Diperbaharui pada Kamis, 17 September 2015 | 15:00

Gimana Sih Cara Bermain Game PSP di Android?

Smartphone saat ini hadir dengan spesifikasi hardware yang semakin meningkat. Hal ini membuat sebagian smartphone mampu digunakan untuk memainkan game dengan grafis yang detail. Walaupun demikian, bermain game lebih seru kala memainkan game-game klasik.

Kehadiran smartphone saat ini juga bisa digunakan untuk bermain game-game klasik seperti game PSP (Playstation Portable). Kamu bisa merasakan kembali nostalgia dan keseruan bermain game melalui emulator PSP di smartphone Android kamu.

Bila kamu penasaran bagaimana cara bermain game PSP di Android, berikut langkah – langkahnya.

Download Emulator PSP

Saat ini cukup banyak emulator PSP di Google Play Store. Namun, tidak semua emulator tersebut dapat berjalan dengan baik. Salah satu emulator yang direkomendasikan ialah PPSSPP Emulator. Ini merupakan aplikasi open-source dan support sistem Android. Aplikasi ini hadir dalam versi gratis maupun berbayar. Perbedaan hanya terletak pada iklan saja. Aplikasi ini dapat digunakan untuk OS Android 2.3 ke atas.

Download Emulator PSP

Baca juga: 5 Game PC dan Konsol yang Dibuat Ulang untuk Android dan iOS Part I

Download ISO Game

Perlu diingat Emulator game tidak hadir dengan game-game bawaan. Kamu harus mendownload game secara terpisah. Kamu bisa mendownload ISO khusus game PSP di Google. Atau kalau kamu memiliki game PSP kamu bisa mengubah game tersebut ke format ISO agar bisa dimainkan di smartphone.

Download ISO Game

Menjalankan PPSSPP

Setelah mendapatkan ISO, kamu bisa mulai menjalankan emulator PSP. Kamu cukup men-Tap Emulator hingga masuk ke tampilan utama. Dalam tampilan itu akan muncul pilihan menu Games di atas. Kamu bisa men-Tap menu tersebut dan mencari letak ISO game PSP yang kamu download. Setelah menemukan ISO yang hendak dimainkan, kamu cukup Tap game tersebut untuk menjalankan game.

Memang memainkan game PSP di Smartphone Android tidak senyaman kala memainkan game PSP di konsol game. Namun, ini cukup seru dan memberikan kepuasan tersendiri.

Yang perlu diperhatikan, tidak semua smartphone bisa memainkan game PSP. Sebaiknya gunakan smartphone kelas menengah ke atas agar game bisa berjalan lancar. Selamat Mencoba!

 

Baca juga artikel

5 Game PC dan Konsole yang Dibuat Ulang untuk Android dan iOS Part II

Cara Mudah dan Singkat Dapatkan Super Top Racer’s Helmet di Game Line Let’s Get Rich

Game Tower Defense Gratis Untuk Android (2015)

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts