Diperbaharui pada Rabu, 17 Juni 2020 | 21:24

Cara Transfer Google Play Music Library ke YouTube music

google play music to youtube music

Kabarnya bahwa di tahun ini Google akan menghapus play music dan menggantinya dengan YouTube music.

Menjualnya kabar tersebut tentu mengejutkan banyak pihak terutama bagi mereka yang memiliki segudang lagu, recommendations, playlist ataupun likes karena bisa jadi mereka harus mengikhlaskan semuanya.

Beruntung kini Google telah menghubungkan adanya berbagai aplikasi yang bisa digunakan dalam cara transfer Google Play music library ke YouTube music.

Hingga detik ini masih banyak pengguna yang setia dengan adanya layanan play music. Tentu saja hal ini juga disebabkan karena ketakutan mereka untuk kembali menciptakan playlist pada YouTube music.

Sayangnya hingga berita ini tersebar di berbagai media sosial, fitur untuk melakukan cara transfer Google Play music library ke YouTube music masih belum tersedia secara sepenuhnya.

Hal ini tidak lain karena ada beberapa permasalahan yang memang harus diselesaikan terkait dengan kapasitas server yang terbatas dan lain sebagainya.

Lantas, kapan kita bisa menerapkan cara transfer Google Play music library ke YouTube music?

Cara Transfer Google Play music library ke YouTube music

 

cara transfer google play music ke youtube music

Disebutkan bahwa Anda harus bersabar terlebih dahulu hingga Anda akan melihat sebuah popup yang muncul suara otomatis pada akun Google Play music Anda .

Ketika hal ini telah Anda temukan, selanjutnya pihak Google akan mengirimkan email secara pribadi kepada Anda. Dari sinilah Anda bisa menerapkan beberapa cara transfer Google Play music library ke YouTube music.

Untuk diketahui bahwa proses transfer tersebut pastinya juga membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari jumlah file yang Anda miliki.

Sebelum Anda menerapkan cara transfer Google Play music library ke YouTube music ternyata ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan supaya proses transfer seperti ini bisa berhasil.

Pertama, pastikan untuk membuat sebuah channel YouTube pribadi tanpa Anda harus memposting berbagi konten ataupun video. Kedua, yang perlu diperhatikan bahwa akun Google Play music tidak dapat ditransfer pada akun YouTube bisnis.

Ketiga, temukan semua file yang telah Anda transfer pada YouTube music dengan memilih tiga tab pada bagian bawah yang meliputi home, library dan explore.

Lebih lanjut mengenai cara transfer Google Play music library ke YouTube music.

Sepertinya disebutkan sebelumnya bahwa sekalipun Google belum mempersiapkan sepenuhnya, setidaknya ada juga harus tahu bagaimana cara transfer Google Play music library ke YouTube music.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan sehingga Anda bisa menyelamatkan berbagai file music yang telah Anda simpan sebelumnya.

Gunakan aplikasi berbasis android atau iOS

cara transfer google play music ke youtube music

Untuk memulai cara transfer Google Play music library ke YouTube music, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan instalasi atas aplikasi YouTube music pada ponsel Anda.

Artikan juga ponsel yang Anda miliki compatible dengan aplikasi Google Play music versi terbaru 3.65. Jika ternyata aplikasi tersebut tidak tersedia pada play store, Anda bisa mendownloadnya dengan mudah melalui apk mirror.

Jika aplikasi tersebut telah tersedia pada ponsel Anda , cara transfer Google Play music library ke YouTube music bisa dilakukan dengan memanfaatkan notifikasi lets go yang muncul secara otomatis pada layar homescreen Anda.

Selanjutnya Anda tinggal memilih beberapa music yang mungkin ingin Anda pindahkan. Jika Anda sebelumnya telah berlangganan play music, maka biaya langganan Anda akan tetap sama sekalipun Anda tidak lagi menggunakan Google Play music.

Saat itu juga, Anda yang melihat tombol transfer yang muncul secara otomatis bisa langsung memilih dan proses transfer data akan berlangsung. Jika sudah selesai, Anda bisa menjelajahi YouTube music.

Cara transfer Google Play music library ke YouTube music ini nantinya akan mentransfer semua rekomendasi yang bisa Anda dengarkan ada akun YouTube music Anda sebelum semua proses transfer selesai.

Jika Anda ingin melihat sejauh mana proses transfer tersebut berlangsung, dengan mudah Anda bisa mengetuk notifikasi yang terletak pada bagian bawah. Jika semua proses tersebut telah selesai nantinya Anda akan mendapatkan email setelah semua proses upload berakhir.

Mengapa orang mendapati adanya lagu yang luput dari proses transfer namun permasalahan ini bisa terselesaikan dalam beberapa hari kemudian.

Layanan pada website resmi

website youtube music

Untuk cara transfer Google Play music library ke YouTube music juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan website resmi. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunjungi laman music.YouTube.com/transfer.

Hampir serupa dengan cara tersebut di atas, melalui sebuah website nantinya Anda akan memilih beberapa data yang akan ditransfer kemudian ada juga akan mengetuk tombol transfer.

Cara ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana proses transfer itu berlangsung. Ketika semua proses telah selesai Anda telah bisa menikmati semua file music yang tersimpan melalui YouTube music.

Apa yang akan terjadi jika seseorang tetap menggunakan play music setelah proses transfer?

Terlepas dari cara transfer Google Play music library ke YouTube music, ternyata ada beberapa orang yang tetap setia menggunakan Google Play music.

Jika Anda termasuk di antara mereka, jangan khawatir sebab Anda bisa melakukan sinkronisasi koleksi Anda pada library sesering mungkin dengan mengetuk profil Anda pada pojok atas kanan dan Anda bisa memilih menu setting.

Selanjutnya Anda bisa mengabaikan perangkat migrasi yang sebelumnya Anda gunakan. Hal ini bisa Anda lakukan baik melalui website ataupun aplikasi pada android.

Dimanakah saya bisa menemukan semua file yang telah terupload dan stations?

Tanpa mengabaikan cara transfer Google Play music library ke YouTube music disebutkan bahwa semua file yang telah terupload akan ditempatkan pada bagian yang berbeda pada aplikasi YouTube music.

Hal ini bisa Anda temukan dengan mengunjungi library ataupun hasil pencarian. Nantinya pada bagian atas akan muncul YouTube music sekaligus menu upload.

Dari sini Anda bisa menemukan file upload Anda . Untuk station nampaknya tidak berlaku pada YouTube music dan telah di convert menjadi playlist.

Namun demikian semua isinya sama dimana Anda bisa melihat dan memainkan beberapa lagu. Hari ini nampaknya tidak berlaku pada station pada Google Play music.

Bagaimana jika kehilangan lagu di Youtube Music?

cara transfer google play music ke youtube music

Masih berkaitan dengan cara transfer Google Play music library ke YouTube music disebutkan bahwa semua file yang telah terupload dan terbeli akan ditransfer seluruhny menuju YouTube music.

Namun demikian semua itu akan ditempatkan pada bagian yang berbeda karena YouTube music memiliki lisensi yang berbeda dengan Google Play music sehingga kecenderungan file music hilang bisa saja terjadi meskipun persentasenya sangat sedikit.

Menariknya beberapa lagu yang mungkin karena memiliki lisensi sehingga tidak muncul pada play music akan kembali muncul di YouTube music. Dapatkah seseorang melakukan transfer jika dia adalah pengguna gratisan?

Bahwasanya cara transfer Google Play music library ke YouTube music bisa dilakukan oleh semua orang tanpa harus berlangganan. Bahkan mereka bisa memainkan dan mendownload beberapa lagu.

Sayangnya, mereka memiliki keterbatasan untuk melakukan hal tersebut. Bahkan untuk memainkan lagu bisa dilakukan dengan aplikasi android.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan streaming dengan adanya gangguan iklan. Bahkan Anda harus membiarkan layar ponsel Anda menyala hanya untuk bisa mendengarkan sebuah lagu.

Jika sebelumnya seseorang telah menggunakan YouTube music, apakah semua data di library hilang?

Ketika telah menerapkan cara transfer Google Play music library ke YouTube music, disebutkan bahwa tidak ada data yang hilang dari library pada YouTube music. Semua itu akan tersusun dengan sempurna.

Bahkan jika sebelumnya Anda memiliki file yang sama di YouTube music, setelah melakukan transfer maka tidak akan ditemukan duplikat file.

Bagaimana dengan podcast?

podcast ke youtube music

Saat Anda berhasil mencoba cara transfer Google Play music library ke YouTube music, kabar buruknya bahwa podcast Anda tidak bisa diputar melalui YouTube music.

Sebagai gantinya Anda harus melakukan export data sekaligus berlangganan Google podcast. Setelah Anda menggunakan aplikasi migrasi tersebut, Anda bisa menuju ke laman podcast.Google.com/transfer untuk menghapus beberapa file transfer yang terpisah.

Saat ini bekas player tersedia pada ponsel android dan Anda bisa menemukannya dengan mudah melalui play store. Itulah sedikit kejelasan mengenai adanya kabar Google Play music library yang akan dihapus oleh pihak Google.

Tanpa adanya rasa khawatir, Anda bisa menerapkan cara transfer Google Play music library ke YouTube music sehingga semua file music akan bisa dipindahkan dengan sangat mudah menuju YouTube music.

Atas adanya perpindahan ini juga memberikan nilai plus tersendiri bagi mereka yang melakukannya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.