Diperbaharui pada Senin, 31 Mei 2021 | 14:56

Mengenal Prosesor MediaTek dan Keunggulannya

keunggulan prosesor mediatekFoto: MediaTek

Jika Anda ingin membeli sebuah smartphone, spesifikasi selain kamera yang paling pertama Anda lihat pasti prosesornya, karena prosesor akan menentukan seberapa tepat sebuah smartphone dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.

Salah satu prosesor yang paling banyak digunakan pada perangkat hp Android saat ini adalah MediaTek. Sebut saja mulai dari chipset MediaTek Helio Dimensity, hingga MediaTek Helio. Namun jauh sebelum kedua chipset tersebut hadir, MediaTek sudah menempuh jalan yang panjang.

Tentang MediaTek

Mediatek adalah perusahaan chip semikonduktor yang berkantor pusat di Taiwan. Prosesor ini begitu mendunia karena selain dipergunakan oleh sebagian besar smartphone yang ada di pasaran, juga karena memiliki kantor cabang di seluruh dunia.

Perusahaan yang pertama kali didirikan pada sekitar tahun 1997 ini kini melesat, dan menjadi satu dari empat perusahaan semikonduktor terbesar dengan skala internasional.

MediaTek yang namanya kerap disingkat dengan "MTK" ini telah menjalin kerja sama dengan produsen-produsen smartphone lokal dan dunia, mulai dari perangkat hp di segmen entry, hingga kelas premium di segmen flagship.

chipset mediatek terbaikFoto: mccglc.com

Keunggulan Chipset MediaTek

Kenapa banyak produsen smartphone memilih chipset Mediatek? Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh chipset buatan Mediatek, seperti kinerja prosesor yang kencang dan tampilan grafis yang halus.

Keunggulan lain dari chipset MediaTek adalah banyak digunakan pada smartphone kelas menengah, sehingga harga smartphone yang mengusungnya cenderung lebih terjangkau.

Untuk smartphone MediaTek versi premium, chipset Mediatek mampu menyuguhkan kualitas gambar 3D yang mengagumkan. Namun sisi lemah dari dari chipset Mediatek adalah agak sedikit boros daya baterai.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, hal ini kemudian bisa diatasi dengan teknologi SoC yang lebih irit daya dan kinerja yang lebih baik. Teknologi ini juga memungkinkan penggunaan memori RAM yang lebih irit.

Chipset MediaTek Generasi Awal

Generasi awal dari chipset MediaTek biasanya menggunakan penamaan yang diawali dengan 'MT'. Beberapa chipset yang cukup populer di masa-masa awal ini termasuk MediaTek MT 65572, MediaTek MT6573 dan MediaTek MT6575 yang mendukung jaringan 3G dan resolusi kamera hingga 8 MP.

Lalu ada MediaTek MT 6732 dan MediaTek MT6789 yang mendukung resolusi kamera hingga 13 MP dan kualitas video di kualitas 1080p, kemudian ada MediaTek MT6592 yang mendukung kamera 16 MP, dan MediaTek MT6595 yang sudah mendukung kamera beresolusi 20 MP.

Lalu untuk kebutuhan tampilan dengan spek yang tinggi, ada MediaTek MT6795 yang sudah mendukung refresh rate 120Hz, resolusi Full HD, hingga video ultra HD.

Chipset MediaTek Generasi Terbaru

Berkembangnya teknologi smartphone, turut mempengaruhi perkembangan chipset yang diproduksi oleh MediaTek. Apalagi sejak memasuki tahun 2020, produsen smartphone mulai memproduksi hp 5G unggulan masing-masing.

Untuk kelas hp flagship 5G di segmen premium, hadir chipset MediaTek Dimensity dengan beberapa unggulannya seperti MediaTek Dimensity 1000, MediaTek Dimensity 820, MediaTek Dimensity 800, dan MediaTek Dimensity 720.

proseso mediatek terbaik

Lalu ada juga chipset MediaTek Helio untuk kelas yang lebih beragam, mulai dari yang premium, hingga yang kelas entry. Beberapa chipset unggulan MediaTek di segmen ini diantaranya adalah MediaTek X Series untuk seri hp premium.

Pada kelas menengah, ada MediaTek Helio G Series dengan chipset unggulan seperti MediaTek Helio G80, MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T,  dan MediaTek Helio G95.

Chipset Helio untuk perangkat smartphone entry berada di kelas MediaTek Helio P Series, dengan chipset unggulan seperti MediaTek Helio P70 dan MediaTek Helio P95.

Prosesor Lengkap untuk Semua Kelas

Itulah sedikit ulasan tentang prosesor MediaTek dan chipset-chipset andalan mereka. Di Indonesia, smartphone dengan chipset MediaTek termasuk populer, karena menawarkan performa yang baik, dengan harga yang rata-rata terjangkau, terutama jajaran hp yang ada di kelas menengah.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari chipset MediaTek, Anda bisa membaca artikel lengkapnya di sini.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

893 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.