Diperbaharui pada Senin, 5 Februari 2024 | 12:38

Review Samsung Galaxy S24 Ultra, Si Flagship yang Makin Canggih

Review Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung telah menyempurnakan formulanya untuk Hp terbaru andalan mereka di tahun 2024 kali ini, dan Galaxy S24 Ultra jadi langkah logis untuk menggebrak pasar dunia melalui proyek tersebut. Selain banyak perubahan dari sisi hardware, Samsung juga turut menyematkan segudang AI untuk menjadikan Galaxy S24 Ultra sebagai Hp.

Galaxy S24 Ultra hadir dalam warna-warna menarik seperti Titanium Gray, Titanium Yellow, Titanium Orange, Titanium Blue, Titanium Green, dan beberapa warna lainnya. Beruntung kali ini di meja redaksi kami sudah hadir sebuah Hp Samsung Galaxy S24 Ultra Titanium Gray terbaru, jadi lebih rincinya silahkan simak review yang kami buat.

Desain

Desain Galaxy S24 Ultra

Tampilan persegi dari Galaxy Note yang dihidupkan kembali pada Galaxt S24 Ultra ini sangat unik, terutama untuk model hp terbaru Samsung tahun 2024, dan kami menyukainya. Panel datar sekarang juga terasa lebih nyaman untuk digunakan bersama S Pen, dan pastinya terlihat lebih baik.

Masih teringat dengan versi Galaxy S23 Ultra di tahun sebelumnya yang mengusung layar melengkung, yang terkadang cukup sulit untuk mengoperasikan beberapa fitur yang terletak di bagian sisi layar, terutama ketika menggunakan S Pen. 

kami akan terkejut jika titanium tidak berkontribusi terhadap kenaikan harga Galaxy S24 Ultra, tapi jujur versi unit review Galaxy S24 Ultra Titanium yang kami gunakan jauh terasa lebih nyaman di tangan, terlebih jika dibandingkan dengan versi Galaxy S23 Ultra.

Layarnya juga lebih datar, dan dengan bezel yang lebih kecil di bagian bawah, membuat layar besarnya terlihat lebih besar, dengan hasil akhir matte menjadikan Galaxy S24 Ultra ini sangat nyaman digenggam. kami tidak menggunakan casing hampir sepanjang waktu menggunakan perangkat ini, dan kami tidak terlalu khawatir akan menjatuhkan ponsel, terlebih saat sedang menonton YouTube atau ketika bermain game dalam waktu yang lama.

Secara dimensi, semua ini tidak membuat banyak perbedaan dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra, karena hanya sedikit lebih tipis (8,6 mm dibandingkan 8,9 mm) dan satu milimeter lebih pendek dan lebih lebar, ditambah satu gram lebih ringan dan makin tahan panas berkat Vapor Chamber yang lebih besar.

Galaxy S24 Ultra memiliki berat 232 gram dan ini bukan hal yang aneh, menilik banyak produsen smartphone saat ini yang mebelurkan lebih banyak hp dengan dimensi yang besar dan lebih berat tentunya.

Selain itu, kami cukup yakin seiring berjalannya waktu, Anda tetap akan terbiasa dengan dimensi besar dan teknologi canggih di kantong. Dan Galaxy S24 Ultra membuatkan menyarankannya kepada Anda jika menginginkan perangkat yang ringkas.

Layar

Layar Galaxy S24 Ultra

Akhirnya!! Samsung mengusung layar panel datar Dynamic AMOLED 2x 6.8 inci 120Hz vision booster pada Galaxy S24 Ultra yang terasa lebih besar. Meski memiliki bezel yang sedikit lebih mencolok, namun dalam hal kegunaan dan tampilan, ini merupakan peningkatan besar.

layar disetel ke resolusi 2340 x 1080 piksel, tapi tenang, Anda bisa beralih secara manual ke resolusi penuh 3120 x 1440 piksel, meskipun tidak terlalu diperlukan. Kecepatan refresh diatur ke adaptif sebagai standar, yang berarti secara dinamis beralih antara 1 dan 120Hz tergantung pada aktivitas layar.

