Diperbaharui pada Rabu, 6 Mei 2020 | 09:59

Resmi Diluncurkan, Begini Performa MediaTek Helio G85

mediatek helio g85Foto: MediaTek

MediaTek akhirnya meresmikan chipset gaming kelas menengah terbarunya yang bernama MediaTek Helio G85. Seperti diketahui chipset ini memulai debutnya pertama kali untuk perangkat hp Realme 6i yang kemudian ditanamkan pada Redmi Note 9.

Suksesor MediaTek Helio G80 ini hadir dengan beberapa peningkatan fitur mulai dari clockspeed yang lebih tinggi hingga tambahan fitur yang memaksimalkan aktivitas gaming pada perangkat hp. 

mediatek helio g85Foto: MediaTek

MediaTek Helio G85 memberikan dukungan prosesor octa-core berkonfigurasi dua Cortex-A75 dengan clockspeed 2.0 GHz dan enam Cortex-A55 yang berjalan pada kecepatan 1.8 GHz. Chipset ini juga sudah dibekali dengan grafis Mali-G52 dengan clockspeed 1 GHz, dimana clockspeed ini lebih tinggi 50 GHz dibandingkan dengan seri sebelumnya yakni Helio G80. 

Chipset terbaru MediaTek ini juga sudah mendukung fitur VoW (Voice on Wakeup) dan peningkatan teknologi HyperEngine Game. MediaTek juga mengklaim bahwa chipset ini memiliki intelejensi prediksi WiFi dan jaringan LTE.

mediatek helio g85Foto: Gizmochina

Tersemat pula chip yang dapat merubah jaringan hanya dalam waktu 13 mikrodetik, guna meminimalisir lag saat berselancar di internet ataupun ketika perangkat hp terhubung ke jaringan online saat bermain game. 

Canggihnya lagi, chipset ini juga menghadirkan responsifitas yang sangat cepat untuk terhubung ke satu tower jaringan ke tower lain untuk menerima panggilan telfon dan tidak mengurangi kecepatan data saat bermain game. 

helio g85Foto: Gizmochina

Sesuai dengan target pasarnya, MediaTek Helio G85 ditujukan untuk perangkat hp dengan kisaran harga sekitar 2,5 jutaan rupiah. Meski begitu, kinerja yang ditampilkan diklaim jauh lebih baik dibandingkan dengan chipset sekelasnya sperti Snapdragon 665 ataupun Exynos 9611, yang sudah banyak digunakan oleh perangkat hp yang telah beredar di pasaran. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.