Diperbaharui pada Kamis, 22 Februari 2024 | 15:45

Review Brica B-Steady Multimate, Gimbal Ringan Segudang Fitur

Review Brica B-Steady Multimate, Gimbal Ringan Segudang Fitur-0
Membuat video sinematik akan semakin mudah bila kita menggunakan gimbal. Salah satu yang bisa  dicoba adalah gimbal Brica B-Steady Multimate yang belum lama dirilis.

Gimbal terbaru dari Brica ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan project bikin film pendek, dokumenter, atau jenis video apapun. Penggunaannya juga mudah tinggal sesuaikan sama kebutuhan.

Dan yang terpenting adalah gimbal Brica B-Steady Multimate ini bisa digunakan untuk kamera mirrorless dan juga hp. Jadi gak butuh bawa 2 gimbal, untuk rekam pake 2 device yang berbeda.

Sata menjajalnya, jujur gimbal Brica B-Steady Multimate ini bikin tim video Pricebook leluasa untuk mengambil gambar, karena bisa tilting sampe 290°, dan rolling sampai 200°.

Terus karena punya kemampuan 360° infinite panning, kita jadi punya tambahan 1 opsi pengambilan gambar lagi, yaitu Inception. Oiya, gimbal ini juga sudah pakai 3-Axis Stabilizer sehingga pergerakannya bisa smooth.

Review Brica B-Steady Multimate, Gimbal Ringan Segudang Fitur-1
Bobotnya juga termasuk paling ringan di kelasnya, cuma 653 gram, tapi bisa menopang beban hingga 1200 gram. Jadi bikin tangan kita tidak cepat pegal saat syuting.

Tapi 1200 gram disini bukan untuk kamera yang beratnya sampe 1.2 kg, tapi untuk menopang aksesoris tambahan seperti microphone, lighting atau aksesoris lainnya.

Kapasitas baterainya juga paling besar dibandingkan sama gimbal lain, 2600mAh dan bisa dipakai non-stop hingga 17 jam.

Termasuk awet karena gimbal ini menggunakan Bluetooth 5.0 yang lebih hemat daya. Karena itu kita juga bisa memanfaatkan gimbal ini jadi power bank, buat ngecas hp.

Fitur perekaman video yang dibawa sama Brica B-Steady Multimate ini juga banyak dan bisa jadi pilihan buat bikin video cinematic. Mulai dari Timelapse, Motion Lapse, New Moment Mode dan Panorama Mode.

Yang paling pamungkas adalah Brica B-Steady Multimate ini merupakan gimbal kamera pertama dan satu-satunya di dunia, yang dibekali fitur AI Tracking. Jadi kita bisa ambil beberapa shot menarik tanpa butuh bantuan orang lain.

Review Brica B-Steady Multimate, Gimbal Ringan Segudang Fitur-2
Sensor AI Tracking-nya ini juga berfungsi sebagai lampu penerangan tambahan, dan warnanya bisa kita pilih. Mau RGB bisa, atau mau cool atau warm juga bisa.

Lalu Brica B-Steady Multimate ini secara fisik identik dengan Brica B-Steady PRO Ultimate, terutama dari sisi desainnya. Sama-sama punya roda kontrol serbaguna, joystick, posisi tombol-tombolnya sama, serta layar OLED berukuran 0.91 inci.

Bedanya, di Brica B-Steady Multimate ini bisa untuk Mirrorless Kamera, Compact Kamera, Action Cam dan juga smartphone. 

Kalau B-Steady Pro Ultimate hanya untuk smartphone saja. Termasuk kelengkapannya juga beda, dimana disini ada tambahan beberapa bracket untuk Mirrorless dan ActionCam.

Seperti quick release mount untuk memindahkan orientasi kameranya dari landscape ke portrait, terus pilihan kabelnya juga lebih beragam, untuk menghubungkan kamera ke gimbal.

Kesimpulan

Review Brica B-Steady Multimate, Gimbal Ringan Segudang Fitur-3
Yang jelas Brica B-Steady Multimate termasuk salah satu gimbal yang worth it buat dipilih. Untuk membantu mengambil video sinematik layaknya seorang profesional.

Tapi ada beberapa catatan, dimana gimbal ini cuma untuk kamera yang ukurannya compact kayak mirrorless atau yang ukurannya lebih kecil kayak action cam, dan smartphone!

Lalu untuk penggunaan iPhone, pastikan minimal sudah iOS 10, atau untuk Android minimal di Android 8.

 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.