Selama penggunaan normal, kami tidak melihat adanya perbedaan ketajaman saat menggunakan pengaturan resolusi tertinggi, dan sangat mulus serta stabil setiap saat. 

Keberadaan layar datar Galaxy S24 Ultra kami rasa bukan hanya Pricebook yang menyukainya, tapi Samsung Fans dan juga pengguna setia Hp Flagship Samsung juga pasti menyukainya. Terlebih dengan ditambahkannya lapisan anti-reflektif dari Gorilla Armor menjadikannya 4 kali lebih tahan goresan dan refleksi berkurang sebanyak 75 persen, semakin membuat perangkat ini lebih ciamik.

Kami menggunakan S24 Ultra tanpa casing selama tiga hari dan tidak ada sedikit pun noda di dalamnya. kami telah menggunakannya secara ekstensif dan masih tidak ada sedikit pun goresan di layar.

Dan ini merujuk pada kesimpulan pertama kami saat pertama kali melihat device ini secara langsung sebelum mengobrak abrik secara keseluruhan, Peningkatan terbesar kasat mata yang dilakukan Samsung pada perangkat keras Galaxy S24 Ultra tahun ini adalah keberadaan layar datar.

Panel Super AMOLED tetap tajam seperti biasanya, namun kini lebih terang lagi pada 2.600 nits dan kualitasnya luar biasa. Kecerahan Adaptif berfungsi dengan baik, dan kami tidak perlu menyesuaikannya secara manual, yang menunjukkan bahwa kecerahan tidak dibatasi secara agresif untuk menghemat masa pakai baterai.

Samsung juga telah menyegel hp Samsung ini dengan cukup baik untuk memiliki peringkat ketahanan air dan debu IP68. Jadi tak lagi khawatir dengan percikan hingga guyuran air hujan, bahkan ketika tanpa sengaja terendam.

Performa

Performa Galaxy S24 Ultra

Galaxy S24 Ultra dibekali dengan prosesor terbaru dan tercanggih Snapdragon 8 Gen 3 yang dirancang dengan teknologi terkini berukuran 4 nm. Chipset ini digadang mampu menonjolkan kinerja tinggi dan hemat energi yang luar biasa pada setiap penggunanya.

Tidak hanya itu, CPU-nya sangat tangguh dengan konfigurasi octa-core yang terdiri dari 1 inti berkecepatan 3.39 GHz Cortex-X4, 3 inti berkecepatan 3.1 GHz Cortex-A720, 2 inti berkecepatan 2.9 GHz Cortex-A720, dan 2 inti berkecepatan 2.2 GHz Cortex-A520. Ini berarti, baik untuk melakukan multitasking atau bermain game berat, semuanya bisa dilakukan tanpa kendala.

Di sisi grafis, terdapat Adreno 750 yang menawarkan pengalaman visual yang halus dan realistis, terutama jika Anda gemar bermain game dengan grafis tinggi atau menonton video berkualitas.

Smartphone ini hadir dengan beberapa pilihan penyimpanan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, mulai dari varian 256GB, 512GB, hingga 1TB. Semuanya disertai dengan RAM 12GB yang siap mendukung multitasking tanpa hambatan. Apakah Anda ingin membuka banyak aplikasi sekaligus atau bermain game berat, semuanya akan berjalan dengan lancar!

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Galaxy S24 Ultra RAM 12GB ROM 1TB
Series -
Tipe SIM Card Nano SIM, eSIM
RAM 12 GB
Memori Internal 1 TB
Kecepatan CPU 3.3 GHz
Dimensi 162.3 x 79 x 8.6 mm
Berat 232 g
Ukuran Layar 6.8 inch
Screen Resolution 3120 x 1440 Pixel
Technology Dynamic LTPO AMOLED 2X
Resolusi Kamera Belakang 200 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
OS Version Android 14
Detail Prosesor Snapdragon 8 Gen 3
GPU Adreno 750
5G Network SA / NSA / Sub6
Jumlah Kamera Belakang 4
Prosesor Qualcomm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot kartu memori tambahan. Namun, dengan pilihan penyimpanan yang cukup besar, Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan foto, video, atau aplikasi favorit.

Berbicara tentang kecepatan penyimpanan, semua varian menggunakan teknologi UFS 4.0 yang terkenal akan kecepatannya. Dengan teknologi ini, pengalaman menggunakan smartphone menjadi lebih lancar, mulai dari proses booting sistem hingga membuka aplikasi.

performa Galaxy S24 Ultra

Semua model Galaxy S24 Ultra didukung oleh Snapdragon 8 Gen 3, sebuah chipset yang didesain dengan mempertimbangkan kecerdasan buatan. Meskipun ini adalah perilisan yang baru saja diluncurkan, chipset ini telah menunjukkan kinerja yang mengagumkan dalam berbagai pengujian benchmark pada ponsel lain.

Namun, secara mengejutkan, dalam pengujian benchmark Galaxy S24 Ultra kami, chipset ini memberikan hasil yang lebih unggul. Misalnya, skor tunggal dan multi-core pada GeekBench 6 Galaxy S24 Ultra masing-masing mencapai 2.308 dan 7.283, dengan jelas mengungguli Galaxy S23 Ultra.

Hp Geekbench 6 Single Core Geekbench 6 Multi Core
Samsung Galaxy S24 Ultra 2.300 7.249
Samsung Galaxy S23 Ultra 2.091 5.511

Kekuatan luar biasa dari Snapdragon 8 Gen 3 terasa dalam hampir setiap interaksi di telepon ini. Dari pengalaman menggeser antarmuka beranda hingga beralih antara aplikasi, semuanya terasa sangat lancar.

Yang lebih mengesankan lagi adalah kinerja grafis ponsel ini, di mana Galaxy S24 Ultra mencatat skor tertinggi dalam pengujian Wild Life Unlimited 3DMark. Dengan skor 20.627, ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra sebelumnya.

Hp Skor Wild Life Unlimited Skor Wild Life Unlimited (FPS)
Samsung Galaxy S24 Ultra 20.627 123.5
Samsung Galaxy S23 Ultra 14.611 87.5

Kami telah melihat betapa halusnya dan intensifnya pemrosesan grafis di Galaxy S24 Ultra, terutama saat bermain game yang mendukung ray tracing seperti Diablo Immortal. Detail-detail kecil seperti perubahan bayangan karena pencahayaan terlihat sangat mulus di Galaxy S24 Ultra.

performa Galaxy S24 Ultra

Biasanya, jenis permainan seperti ini dapat membuat ponsel menjadi panas, tetapi Samsung telah merancang ulang sistem pendingin pada Galaxy S24 Ultra untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil, bahkan setelah sesi bermain game yang panjang. Sistem kontrol termal yang dioptimalkan pada ponsel ini dilengkapi dengan Vapor Chamber yang hampir dua kali lipat dari yang ada pada S23 Ultra.

Namun, satu-satunya kejanggalan yang kami temukan adalah waktu rendering video yang agak lebih lambat pada Samsung Galaxy S24 Ultra saat menggunakan Adobe Premiere Rush. Meskipun waktu 42 detiknya masih cukup baik, namun S24 Ultra kalah cepat dibandingkan dengan S23 Ultra tahun sebelumnya, yang membutuhkan waktu 39 detik.

Hp

Transkode Adobe Premiere Rush (Menit:Detik)

Samsung Galaxy S24 Ultra 0:42
Samsung Galaxy S23 Ultra 0:39

Selain itu, kami tidak mengalami masalah sama sekali dengan kinerjanya saat menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan, menggunakan aplikasi, dan menjalankan tugas dasar lainnya. Bahkan saat bermain game seperti Asphalt 9: Legends selama lebih dari 30 menit, ponsel hampir tidak terasa panas, dan bahkan saat menjalankan benchmark stress test, ponsel tidak mengalami kenaikan suhu yang signifikan.

Hanya ada satu hal yang masih menjadi keluhan sejak bertahun-tahun pada seri Samsung Galaxy S, yaitu ketika memegang ponsel dalam orientasi lanskap, speaker akan tertutup secara otomatis.

Namun, secara keseluruhan, kami tidak berlebihan jika mengatakan bahwa performa dan tampilan visual dari Galaxy S24 Ultra benar-benar luar biasa. Apapun yang Anda lakukan atau di mana pun Anda menggunakannya, Galaxy S24 Ultra tetap menjadi pilihan yang fantastis.

Makin Kuat dengan Galaxy AI

Galaxy AI

Saat ini, AI menjadi topik utama dalam industri teknologi, dan Samsung tidak ketinggalan untuk ikut serta. Galaxy S24 Ultra dilengkapi dengan serangkaian alat dan fitur Galaxy AI bawaan yang menarik perhatian. Namun, apa sebenarnya fitur-fitur ini, bagaimana fungsinya, dan apakah kami pernah menggunakannya?

Salah satu fitur unggulan adalah Lingkaran untuk Menelusuri oleh Google, yang menggabungkan kelebihan Google Lens dengan gerakan cepat dan sederhana, menjadi alat penelusuran visual yang berguna untuk foto, umpan Instagram, dan web secara keseluruhan.

Fitur ini didukung oleh alat fotografi Edit Generatif yang mirip dengan Penghapus Ajaib Google, mampu menghilangkan elemen yang tidak diinginkan dari foto, memperbaiki ukuran atau orientasi gambar, dan mengisi bagian yang kosong dengan rapi menggunakan AI.

Meskipun begitu hebatnya fitur ini, hanya orang yang sangat kritis saja yang akan menyadari penggunaannya, karena gambar-gambar yang telah diperbaiki akan diberi tanda watermark.

Selain kedua fitur tersebut, mungkin Anda tidak akan menemukan banyak penggunaan rutin dari alat Galaxy AI lainnya. Fitur Live Translate menyediakan terjemahan waktu nyata untuk suara dan teks dalam 13 bahasa berbeda, sementara Penerjemah berfungsi untuk menerjemahkan teks secara waktu nyata antara dua orang. Meskipun fitur ini ditampilkan pada peluncuran Galaxy S24 Ultra, kami belum merasa perlu untuk menggunakannya.

Chat Assist adalah salah satu fitur AI yang kurang berguna, karena memberikan saran tentang cara mengubah nada pesan yang Anda tulis. Selain itu, fitur ini dapat menghilangkan individualitas pesan Anda saat mencoba untuk menjaga nada profesional atau sopan. Fitur ini juga menyediakan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan yang berguna, yang dapat diakses dengan mudah melalui ikon berkilau di atas keyboard Samsung. Aplikasi Notes Samsung juga dilengkapi dengan beberapa fitur AI, seperti ringkasan catatan dan pemformatan otomatis.

Galaxy AI tidak menjadi alasan utama untuk membeli Galaxy S24 Ultra, tetapi secara keseluruhan fitur-fiturnya berfungsi seperti yang diiklankan, dan beberapa di antaranya memang bermanfaat dan menyenangkan, meskipun mungkin tidak digunakan setiap hari.

kami sangat menyadari sejarah Samsung dalam memasukkan fitur-fitur baru ke dalam ponselnya. Ingat fitur eye-scrolling pada Galaxy S4 atau tampilan ticker dengan Samsung Continuum? Menurut kami, tidak semua fitur yang diperkenalkan selalu menjadi sukses.

Sangat sedikit keraguan bahwa AI akan terus meresap ke dalam segala aspek kehidupan kita, termasuk dalam ponsel. Itulah sebabnya Samsung mengambil pendekatan proaktif dengan memberikan pengguna akses ke kemampuan baru melalui Galaxy AI. Meskipun banyak fitur AI ini berkolaborasi dengan Google, pertanyaan muncul tentang siapa yang sebenarnya menjadi inovator di sini.

