Diperbaharui pada Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:48

Nikon Z6 II dan Z7 II, Kamera Mirrorless Full Frame 4K, Nih!

Nikon Z6 II dan Z7 IIFoto : Nikon

Kamera mirrorless sudah menjadi trend di dunia fotografi. Kemampuannya yang mirip dengan kamera DSLR, dan penggunaannya yang mudah, membuat kamera mirrorless semakin populer. Nikon kembali mengumumkan 2 kamera mirrorless terbarunya, yaitu Nikon Z6 II dan Z7 II

Melalui informasi yang terpampang pada situs resminya, Nikon sudah memasang gambar produk beserta namanya, dengan angka hitungan mundur. Disana juga tertulis, peluncuran ini akan dilakukan pada 14 Oktober 2020 mendatang.

Kedua kamera terbaru besutan Nikon ini, adalah penerus dari seri Z6 dan Z7, dengan membawakan berbagai spesifikasi dan fitur-fitur baru yang ditingkatkan. 

Secara resmi, Nikon belum mengonfirmasi detail dan spesifikasi kamera mirrorless tersebut. Namun, seperti biasa, berbagai bocoran telah beredar di internet.

Bocoran Kamera Mirrorless Nikon Z6 II dan Z7 II

Nikon Z6 II dan Z7 IIFoto: Nikon

Rumor yang beredar mengatakan kedua kamera mirrorless terbaru ini akan membawakan desain bodi dan resolusi EVF yang sama seperti pada Nikon Z6 dan Z7. Namun keduanya akan membawakan pembaruan tambahan, untuk menjawab beberapa keluhan pengguna pada model pendahulunya.

Slot Kartu Ganda CFexpress dan SD

Salah satu keluhan terbanyak pengguna Nikon Z6 dan Z7 generasi pertama adalah slot kartu XQD tunggal. Tampaknya Nikon akan melakukan perubahan terkait hal ini, pada Z6 II dan Z7 II. Kedua kamera ini akan dibekali dengan dua slot kartu yang terdiri dari CFexpress dan SD. 

Kartu CFexpress memiliki kemampuan yang lebih cepat dibandingkan kartu SD standar. Kecepatan bacanya hingga 800 MB/detik, dan kecepatan tulisnya hingga 700 MB/detik. Dua kali lebih cepat dari kartu memori SDXC. 

Kartu memori jenis ini juga terbukti lebih tahan bantingan, debu dan air, karena telah mengantongi sertifikasi dengan rating IP57. Hal ini bisa menjadi daya Tarik tersendiri bagi para fotografer, terutama yang senang memotret di alam terbuka.

Kamera Nikon Terakhir dengan Sensor Kamera 24 MP 

Nikon akhirnya berencana untuk mengganti sensor Sony ,yang umumnya dipakai oleh kamera mirrorless di pasaran seperti yang ditemukan pada produk Sony a7 III, Sony a7C, dan Panasonic S1. Namun, hingga saat ini, pihak Nikon masih belum mengungkapkan sensor penggantinya.

Peningkatan pada AF 

Jika melihat kemampuan Nikon Z6 dan Z7 yang sangat baik dalam mengatur fokus, dan menangkap objek gerak, seperti memotret orang berlari, dengan kualitas yang sangat baik. Nikon dikabarkan, akan semakin meningkatkan teknologi dan fitur ini pada kamera mirrorless Z6 II dan Z7 II.

Peningkatan kemampaun ini meliputi fitur untuk mendeteksi wajah, mata dan membedakan antara objek manusia dengan hewan.

Prosesor Dual EXPEED 

Nikon Z6 II dan Z7 IIFoto : Nikon

Kabarnya, kedua kamera mirrorless Nikon terbaru ini akan dibekali dengan prosesor dual EXPEED yang mampu menghasilkan foto yang lebih baik, serta hasil rekaman video yang sempunya dengan kualitas 4K / 60p. 

Selain itu, Nikon juga dikabarkan akan memberikan lebih banyak fitur video baru, untuk memberikan kemudahan para penggunanya dalam merekam video. 

Hingga saat ini, Nikon belum mengungkap harga dan spesifikasi lengkap kedua kamera mirrorless tersebut. Acara peluncurannya akan dilakukan secara online dengan tajuk "The Next Chapter".

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts