Diperbaharui pada Kamis, 2 Februari 2023 | 13:50

9 Aplikasi Edit Video Stop Motion di Android Gratis!

instagram story

Apakah Anda mencari aplikasi yang memungkinkan untuk membuat stop motion ataupun animasi? Dengan menggunakan aplikasi stop motion terbaik, Anda bisa membuat animasi sempurna melalui smartphone Android Anda.

Anda bahkan bisa bikin IG story keren melalui aplikasi tersebut. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak di bawah ini!

9 Aplikasi Stop Motion Terbaik

Stop motion merupakan salah satu teknik dalam pembuatan video dari beberapa potongan foto yang digabungkan menjadi satu.

Dengan menggunakan aplikasi stop motion terbaik, Anda bisa membuat video stop motion yang keren dan menarik. Agar tidak penasaran mengenai apa saja aplikasi tersebut, maka berikut aplikasi yang bisa Anda coba!

1. Stop Motion Lite

aplikasi stop motion

Aplikasi ini cukup bagus untuk membuat video stop motion dengan cepat dan bahkan Anda akan langsung bisa mengekspor gambar-gambar yang Anda buat langsung ke VLC untuk diputar.

Ada fitur grid overlay dan juga fitur upload YouTube untuk mengunggah video Anda ke YouTube. Yang lebih hebat, Stop Motion Lite ini juga bisa dipergunakan untuk membuat video animasi dan bahkan claymation.

Anda bisa memilih yang versi gratis atau bayar, bedanya cuma ada tidaknya iklan di dalam aplikasi.

2. Funmotion

aplikasi stop motion

Funmotion menawarkan penggunaan yang sangat mudah yaitu Anda hanya tinggal menyentuh dan menahan ikon pada layar untuk perekaman yang kemudian bisa Anda urutkan file perekaman tersebut dan pilih tanda centang, secara otomatis video akan akan dibuat.

3. Lapse It – Time Lapse Camera

aplikasi stop motion

Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai software video stop motion terbaik dari salah satu televisi di Inggris. Aplikasi Lapse It – Time Lapse Camera memiliki banyak fitur yang tidak ada atau jarang dipergunakan pada aplikasi lain yang mempunyai fungsi sejenis.

Anda bahkan bisa mengimpor gambar kualitas tinggi dari DSLR, melakukan render video yang cepat dengan kualitas Full HD, menyematkan lagu dari koleksi Anda, exposure mode, white balance dan juga pengaturan fokus yang mudah.

Tersedia juga fitur uploading ke media sosial favorite Anda seperti Google Plus, FB, YouTube, dan Instagram. Bahkan Anda bisa mengekspor video buatan Anda ke berbagai format video pilihan Anda seperti MP4, H264, MOV dan FLV. 

4. Stop Motion Studio

stop motion studio

Aplikasi stop motion terbaik yang satu ini bisa Anda gunakan untuk membuat film animasi dengan mudah. Untuk menggunakan Stop Motion Studio, Anda hanya perlu memakai smartphone Android dan tidak perlu memakai komputer.

Beberapa fitur dasar yang bisa Anda dapatkan seperti zoom out, zoom in, mode overlay, import, export, menambah lagu, hingga mengatur audio.

Tak hanya itu, masih ada beberapa fitur lain seperti :

  • Grid mode untuk mengatur posisi objek
  • Time interval
  • Green screen
  • Rotoscoping
  • Remote camera
  • Share hasil editing
  • Lebih dari 80 sampel musik

Untuk menggunakan Stop Motion Studio, Anda hanya perlu mengunduhnya melalui Google Playstore secara gratis. Setelah membuatnya, Anda bisa menyimpannya ke galeri atau membagikannya melalui IG Story.

5. PicPac

picpac

Melalui salah satu aplikasi stop motion terbaik bernama PicPac ini, Anda bisa membuat stop motion untuk bikin IG story keren.

Tak perlu menggunakan PC, Anda bisa mendownloadnya langsung melalui smartphone Android. Beberapa fitur keren bisa Anda dapatkan seperti:

  • Merekam audio
  • Menambah musik
  • Menghasilkan video dengan resolusi 360p
  • Watermark pada bagian kanan bawah
  • Menyusun ulang foto

Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, maka jangan ragu untuk mengupdatenya ke versi Pro. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh fitur tambahan seperti:

  • Menghapus watermark
  • Dapat memakai logo milik Anda sendiri
  • Tersedia fitur duplikasi dan menggabungkan proyek
  • Menghasilkan video dengan resolusi 480p, 720p, video 1080p setiap animasi

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memilih foto di gallery kemudian pilih kecepatan dalam membuat video.

Selanjutnya, Anda bisa memberi judul dan menentukan kualitas video lalu klik Create Video. Jika sudah, Anda bisa menambahkan audio atau musik.

Terakhir, Anda bisa menyimpan video dan membagikannya di aplikasi lain seperti Facebook, YouTube, dan tentunya Instagram.

6. Life Lapse

Anda tidak memiliki keterampilan dalam mengedit video, atau bahkan tidak mengetahui cara bikin story IG keren?

Tidak masalah, karena dengan menggunakan Life Lapse Anda bisa mengatur video dengan mudah. Anda hanya perlu memilih filter lagu, rasio video, dan menyimpannya dengan mudah.

Tidak perlu memerlukan editing karena Life Life secara otomatis akan merangkai klip menjadi video yang unik dan menyenangkan. Anda tidak perlu lagi melakukan proses pengeditan yang membingungkan.

Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan seperti timer kamera, import foto, mode swafoto, ubah sesuai ukuran, menyesuaikan kecepatan, menambahkan musik, dan masih banyak lagi.

7. GIFMob

gifmob

Salah satu aplikasi stop motion terbaik ini bisa Anda pilih untuk membuat stop motion dengan desain antarmuka yang sederhana.

Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan di GIFmob, yang memungkinkan untuk membuat video atau GIF dengan cepat dan mudah.

Aplikasi ini sendiri sudah didukung dengan mode landscape maupun portrait yang bisa Anda pilih sesuai selera. Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini antara lain:

  • Membuat stop motion animated GIF serta video MP4 dengan gambar yang tak terbatas
  • Membuat animasi GIF dan film MP4 dari galeri
  • Membuat animasi GIF dan video MP4 memakai kamera
  • Live preview
  • Mode super posisi kamera
  • Penyimpanan dalam format MP4
  • GIF serta video animasi dalat disimpan pada
  • Menyimpan secara otomatis

Lantas, bagaimana cara menggunakan aplikasi stop motion terbaik ini? Anda bisa menekan tombol kamera kemudian buka kamera built-in untuk mengambil gambar.

Jika sudah memiliki gambar, Anda bisa menekan tombol galeri dan pilih gambar yang ingin digunakan. Bebeberapa tombol bisa digunakan seperti tombol -1 untuk menghapus gambar terakhir.

Tombol X untuk menghapus aminasi. Tombol hemat untuk menyimpan file fideo ataupun animasi GIF.

Slide bir bisa Anda pilih untuk menyesuaikan kecepatan, tombol panah untuk memilih arah animasi berhenti bergerak. Kemudian panah dua sisi untuk beralih putaran.

8. Stop Motion Maker

stop motion makerCara bikin story IG keren bisa Anda coba juga menggunakan aplikasi Stop Motion Maker. Tak hanya itu, dengan memakai aplikasi stop motion ini, Anda bisa menambahkan berbagai filter menarik untuk membuat video.

Terdapat pula fitur preview yang bisa Anda gunakan untuk melihat hasil sementara dari video yang sudah dibuat. Untuk membuat stop motion pun bisa dibilang cukup sederhana.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa video maupun foto yang ingin Anda jadikan stop motion. Kemudian gabungkan dan atur kecepatan yang diinginkan.

Dengan begitu, secara otomatis aplikasi Stop Motion Maker akan memprosesnya menjadi video stop motion yang keren.

Video yang sudah Anda buat bisa disimpan dalam format motion-jpeg atau AVI. Selain itu Anda juga bisa menyimpan gambar baik menggunakan format png maupun jpeg.

Beberapa fitur yang juga bisa didapatkan antara lain adalah mode pemotretan secara otomatis atau manual, ekspor film, pratinjau,edit bingkai, hingga import gambar.

Untuk mengunduhnya melalui Playstore Anda bisa memilih versi lite maupun versi berbayar.

9. I Can Animate

i can animate

Aplikasi lainnya adalah I Can Animate yang merupakan aplikasi animasi gerakan lambat yang ddikembangkan Kudlian Software khusus untuk pengguna Android.

Anda bisa memakainya dalam mode gratis ataupun pembelian jika ingin mendapatkan banyak fitur. Anda bisa membuat video animasi sendiri dengan mudah, kemudian menyimpannya serta membagikannya kepada orang lain.

I Can Animate juga memiliki semua opsi editor seperti tempel, salin, batalkan, edit, ulang, hapus, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memakai fitur pratinjau bingkai pada timeline yang dapat digulir.

Bagaimana, sangat menarik bukan beberapa deretan aplikasi pembuat stop motion di atas? Itulah beberapa aplikasi stop motion terbaik yang bisa Anda pilih.

Melalui beberapa aplikasi pembuat video animasi stop motion tersebut, Anda bisa memilih salah satu diantaranya manakah yang paling sesuai dengan kebutuhkan. 

Terlebih semua fitur pada aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis. Jadi tunggu apa lagi, segera install salah satu aplikasi di atas dan buat video animasi stop motion untuk story IG keren melalui smartphone Android kesayangan Anda.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.