Penting untuk dicatat bahwa fitur AI ini dapat berubah, dan situs web Samsung menyatakan bahwa "Fitur Galaxy AI akan diberikan secara gratis hingga akhir tahun 2025 pada perangkat Samsung Galaxy yang didukung. Ketentuan berbeda mungkin berlaku untuk fitur AI yang disediakan oleh pihak ketiga."

Kami telah menguji semua fitur Galaxy AI yang disertakan dalam Galaxy S24 Ultra, dan berikut adalah pendapat kami.

Circle to Search

Galaxy S24 Ultra

Sama seperti semua orang, kami merasa jengkel harus beralih antara aplikasi seperti Chrome dan Instagram saat mencari sesuatu. Circle to Search menghilangkan kebutuhan untuk melakukan ini dengan memungkinkan Anda memulai fitur pencarian hanya dengan menahan lama tombol beranda. Kami dapat dengan mudah mengelilingi objek atau subjek dalam aplikasi dan melihat hasil pencarian overlay tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang kami gunakan. Ini berfungsi di setiap aplikasi dan dapat menjadi alat yang sangat berguna.

Chat Assist

Chat Assist adalah asisten AI yang memberikan saran pada cara memberi nada berbeda pada pesan yang Anda tulis. Sementara ini bisa menjadi fitur yang menyenangkan, kami menemukan bahwa seringkali saran yang diberikan cenderung konyol dan kadang-kadang menghilangkan individualitas dari pesan kami. Mungkin lebih cocok untuk situasi informal daripada komunikasi profesional.

Live Translate

Live Translate

Live Translate adalah fitur yang sangat praktis yang mengubah Galaxy S24 Ultra menjadi penerjemah selama panggilan telepon dan mendukung 13 bahasa berbeda. Meskipun ada sedikit latensi, ini memberikan terjemahan waktu nyata dengan penundaan minimal. Fitur ini dapat sangat membantu dalam situasi komunikasi lintas bahasa.

Notes Assist

Notes Assist membantu dalam membuat catatan dengan melakukan pemformatan dan ringkasan otomatis. Ini bisa sangat berguna bagi mereka yang tidak suka membuat catatan atau menginginkan catatan yang lebih terstruktur. Fitur ini secara cerdas mengatur catatan dengan judul dan poin-poin yang sesuai, memberikan tampilan yang lebih teratur.

Transcript Assist

Transcript Assist

Fitur ini dapat mentranskripsikan rekaman suara, memberi label pada pembicara, dan merangkumnya. Ini dapat sangat membantu untuk pertemuan atau wawancara, menyederhanakan proses transkripsi dan pengorganisasian informasi.

Edit Suggestion

Edit Suggestion menggunakan AI untuk memberikan saran pengeditan pada foto, seperti menghilangkan pantulan dari permukaan kaca. Ini adalah alat yang berguna untuk memperbaiki atau meningkatkan foto secara otomatis.

Generative Edit

Generative Edit memungkinkan Anda memilih subjek dalam foto dan mengubah posisi atau ukurannya dengan mengisi ruang kosong dengan AI generatif. Ini memberikan kemampuan untuk mengedit foto dengan cepat dan mudah, mengubah aspek-aspek tertentu dari gambar.

Instant Slow-mo

Instant Slow-mo adalah fitur yang mengubah video menjadi klip gerak lambat. Meskipun tidak selalu sempurna, ini memberikan hasil yang layak dengan menambahkan bingkai tambahan untuk efek gerak lambat. Meskipun ada beberapa keanehan kecil, hasilnya cukup memuaskan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy AI pada Galaxy S24 Ultra dan rangkaian S24 Series secara keseluruhan, Anda dapat mengunjungi artikel Pricebook.

One UI 6.0

Galaxy One UI 6.0

Samsung Galaxy S24 Ultra dilengkapi dengan Android 14 yang dipasangkan dengan antarmuka One UI 6.1, dan sampai saat ini telah terbukti sangat dapat diandalkan. One UI 6.1 membawa sejumlah peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna secara keseluruhan, termasuk penataan ulang Pengaturan Cepat.

Terdapat banyak penyesuaian di berbagai bagian antarmuka, dan kami sangat menyukai opsi Creative Wallpaper baru yang memungkinkan Anda membuat wallpaper keren dengan bantuan AI.

Hampir setiap fitur yang dibutuhkan ada di sini dalam berbagai bentuk, memberikan pengalaman yang sangat personal bagi pengguna. Anda memiliki kebebasan untuk menyesuaikan banyak hal agar sesuai dengan keinginan Anda, dan itu sungguh mengagumkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa Android begitu disukai oleh banyak orang.

Quick Setting pada layar juga terorganisir dengan baik, tetapi tetap mudah diakses, dan Anda dapat melakukan banyak interaksi dengan cepat langsung dari layar kunci hanya dengan mengetuk ikon notifikasi.

Galaxy S24 Ultra juga mendukung tampilan wallpaper berwarna pada layar selalu aktif. Fitur ini bisa diaktifkan melalui Pengaturan, meskipun opsinya tidak langsung tersedia di bawah "Display" seperti yang diharapkan, melainkan di bagian "Screen Lock dan AOD" yang terpisah di bagian bawah halaman.

Stylus S Pen masih dapat ditarik dari bagian bawah ponsel, meskipun tidak ada fitur baru yang mencolok dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra. Layar datar membuatnya lebih nyaman digunakan, terutama saat menulis atau menggambar di layar, dan fungsinya sebagai remote kamera nirkabel sangat berguna untuk selfie menggunakan kamera belakang atau mengambil foto grup tanpa perlu menyetel pengaturan waktu.

Meskipun begitu, perangkat lunak One UI masih menyediakan semua fitur yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Meskipun antarmukanya mungkin tidak terlihat paling elegan, namun memiliki lebih banyak fungsi daripada kebanyakan telepon.

Samsung juga berkomitmen untuk memberikan pembaruan keamanan selama tujuh tahun dan pembaruan sistem operasi selama tujuh tahun, menjamin bahwa perangkat Anda akan tetap aman dan relevan dalam jangka waktu yang lama.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Konfigurasi quad camera pada Galaxy S24 Ultra memungkinkan setiap foto yang Anda ambil menjadi karya seni yang mengagumkan, mengubah cara Anda mengabadikan setiap momen!

Pertama-tama, ada kamera utama dengan resolusi luar biasa, yaitu 200 MP! Dengan aperture f/1.7, lebar 24mm (wide), dan sensor besar 1/1.3" serta ukuran sebesar 0.6 piksel, kamera ini dapat menangkap setiap momen dengan ketajaman dan kejernihan yang luar biasa, bahkan hingga detail paling halus sekalipun.

Tambahan teknologi multi-directional PDAF dan Laser AF memastikan fokus yang cepat dan akurat, bahkan dalam kondisi cahaya yang berubah-ubah. Bahkan goyangan tangan pun tidak masalah, berkat adanya OIS yang menjaga stabilitas setiap foto yang Anda ambil.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Kedua, terdapat kamera periscope telephoto 50 MP dengan aperture f/3.4 dan panjang fokus 111mm. Dilengkapi dengan PDAF, OIS, dan kemampuan zoom optik 5x, Anda dapat mengambil foto dari jarak jauh dengan detail yang tetap tajam.

Ketiga, ada kamera telephoto 10 MP dengan aperture f/2.4, panjang fokus 67mm, dan sensor 1/3.52". Kamera ini dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF dan OIS, serta kemampuan zoom optik 3x, memberikan fleksibilitas lebih dalam fotografi.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Terakhir, terdapat kamera ultrawide 12 MP dengan aperture f/2.2, lebar 13mm, dan sudut pandang 120˚. Dilengkapi dengan sensor 1/2.55" dan ukuran piksel 1.4µm, serta fitur Dual Pixel PDAF dan Super Steady video, kamera ini sempurna untuk foto landscape atau video aksi yang stabil.

