Diperbaharui pada Jumat, 3 November 2023 | 13:00

5 Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas Saat Main Game Berat

cara mengatasi hp panas saat main game beratFoto: Pixabay

Salah satu hal yang paling disenangi ketika kita memiliki sebuah hp adalah kesempatan untuk bermain berbagai macam gim, termasuk PUBG dan gim-gim populer lainnya.

Namun karena terlalu asyik bermain gim, terkadang ada satu hal yang sering kita sepelekan, yaitu kondisi hp yang menjadi cepat panas karena bermain terlalu lama.

Salah satu penyebab hp panas saat bermain gim adalah karena hardware yang harus bekerja keras menjalankan gim yang dimainkan. Belum lagi bila menggunakan hp dengan spek menengah, maka tingkat panasnya cenderung berlebih.

Memang kondisi panasnya hp ketika bermain gim berat adalah hal yang wajar, namun kalau hal ini terjadi secara terus menerus, maka tidak baik untuk performa hp itu sendiri ke depannya.

Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas

Ketika bermain gim berat, hp akan bekerja cukup keras untuk memproses tampilan gambar gim tersebut. Akibatnya, konsumsi baterai menjadi lebih cepat dan suhu di dalam hp menjadi cepat meningkat.

Hal tersebut merupakan faktor internal yang menyebabkan hp cepat panas. Selain itu, masih ada faktor lainnya yang perlu diperhatikan, seperti prosesor yang tidak dibekali dengan sistem pendingin. Lalu, ada juga faktor eksternal seperti lokasi tempat bermain.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa cara untuk mengatasi hp cepat panas ketika bermain gim. Cara-cara berikut ini telah dicoba dan memang terbukti dapat mengurangi panas pada baterai hp.

1. Lepas Casing Saat Bermain gim

Tidak Usah Pakai Casing
Casing memang aksesoris hp yang berguna untuk melindungi bodi hp agar tidak cepat baret atau rusak. Tapi, dalam hal panas, casing hp justru bisa memperburuk kondisi hp karena panas yang ditimbulkan oleh hp menjadi terserap dan tidak terlepas.

Bagi kamu yang belum tahu, setiap bodi smartphone dilengkapi dengan butiran besi halus yang berfungsi sebagai konduktor untuk melepas panas di dalamnya.

Jika panas tersebut tidak dibuang, maka akan membuatnya mengendap dan bisa membuat hp overheat. Jadi, ketika bermain gim, lebih baik lepas dulu casing hp kamu.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan

Kurangi Tingkat Kecerahan
Pemakaian hp dengan pengaturan tingkat kecerahan layar tinggi bisa menjadi salah satu alasan yang membuat smartphone kamu menjadi cepat panas. Karena itu, jika ingin main gim, ubah pemgaturan tingkat kecerahan di level rendah.

Selain membuat hp bekerja lebih ringan, menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan matamu agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang ditimbulkan oleh kecerahan smartphone, serta membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

3. Kecilkan Volume

Kecilkan Volume
Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa hp menjadi cepat panas ketika dipakai main gim. Alasannya sama, karena dengan suara yang besar maka kinerja hp akan menjadi lebih berat.

Solusinya, cukup gunakan volume kecil ketika bermain gim, atau kalau perlu tidak usah nyalakan volume. Memang, menurunkan atau mematikan suara saat main gim membuat suasana menjadi kurang ramai, tapi kamu terkadang perlu melakukannya jika ingin hp terhindar dari panas berlebihan.

4. Tutup Aplikasi Lain di Background

Matikan Aplikasi Lainnya
Jika kamu ingin main yang cukup berat, kami sarankan bagi kamu untuk menutup dulu semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sebelum membuka aplikasi gim.

Alasan dari melakukan ini karena smartphone butuh ruang memori RAM yang cukup lega ketika menjalankan gim berat. Jadi, hp kamu bisa lebih lancar memproses grafis gim tanpa diberatkan lagi dengan aplikasi lainnya.

5. Main gim Secukupnya Saja

Main Game Secukupnya Saja
Yang terakhir ini mungkin cukup klise, tapi memang sangat penting. Sebaiknya kamu bermain gim di smartphone dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena hal ini akan membuat smartphone menjadi menjadi lebih cepat panas.

Selain itu, main gim dalam waktu yang tidak terlalu lama juga membantu menjaga kondisi dapur pacu agar selalu stabil.

Main gim Berat Tanpa Khawatir Hp Cepat Panas

Itulah tips mengatasi hp yang cepat panas ketika bermain gim. Meski tidak bisa mengurangi panas secara menyeluruh, namun setidaknya tips ini bisa memberikan kenyamanan ketika bermain gim.

Semoga artikel ini membantu, ya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan waktu saat bermain gim. Bila perlu, buat lah jadwal bermain, misalnya hanya 1 - 2 jam saja dalam 1 hari. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.