Diperbaharui pada Kamis, 18 April 2024 | 09:50

6 Cara Menambah Kapasitas Memori Hp Tanpa Hapus Foto dan Video

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

Smartphone adalah perangkat serba bisa yang telah menjadi bagian hidup orang banyak. Berbagai aktivitas dilakukan melalui smartphone, termasuk untuk mendokumentasikan momen-momen tertentu. Ini menjadikan smartphone juga sebagai perangkat penyimpanan.

Menyimpan file foto dan video di dalam smartphone adalah hal yang umum dilakukan oleh semua orang, namun ada kalanya kita terkendala dengan memori hp yang penuh dan tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan file-file tersebut. Lalu bagaimana solusinya?

Cara Menambah Memori Tanpa Hapus Foto dan Video

Meski perangkat smartphone dewasa ini memiliki ruang penyimpanan internal yang besar, namun masih sering ditemui pemilik hp yang tidk bisa menyimpan foto dan video lagi karena memori sudah penuh. Salah satu solusi untuk membuka ruang memori adalah dengan menggunakan kartu microSD.

Namun, tidak semua smartphone memiliki slot microSD. Beberapa produsen hp memilih untuk menghilangkan slot memori eksternal mereka. Lalu, bagaimana caranya untuk menambah memori tanpa menghapus foto dan video yang sudah tersimpan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Pindahkan Aplikasi ke Memory Card

cara memperluas memori internal hp

Opsi pertama ini berlaku untuk perangkat smartphone yang masih menyediakan slot memori eksternal. Bila kinerja smartphone melambat, sebaiknya lakukan pengecekan untuk memastikan apakah kapasitas RAM sudah mulai overload.

Umumnya, aplikasi yang kita install di smartphone akan memakan memori RAM, dan bila sudah penuh, maka sistem akan memindahkannya ke memori internal smartphone, sehingga kapasitas untuk penyimpanan file jadi terpakai.

Jika memang sudah terlalu penuh, kamu bisa memindahkan beberapa aplikasi yang ada di memori internal ke memori eksteral microSD.

Sebelum memindahkan, pastikan kapasitas memori eksternalnya cukup besar untuk menampung aplikasi-aplikasi tersebut. Kamu bisa memindahkan aplikasi-aplikasi berat seperti game, Facebook atau YouTube ke microSD.

2. Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

Bila memori internal smartphone kamu kecil, maka sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang butuh ruang besar seperti aplikasi VR atau game-game bergrafis berat.

Bila kamu pengguna media sosial yang aktif, pilih aplikasi media sosial yang bener-benar kamu pakai sehari-hari saja. Karena ada beberapa pemilik hp yang mengunduh berbagai macam aplikasi media sosial, namun hanya menggunakan 1 atau 2 saja.

Untuk kamu pecinta game, kamu juga harus memilih game dengan ukuran yang kecil saja. Banyak, kok game kecil yang cukup seru dimainkan dan cukup menghibur. Tapi tentu saja game tersebut pada umumnya memiliki grafis yang standar.

3. Pindahkan Foto dan Video Lama

cara memperluas memori internal hp

Salah satu penyebab memori internal pada smartphone penuh ialah foto dan video. Apalagi, smartphone dewasa ini dibekali dengan spesifikasi kamera yang mumpuni dengan ukuran file yang besar, sehingga tanpa sadar membuat memori cepat menipis.

Kamu bisa mulai memilah-milah foto dan video yang ada di dalam hp dan memindahkannya ke laptop atau HDD eksternal. Dengan begitu, memori internal hp akan kembali lega, dan foto serta video kamu tetap tersimpan tanpa perlu menghapusnya.

4. Dengarkan Musik Secara Streaming

cara memperluas memori internal hpFoto: Pexels

File musik seperti MP3 juga bisa menjadi penyebab memori internal smartphone jadi penuh. Untungnya ada berbagai cara yang bisa membuat kamu tetap mendengarkan musik favorit, salah satunya adalah dengan menggunakan platform streaming musik.

Kamu bisa memutar musik melalui aplikasi streaming semacam Spotify, JOOX, hingga YouTube Music. Keuntungan streaming tentu membuat kamu bisa memutar lagu yang diinginkan tanpa harus menyimpan file musik di hp.

Ini akan secara signifikan melegakan memori internal smartphone kamu. Namun agar streaming tetap nyaman, pastikan perangkat smartphone sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil, ya.

5. Clear Cache

cara memperluas memori internal hp

Langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan memori internal ialah melakukan penghapusan cache atau file histori. Cache biasanya menumpuk pada aplikasi dan browser.

Bila file-file sampah ini tidak dibersihkan dan menumpuk, tentu menyebabkan kinerja smartphone melambat. Kamu bisa menghapus dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya.

6. Menggunakan Penyimpanan Cloud

cara mamperluas memori internal hpFoto: Pixabay

Bila memori internal kamu penuh, kamu juga bisa memanfaatkan memori penyimpanan Cloud seperti Google Drive, One Drive, dan layanan penyimpanan online berbasis Cloud lainnya.

Kamu bisa memindahkan file dokumen yang penting hingga foto dan video ke penyimpanan Cloud untuk melegakan memori internal. Dengan cara ini, file menjadi lebih aman dan bisa diakses dengan mudah dari smartphone.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu kamu mengatasi masalah memori internal hp yang mulai penuh ya, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.