Selain itu, fitur-fitur canggih seperti LED flash, auto-HDR, dan panorama turut melengkapi pengalaman fotografi Anda.

Untuk merekam video, Anda dapat merekam hingga resolusi 8K@24/30fps atau 4K@30/60/120fps. Dengan tambahan fitur HDR10+ dan stereo sound recording, video Anda akan kaya warna dan suara yang jernih.

Untuk selfie atau video call, kamera depan dengan sensor 12 MP dan aperture f/2.2 akan memuaskan kebutuhan Anda. Dengan lensa lebar 26mm, teknologi Dual Pixel PDAF, dan fitur Dual video call dan Auto-HDR, kamera depan ini akan memberikan gambar yang tajam dan jelas, bahkan dalam kondisi cahaya yang kurang.

kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Ketika berbicara tentang kualitas foto, meskipun S24 Ultra mundur dari seri Galaxy S Ultra dengan mengurangi zoom optik dari 10x menjadi 5x, kamera baru dengan zoom 5x menggunakan semua data ekstra dari sensor 50MP untuk menghasilkan foto yang tajam dan bersih.

Hasilnya setidaknya sama bagusnya dengan foto zoom 10x dari model Ultra sebelumnya, bahkan lebih tajam dan minim noise. Faktor ini mungkin karena peningkatan aperture dari f/4.9 menjadi f/3.4, yang memungkinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Kami mendapati pengalaman yang baik dengan berbagai jenis foto yang dihasilkan oleh S24 Ultra. Dari mode Video Pro hingga Pro, ada banyak mode yang memungkinkan pengguna untuk menangkap berbagai jenis bidikan. Meskipun mode Malam terkadang cenderung untuk memberikan hasil yang terlalu terang, Anda dapat mematikannya untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Dengan begitu banyak mode yang berguna, termasuk Panorama, Potret, Hyperlapse, Gerakan Lambat, dan Makanan, Galaxy S24 Ultra memang cocok bagi pengguna yang menginginkan berbagai opsi dalam mengambil foto.

Speaker dan Konektivitas

Samsung Galaxy S24 Ultra

Beruntung bagi kalian penikmat musik yang lebih suka mendengarkan dengan loud speaker dibandingkan menggunakan headset ataupun TWS karena Galaxy S24 Ultra ini dilengkapi dengan speaker stereo yang telah disesuaikan oleh AKG, sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih dan detail.

Meskipun tidak memiliki jack audio 3.5mm, kualitas audio 32-bit/384kHz memastikan setiap nada terdengar hidup dan mendalam. Dalam hal konektivitas, smartphone ini tidak ketinggalan.

Dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7 yang mendukung tri-band, Anda dapat menikmati koneksi internet yang stabil dan cepat. Bluetooth 5.3 dengan A2DP dan LE juga menjamin transfer file atau koneksi dengan perangkat lain berjalan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, ada juga dukungan NFC yang mempermudah transaksi atau pairing dengan perangkat lain. Meskipun tidak tersedia radio FM, namun dengan semua fitur konektivitas yang tersedia, Anda pasti tidak akan merasa kekurangan.

Untuk navigasi, smartphone ini dilengkapi dengan GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO, sehingga Anda dapat dengan mudah dan akurat menemukan lokasi atau menjelajahi tempat baru di mana pun Anda berada.

Terakhir, ada juga USB Type-C 3.2 yang mendukung OTG. Ini berarti Anda dapat menghubungkan smartphone Anda dengan berbagai perangkat lain, seperti flash drive atau bahkan mouse dan keyboard, untuk pengalaman yang lebih kaya.

Baterai

Samsung Galaxy S24 Ultra

Baterai 5.000 mAh pada Galaxy S24 Ultra tetap stabil dalam empat generasi terakhir, tetapi masih mampu memberikan daya tahan yang luar biasa bagi pengguna sepanjang hari.

