penggunaan fitur GPS yang semakin canggih.

Akan tetapi, aktivitas diatas akan lebih mudah dilakukan karena Google baru saja meluncurkan layanan terbarunya. Melalui alikasi Google Trusted Contacts, Anda dan orang tersayang bisa membagikan lokasi dengan satu sentuhan saja sehingga lebih praktis.

Dengan menggunakan aplikasi Google Trusted Contacts, Anda bisa mengetahui lokasi tempat orang tersayang secara detail sehingga saat hal yang tidak diinginkan terjadi bisa mengetahui lokasi terakhir orang tersebut.

Untuk Anda yang ingin menggunakannya, Anda hanya tinggal sign up pada aplikasi Trusted Contacts menggunakan akun Google. Selanjutnya, silahkan pilih orang-orang yang terdapat pada daftar kontak Google untuk dimasukkan ke dalam list Trusted Contacts. Jika sudah terpilih, selanjutnya Anda sebagai pengguna bisa berbagi dan melihat lokasi orang-orang pada waktu tertentu.

Menariknya, aplikasi Google Trusted Contacts tidak seperti aplikasi Find My Friends yang terdapat pada perangkat besutan Apple yang bekerja dengan membagikan lokasi pengguna secara default. Trusted Contacts menampilkan hanya kontak terpilih saja yang bisa mengetahui keberadaan lokasi Anda, termasuk melihat status online dan pergerakannya.

Dengan menggunakan Google Trusted Contacts, semua pengguna bisa melihat lokasi dari kontak secara real-time saat pengguna tersebut mengaktifkan fitur location sharing. Lebih seru lagi, Trusted Contacts dapat bekerja dengan baik secara offline, sehingga saat baterai smartphone habis atau tidak ada sinyal, aplikasi tetap menunjukan lokasi terakir yang diketahui.

Terhitung sejak tanggal 6 Desember 2016 kemarin, aplikasi Google Trusted Contacts sudah tersedia untuk pengguna Android, bisa diunduh melalui Google Play Store untuk perangkat yang berjalan pada OS versi 4.1 keatas. Sementara untuk pengguna iOS, Google menyatakan bahwa Trusted Contacts masih dalam tahap pengerjaan. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga artikel:
10 Aplikasi Asisten Pribadi Terbaik untuk Android
Kumpulan Aplikasi Pemutar Musik Gratis Android
4 Aplikasi Cuaca Paling Akurat untuk Perangkat Android dan iOS

Artikel Lainnya

Komentar