Diperbaharui pada Selasa, 23 November 2021 | 16:06
6 Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Hp

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

Bila dulu memori internal hp terbesar adalah 16 GB dan 32 GB, kini smartphone telah dibekali dengan memori internal yang jauh lebih besar kapasitasnya, bahkan hingga 1 TB seperti iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Namun dengan semakin besarnya memori internal pada smartphone, bukan berarti semua orang memiliki hp dengan memori internal hingga 1 TB. Berdasarkan hasil penjualan hp di Indonesia, smartphone dengan memori internal 64 GB dan 128 GB adalah yang paling populer.

Walau besar, ada kalanya kapasitas memori tersebut akan penuh juga, karena banyaknya file yang disimpan di dalam hp tersebut. Semakin berkurangnya kapasitas memori internal ini bukan tanpa alasan.

Selain karena banyak pengguna yang menginstal aplikasi dan game, beberapa produsen juga menghilangkan slot microSD yang sebelumnya menjadi tempat memori tambahan bila memori internal penuh.

Terdapat beberapa cara untuk menambah kapsitas memori internal pada hp. Menambah yang kami maksud di sini adalah dengan menggunakan kapasitas yang tersedia sebaik dan seefisien mungkin, agar memori internal tidak cepat penuh. Berikut caranya.

1. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

cara memperluas memori internal hp

Bila kinerja smartphone Anda melambat dan memori internal sudah terasa penuh, sebaiknya Anda melakukan pengecekan untuk memastikan apakah kapasitas memori internal hp sudah mulai overload.

Jika memang sudah terlalu penuh, Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi yang ada di memori internal ke memori eksteral kartu memori. Cara ini tentunya hanya berlaku bagi pemilih hp dengan slot memori card eksternal, ya.

Sebelum memindahkan, Anda juga harus memastikan bahwa kartu memori yang Anda gunakan cukup besar daripada memori internal agar semakin banyak ruang tersisa.

Anda bisa memindahkan aplikasi-aplikasi berat seperti Facebook, Youtube, ke memori card dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih atur aplikasi. Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi yang hendak dipindahkan.

Pada hp Android, akan muncul jendela baru, lalu klik bagian 'Move to SD Card'. Anda harus bisa membedakan mana aplikasi yang sudah terinstal di memori internal dan mana yang ada di kartu memori eksternal.

2. Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

Bila memori internal smartphone Anda kecil, maka sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang butuh ruang besar seperti aplikasi VR atau game-game bergrafis berat.

Bila Anda pengguna media sosial yang aktif, pilih aplikasi media sosial yang bener-benar Anda pakai sehari-hari saja. Karena ada beberapa pemilik hp yang mengunduh berbagai macam aplikasi media sosial, namun hanya menggunakan 1 atau 2 saja.

Untuk Anda pecinta game, Anda juga harus memilih game dengan ukuran yang kecil saja. Banyak kok game-game kecil yang cukup seru dimainkan dan cukup menghibur. Tapi tentu saja game-game tersebut pada umumnya memiliki grafis yang standar.

3. Pindahkan Foto dan Video Lama

cara memperluas memori internal hp

Salah satu penyebab memori internal pada smartphone penuh ialah foto dan video. Apalagi, smartphone dewasa ini dibekali dengan spesifikasi kamera yang mumpuni, sehingga kita sering memotret dan merekam momen, tanpa sadar membuat memori menipis.

Anda bisa mulai memilah-milah foto dan video yang ada di dalam hp dan memindahkannya ke laptop atau HDD eksternal. Dengan begitu, memori internal hp akan kembali lega, dan foto serta video Anda tetap tersimpan tanpa perlu menghapusnya.

4. Dengarkan Musik Secara Streaming

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

File musik juga bisa menjadi penyebab memori internal smartphone jadi penuh. Untungnya ada berbagai cara yang bisa membuat Anda tetap mendengarkan musik favorit.

Anda bisa memutar musik melalui aplikasi streaming semacam Spotify, Google Play Music dan lain-lain. Keuntungan streaming tentu membuat Anda bisa memutar lagu yang diinginkan tanpa harus mendownload file musik.

Ini akan secara signifikan melegakan memori internal smartphone Anda. Namun agar streaming tetap nyaman, pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil, ya.

5. Clear Cache

cara memperluas memori internal hp

Langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan memori internal ialah melakukan penghapusan cache atau file histori. Cache biasanya menumpuk pada aplikasi dan browser.

Bila file-file sampah ini tidak dibersihkan dan menumpuk tentu menyebabkan kinerja smartphone melambat. Anda bisa menghapus dengan cara masuk ke setting-aplikasi-manage aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya.

6. Menggunakan Penyimpanan Cloud

cara mamperluas memori internal hpFoto: Pixabay

Bila memori internal Anda penuh, Anda juga bisa memanfaatkan memori penyimpanan Cloud seperti Google Drive, One Drive, dan layanan penyimpanan online berbasis Cloud lainnya.

Anda bisa memindahkan file dokumen yang penting hingga foto dan video ke penyimpanan Cloud untuk melegakan memori internal. Dengan cara ini, file menjadi lebih aman dan bisa diakses dengan mudah dari smartphone.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah memori internal hp yang mulai penuh ya, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.