Pada penggunaan sehari-hari, kami menemukan bahwa dengan pengaturan layar sekitar 4 jam, kami sering memiliki sisa daya sekitar 40% pada akhir hari. Bahkan pada hari-hari yang lebih berat dengan waktu layar 6-7 jam, ponsel masih memiliki sisa daya sekitar 20% menjelang waktu tidur.

Ini menunjukkan bahwa Galaxy S24 Ultra benar-benar dapat diandalkan untuk digunakan sepanjang hari, dengan efisiensi chip Snapdragon Qualcomm yang terus meningkat memberikan kontribusi besar terhadap hal ini.

Pilihan pengisian daya juga tetap konsisten. kami cenderung menggunakan pengisian daya nirkabel semalaman karena masa pakai baterai yang mencukupi sepanjang hari, tetapi pengisian daya kabel tetap tersedia untuk pengisian yang lebih cepat jika diperlukan. kami bahkan pernah lupa mengisi daya ponsel satu malam dan masih terbangun dengan sisa daya sekitar 40%.

Dengan pengisi daya USB-C 65W, ponsel dapat diisi penuh dalam waktu sekitar satu jam, yang merupakan pencapaian yang memuaskan, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan.

Saat ini, kecepatan pengisian maksimum mencapai sekitar 45W, dengan kecepatan yang melambat saat baterai mendekati penuh. Dalam pengujian benchmark baterai, Galaxy S24 Ultra berhasil bertahan selama 16 jam 45 menit, hampir 3,5 jam lebih lama dari S23 Ultra.

Kami puas dengan peningkatan masa pakai baterai ini, terutama karena kecepatan pengisian daya tidak mengalami perubahan dari model sebelumnya. Pengisian daya kabel 45W masih dapat mengisi ponsel hingga 71% dalam 30 menit, yang merupakan pencapaian yang mengesankan.

Hp Chipset Baterai / Daya Tahan
Galaxy S24 Ultra Snapdragon 8 Gen 3 5.000mAh (16:45)
Galaxy S23 Ultra Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy 5.000mAh 12:22(adaptif)/13:09 (60Hz)

Kesimpulan & Harga

review galaxy S24 ultra

Galaxy S24 Ultra menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kekuatan pemrosesan dan masa pakai baterai, menjadi patokan bagi semua rilis ponsel lainnya pada tahun 2024.

Pendekatan Samsung terhadap kecerdasan buatan dengan Galaxy S24 Ultra telah memberikan hasil yang mengesankan. Kemampuan Galaxy AI terbukti intuitif digunakan dan dapat menghemat banyak waktu, sesuai dengan harapan kita terhadap AI.

Harga Samsung S24 Ultra memang fantastis, sebanding dengan kecanggihan yang dimilikinya. Namun, perlu diingat bahwa ponsel ini dilengkapi dengan teknologi AI yang mempermudah berbagai aktivitas pengguna. 

Segera manfaatkan pre-order hingga 6 Februari 2024 di Official Web Samsung dan dapatkan beragam keuntungan! Dapatkan cicilan mulai Rp583.291/bulan dan penawaran menarik lainnya, seperti double storage gratis hingga Rp4.000.000.

Beli Galaxy S24 Ultra 256GB, dapatkan 512GB! Nikmati cashback hingga Rp2.500.000 dengan trade-in dan Rp1.500.000 dari bank. Total promo hingga Rp8.000.000 selama pre-order dengan tambahan e-SIM XL gratis 120GB Data Plan selama 1 tahun.

Kunjungi Pre Order booth hingga 4 Februari di mal-mal terdekat, seperti Central Park, Kota Kasablanka, Senayan City, dll. Galaxy S24 Ultra mulai Rp21.999.000 (12/256GB), S24+ Rp16.999.000(12/256GB), dan S24 Rp13.999.000 (8/256GB). Jangan lewatkan kesempatan ini!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1648 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.