Diperbaharui pada Selasa, 6 Oktober 2020 | 14:13

Zeiss ZX1, Kamera Full Frame yang Pakai Android, Harga 80 Juta!

Zeiss ZX1Foto: Zeiss

Zeiss ZX1 akhirnya diluncurkan ke pasaran, setelah dua tahun lamanya diumumkan. Kamera full frame Android ini dikabarkan sudah dapat dipesan melalui distributor kamera B&H Photo dengan harga $ 6000 atau sekitar Rp 88,5 jutaan. 

Dilansir dari The Verge, informasi ini datang dari B&H Photo yang mengirimkan email kepada DPReview, bahwa kamera Zeiss ZX1 sudah dapat dipesan melalui platform mereka.

Dengan harga yang terbilang sangat mahal, Zeiss ZX1 hadir dengan membawakan fitur-fitur kelas atas yang sejauh ini belum pernah ada di jajaran segmen kamera sekelasnya.

Spesifikasi Zeiss ZX1

Zeiss ZX1Foto: Zeiss

Zeiss ZX1 dilengkapi sensor full frame 37 MP, lensa FIX 35mm f/2, view finder elektronik, serta tiga dial untuk mengontrol aperture, shutter speed, dan ISO.

Selain itu, Zeiss ZX1 juga memiliki layar sentuh berukuran 4,3 inci dan menjalankan sistem operasi Android. Hal ini tentu akan memudahkan penggunanya dalam mengatur titik fokus, serta mengedit hasil jepretan.

Memiliki Adobe Lightroom

Zeiss ZX1Foto: Zeiss

Keunggulan yang paling ditonjolkan dari Zeiss ZX1 adalah fitur Lightroom-nya. Adobe Lightroom belakangan ini memang kian menjadi aplikasi andalan bagi para editor foto maupun fotografer.

Berbeda dari kamera kelas atas lainnya, yang membutuhkan perangkat lain seperti smartphone atau laptop untuk mengedit hasil foto atau menambah estetika pada foto.

Zeiss ZX1 memberikan kemudahan dengan menghadirkan Adobe Lightroom, sehingga para penggunanya dapat langsung mengedit hasil foto langsung di kamera Zeiss ZX1. Pengoperasiannya juga mudah, apalagi dengan bantuan layar sentuh Android yang telah disediakan.

Memori Internal Besar

Zeiss ZX1Foto: Zeiss

Bagi para penggemar fotografi, spesifikasi memori internal pada kamera merupakan hal yang cukup penting selain spesifikasi lensa. Semakin tinggi kapasitas memori internalnya, maka akan semakin tinggi juga performa dan kinerja pada kamera tersebut.

Diperkenalkan sebagai kamera untuk segmen kelas atas, Zeiss ZX1 dibekali dengan kapasitas memori internal 512 GB. Selain itu, kamera ini juga mendukung Wi-Fi, dan USB Type C.

Zeiss ZX1 vs Sony RX1 vs Leica Q2

Kabarnya, kamera full frame Android Zeiss ZX1 ini akan bersaing dengan Sony RX1 dan juga Leica Q2 yang telah hadir sebelumnya.

Perbandingan yang jelas adalah Sony RX1, yang juga dilengkapi sensor full-frame dan lensa 35mm f / 2 bermerek Zeiss, yang dibanderol dengan harga $ 3300 atau sekitar Rp 49 jutaan pada tahun 2015. 

Zeiss ZX1 juga dapat dibandingkan dengan kamera Leica Q2, yang juga mengusung compact full-frame premium, yang dijual seharga $ 4995 atau sekitar Rp 73,6 jutaan.

Namun, kedua kamera ini, tidak memiliki fitur Adobe Lightroom sebagaimana kamera Zeiss ZX1. Hal ini tentu membuat Zeiss ZX1 lebih unggul.

Tanggal Rilis Zeiss ZX1

Hingga saat ini, distributor kamera B&H Photo belum menginformasikan kepastian tanggal rilis, walau gambar produk kamera Zeiss ZX1 sudah terpampang di situs resminya. Ya, kita tunggu saja.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts